sign up SIGN UP

LIFE

Sering Sakit Hati karena Atasan di Kantor? Ikuti Tips Hadapi Bos Menyebalkan Ini

Jovita | Senin, 14 Sep 2020 09:00 WIB
Sering Sakit Hati karena Atasan di Kantor? Ikuti Tips Hadapi Bos Menyebalkan Ini
Cara Menghadapi Bos Menyebalkan/ Foto: Pexels.com

Dunia kerja mengajarkan kita untuk bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. Kita harus bisa berbaur dan tidak terpaku pada diri sendiri agar bisa bekerja dengan tentram. Namun karena harus bekerja sama dengan orang lain tentu akan ada masalah yang timbul.

Salah satu masalah yang paling melelahkan di dalam dunia kerja adalah ketika kita harus menghadapi bos menyebalkan. Jika sekarang kamu sedang menghadapi masalah ini, jangan pasrah begitu saja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi si bos yang menyebalkan.

1. Jangan mudah baper karena sikap bos 

Jangan Mudah Baper/ Foto: Pexels.com
Jangan Mudah Baper/ Foto: Pexels.com

Cara paling efektif untuk menghadapi bos menyebalkan adalah dengan tidak mengambil hati perbuatan-perbuatan negatif si bos terhadap dirimu. Memasukkan seluruh tindakan bos yang menyebalkan ke hati hanya akan membuatmu susah sendiri. Kamu tidak akan merasa tentram di tempat kerja, mudah marah dan sakit hati. Hal ini tentu akan berdampak pada produktivitas dan kualitas pekerjaanmu.


Memang sulit untuk tidak baper atas perbuatan bos menyebalkan. Namun, anggap saja kalau bos melakukan hal itu karena banyaknya tekanan yang sedang ia terima. Dengan memberikan sedikit empati pada perbuatannya, kamu akan jadi lebih baik dan terhindar dari emosi negatif.

2. Selesaikan pekerjaan dengan baik

Selesaikan Pekerjaan dengan Baik/ Foto: Pexels.com
Selesaikan Pekerjaan dengan Baik/ Foto: Pexels.com

Beautynesian, meskipun sudah tidak tahan menghadapi bos yang menyebalkan, kamu tetap harus bisa bersikap profesional. Bedakan urusan pribadi dengan urusan profesional. Jadi jangan mencampuradukkan perasaan dengan pekerjaan dan tanggung jawabmu sebagai seorang karyawan. 

Kamu hanya perlu menarik jarak dengan bos menyebalkan dan fokus menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Membuktikan dengan prestasi pekerjaan adalah salah satu cara terbaik dalam menghadapi bos yang menyebalkan.

3. Jangan menjelekkan atasan pada rekan kerja yang lain

Jangan Bergosip Tentang Bos/ Foto: Pexels.com
Jangan Bergosip Tentang Bos/ Foto: Pexels.com

Seburuk dan semenyebalkan apapun sikap bosmu, jangan menjelekkannya di depan karyawan yang lain. Jika dilakukan, hal ini hanya akan menjadi bumerang untukmu.

Rekan kerja mungkin saja akan melihatmu sangat kekanak-kanakan atau iri dan berniat menjatuhkan atasan. Lebih parahnya lagi, bisa saja orang yang tidak suka denganmu akan mengadu domba atau mengadukan perkataanmu kepada si bos.

Ingat bagaimanapun juga bos menyebalkan itu adalah atasanmu dan kamu dibayar untuk bekerja, bukan untuk bergosip. Biarkan orang lain melihat sendiri bagaimana menyebalkannya si bos, tanpa perlu kamu gembar gemborkan.

4. Evaluasi diri

Evaluasi Diri/ Foto: Pexels.com
Evaluasi Diri/ Foto: Pexels.com

Cara menghadapi bos menyebalkan yang terakhir adalah dengan mengevaluasi diri. Cara ini sering dilupakan karena kita hanya sibuk melihat kesalahan orang lain tanpa berkaca diri.

Bisa jadi sikap bos yang menyebalkan itu dilakukan untuk membentuk dirimu agar lebih baik. Oleh karena itu, saat menghadapi situasi seperti ini, sebaiknya jangan langsung marah. Introspeksi diri terlebih dulu, setelah itu baru pikirkan langkah selanjutnya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id