sign up SIGN UP

Tak Hanya di Hubungan Asmara, Tempat Kerja Juga Gunakan Love Language, Apa Saja?

Zeyra Haya | Sabtu, 09 Oct 2021 23:15 WIB
Tak Hanya di Hubungan Asmara, Tempat Kerja Juga Gunakan Love Language, Apa Saja?
caption
Jakarta -

Love language atau bahasa cinta adalah cara seseorang mengekspresikan perasaan kepada orang lain. Dr. Gary Chapman yang merupakan pencetus dari love language mengenalkan konsep ini untuk memahami preferensi cara mengekspresikan rasa cinta dengan tepat bagi orang-orang yang sulit mengungkapkan perasaan.

Meskipun disebut bahasa cinta, kenyataannya preferensi ini tidak hanya digunakan dalam hubungan romantis saja, lho, Beauties. Love language juga kerap diterapkan di berbagai jenis hubungan seperti hubungan keluarga, pertemanan hingga hubungan kerja.

Siapa sangka, love language yang diterapkan di tempat kerja memiliki kegunaan dalam membangun atmosfer yang baik dalam lingkungan kerja bahkan turut mempengaruhi karir seseorang.

Love Language di Tempat Kerja

Dalam lingkungan kerja, penerapan love language tidak semata-mata digunakan untuk menerapkan rasa cinta, tetapi juga untuk membangun hubungan yang baik antar karyawan. Apa saja love language di tempat kerja? Beauties, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kata-kata Menguatkan

Love language di tempat kerja sebagai bentuk dukungan dan apresiasi/Foto: pexels/mikhail nilov
(Love language di tempat kerja sebagai bentuk dukungan dan apresiasi/Foto: pexels/mikhail nilov)

Dalam dunia karir, kata-kata penguat seperti pujian, dukungan dan respon positif menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kinerja. Kata-kata penguat atau affirmation words menjadi salah satu bahasa cinta verbal yang diterapkan di tempat kerja sebagai bentuk penghargaan bagi rekan kerja.

2. Kontak Fisik

Kontak fisik sebagai love language di lingkungan kerja/Foto: pexels/mikhail nilov
(Kontak fisik sebagai love language di lingkungan kerja/Foto: pexels/mikhail nilov)

Bukan dalam bentuk negatif, kontak fisik di sini digambarkan sebagai dukungan dalam bentuk non verbal. Gaya ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang tidak biasa mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata dan lebih memilih melakukan tindakan. Kontak fisik sebagai love language di tempat kerja dapat berupa pelukan, jabat tangan ataupun rangkulan sebagai bentuk dukungan kepada rekan kerja.

3. Pemberian Hadiah

Hadiah sebagai love language di tempat kerja/Foto: pexels/karolina grabowska
(Hadiah sebagai love language di tempat kerja/Foto: pexels/karolina grabowska)

Pemberian hadiah merupakan bentuk apresiasi yang juga dilakukan di lingkungan kerja. Jika kamu menerima hadiah dari rekan kerjamu, artinya rekanmu sedang memberikan perhatian kepada kamu.

Dalam dunia kerja, hadiah menjadi bentuk penghargaan dari rekan kerja ataupun atasan kepada seseorang atas hasil kerja dan pencapaiannya. Pastikan kado yang diberikan bukan bentuk 'sogokan', ya, Beauties.

4. Penawaran Bantuan

Menawarkan bantuan sebagai love language kepada rekan kerja/Foto: pexels/mikhail nilov
(Menawarkan bantuan sebagai love language kepada rekan kerja/Foto: pexels/mikhail nilov)

Selain dalam bentuk barang ataupun kontak fisik, love language dalam dunia karir juga bisa dilakukan dengan menawarkan bantuan. Kesediaan dalam membantu rekan kerja dapat menjadi suatu bentuk dukungan dari karyawan kepada karyawan lainnya. Jika kamu salah satu pemilik bahasa cinta acts of service, pastikan jangan sampai pekerjaan utamamu terganggu, ya!

5. Quality Time

Quality time menjadi bentuk dukungan kepada rekan kerja/Foto: pexels/cottonbro
(Quality time menjadi bentuk dukungan kepada rekan kerja/Foto: pexels/cottonbro)

Selain dukungan verbal dan hadiah barang, meluangkan waktu juga menjadi bentuk apresiasi dan dukungan kepada rekan kerja. Jarang disadari, ternyata memberikan atensi seperti makan bersama dengan kolega, mengerjakan tugas bersama tim, atau hangout setelah jam kerja juga merupakan apresiasi dalam bentuk quality time.

Beauties, itulah 5 bentuk love language yang bisa diterapkan dalam dunia kerja. Bahasa cinta kamu yang mana, nih? Share di kolom komentar, yuk!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id