sign up SIGN UP

LIFE

Tanpa Bikin Teman Kantor dan Bos Kecewa, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Resign

Izzul Millati Umami | Senin, 11 Jan 2021 20:00 WIB
Tanpa Bikin Teman Kantor dan Bos Kecewa, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Resign
tips resign/ sumber:pixabay.com
Jakarta -

Nggak akan pernah ada yang menduga akan bertahan seberapa lama di suatu pekerjaan, termasuk juga dengan kamu. Terkadang, kita sudah merencanakan bertahan selama 2-3 tahun, namun ada saja suatu hal yang membuat kita bertahan hanya 1 tahun saja.

Hal seperti ini wajar, kok. Katakanlah bukan rezeki, resign tetaplah suatu pilihan yang berhak diambil seorang karyawan. Buat Ladies yang ingin resign dari kantor, coba terapkan cara berikut ini agar kawan kamu tidak kaget dan kecewa dengan keputusanmu:

Obrolkan rencana resign ketika jam makan siang

obrolan makan siang
obrolan makan siang/sumber:pixabay.com

Sebelum resign, ada baiknya kamu obrolkan tipis-tipis rencana resign ke teman kantor. Setidaknya, meski nggak semuanya, harus ada 1-2 orang teman kantor yang mengetahui keputusanmu. Hal ini perlu supaya nantinya teman-teman kantor tidak kaget dengan keputusanmu. Selain itu, kamu akan memberikan kesan sopan karena telah membicarakan rencana resign. 

Sampaikan rencana resign dengan alasan yang masuk akal

kantor
kantor/sumber:pixabay.com

Kemudian, kamu harus punya alasan yang masuk akal atas keputusan resignmu. Hindari memberikan alasan yang nggak masuk akal, yang justru membuat teman kantor bertanya-tanya akan keputusan kamu pindah. Alasan semacam pindah rumah, menikah bisa jadi alasan yang bisa diterima.  

Sampaikan rencana resign ke atasan

atasan
atasan/sumber:pixabay.com

Setelah itu, sampaikan pula alasan resign tadi ke atasanmu. Atasanmu wajib tahu keputusan kamu pindah itu untuk apa dan karena apa. Tetap tenang dalam mengajukan resign. Ingat, ya. Nggak semua keputusan pengunduran diri itu langsung diterima begitu saja. Bahkan ada yang terpaksa diundur 1-2 tahun karena kantor masih membutuhkanmu. 

Selesaikan pekerjaan yang ada sangkut pautnya dengan teman kantor kamu 

teman kantor
teman kantor/sumber:pixabay.com

Agar tidak ada tanggungan, tanya juga pada kawan-kawanmu di kantor apakah memiliki tugas yang belum diselesaikan yang menyangkut mereka. Kamu juga sebaiknya menyelesaikan hutang pribadi yang mungkin dipunya dengan temanmu. 

Beri sedikit kenang-kenangan di kantor

kenang-kenangan
kenang-kenangan/sumber:pixabay.com

Kantor selama ini memberikan gajinya untukmu. Kamu pun nggak harus gengsi buat memberi kenangan terakhir ke kantor, kok. Sah-sah aja buat memberikan surprise ke kantor sebagai kenang-kenangan terakhir. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id