sign up SIGN UP

Ternyata Kesuksesan Lebih Tergantung pada Kepribadian Ketimbang Kecerdasan IQ! Ini Penjelasannya

Fina Prichilia | Senin, 06 Sep 2021 06:45 WIB
Ternyata Kesuksesan Lebih Tergantung pada Kepribadian Ketimbang Kecerdasan IQ! Ini Penjelasannya
caption
Jakarta -

Kecerdasan penting bagi tiap orang dalam keberlangsungan kehidupan sehari-hari. Cerdas di sekolah misalnya, akan mengantarkan performa nilai kelulusanmu dengan gemilang.

Lalu cerdas di kantor, maka membuat kamu berpotensi lebih diandalkan hingga potensi mendapat promosi naik jabatan, Beauties.

Namun, kamu mungkin merasa yang biasa-biasa aja alias nggak cerdas. Kabar baiknya, menurut penelitian oleh Nobel laureate James Heckman and rekan, seperti dikutip dari laman Inc., IQ nggak begitu beri pengaruh pada kesuksesan seseorang, lho!

Kepribadian Kalahkan Kecerdasan

Kecerdasan emosional di lingkungan kerja/ Foto: freepik.comKepribadian kalahkan kecerdasan. / Foto: freepik.com/

Untuk mencapai pernyataan bahwa kepribadian dapat kalahkan kecerdasan untuk mencapai sukses, peneliti melakukan penelitian lewat data pada skor IQ, hasil tes standar, nilai dan tes kepribadian pada ribuan orang di Inggris, Amerika dan Belanda.

Kemudian, peneliti mengkalkulasi seberapa dekat masing-masing indikator tadi memprediksi pendapatan di masa depan.

Tebak, berapa persentase masa depan yang sukses berdasarkan IQ?

Orang dengan IQ Tinggi/Foto: Freepik.com/WayhomestudioHubungan IQ dan kesuksesan. /Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Ternyata hanya 1-2 persen. Rupanya, skor IQ hampir tidak penting dalam kesuksesan duniawi!

"Penelitian menemukan bahwa nilai dan hasil tes prestasi diketahui jadi prediktor kesuksesan orang dewasa ketimbang skor IQ." kata Flam Faye, seorang kolumnis di Bloomberg Opinion, seperti dikutip dari Inc. "Skor nilai nggak hanya soal intelegensi tapi juga seperti yang Heckman katakan yakni 'keterampilan nonkognitif' di antaranya ada ketekunan, kebiasaan belajar yang baik, dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain," sambungnya.

Singkatnya: kepribadian memberi pengaruh sangat banyak.

Ya, Kamu Bisa Mengusahakannya!

Kabar baik buat kamu yang tertarik untuk terus memperbaharui diri dengan tekun belajar meski skor IQ kamu biasa saja, pasalnya personality atau kepribadian itu lebih lunak.

Menurut sains, karakter dan perilaku kita dapat diubah oleh keadaan atau hasrat baru (passion), Beauties.

Untuk itu, kalau IQ kamu biasa-biasa aja, maka stop meragukan kemampuan diri kamu sendiri. Sebab sangat mungkin untuk berubah menjadi lebih baik. Perubahan itu akan jauh lebih bermakna dan efektif kalau berangkat dari kesadaran dalam diri. Tetap semangat! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id