sign up SIGN UP

Yuk, Diterapin! Ini Tips Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerja

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 13 Jun 2021 18:30 WIB
Yuk, Diterapin! Ini Tips Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerja
caption
Jakarta -

Semua orang pasti ingin menjadi karyawan panutan di tempat kerja. Di mana keberadaan kita bisa dihargai, menjadi contoh baik bagi karyawan lain, dan memberi dampak baik bagi perusahaan. Namun ternyata menjadi karyawan panutan di tempat kerja itu susah-susah gampang lho, sebab kita harus membangun personal branding atau citra yang baik terlebih dahulu. Nah berikut tips menjadi karyawan panutan di tempat kerja yang bisa kamu coba. 

1. Bertanggung jawab terhadap setiap pekerjaan

menyepelekan pekerjaan
menyepelekan pekerjaan/unsplash.com

Tips pertama menjadi karyawan panutan di tempat kerja yaitu, dengan selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sudah diberikan. Tanggung jawab disini maksudnya yaitu bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, tidak menunda-nunda, dan pekerjaan yang dihasilkan bisa memuaskan. Lain halnya kalau kamu suka menunda atau menyepelekan tugas, itu bisa membuat atasan dan rekan kerja jadi ragu untuk mengakui kapasitasmu. 

2. Memiliki attitude atau sikap yang baik

attitude yang baik/
attitude yang baik/unsplash.com

Tips selanjutnya yaitu memiliki attitude atau sikap yang baik. Di mana pun kita berada, di tempat kerja, di rumah, di tempat umum kita harus menjunjung yang namanya attitude. Percuma sekolah tinggi, lulus dengan predikat pujian, menjabat posisi ternama kalau sikapmu buruk itu sama aja zonk. Jagalah sikapmu dengan menjadi karyawan yang tidak hobi meremehkan kemampuan orang lain, bisa menerima masukan atau saran, dan sikap baik yang lain. Dengan demikian kamu bisa menjadi sosok panutan di tempat kerja. 

3. Bisa menerima masukan atau kritik dari orang lain

mampu menerima masukan
mampu menerima masukan/unsplash.com

Tips selanjutnya yaitu bisa menerima masukan atau kritik. Dalam dunia karier gak bisa kalau bekerja sendiri, kita harus berkolaborasi dengan orang lain. Pun dalam menyatukan pikiran dan sudut pandang, itu juga gak mudah maka kita harus bisa menerima segala perbedaan dan masukan dari rekan kerja. Berbeda kalau kamu suka memaksa kehendak dan gak bisa menerima masukan, tentu orang lain jadi gak nyaman untuk bekerjasama denganmu. Maka jadilah pribadi yang bisa menghargai pendapat orang lain meski itu berbeda denganmu. 

4. Punya tekad untuk belajar hal baru

wanita karier
wanita karier/pexels.com

Tips selanjutnya yaitu jadi karyawan yang memiliki tekad kuat untuk terus belajar. Jangan cepat puas terhadap suatu hal, sebab kebanyakan dari kita ketika sudah berhasil mencapai sesuatu akan berhenti untuk mengasah lagi. Pupuk diri sendiri untuk terus berkembang jadi lebih baik, punya keinginan besar untuk belajar hal baru, mengasah skill, dsb. Hal ini menandakan bahwa kamu adalah sosok karyawan yang memiliki semangat tinggi untuk jadi berdedikasi terhadap perusahaan. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id