sign up SIGN UP

5 Tips Hadapi Pekerjaan Pertama Buat Para Fresh Graduate

Anindya Milagsita | Senin, 24 May 2021 16:00 WIB
5 Tips Hadapi Pekerjaan Pertama Buat Para Fresh Graduate
caption

Sebagai seorang fresh graduate mendapatkan pekerjaan pertama tentu menjadi hal yang membuat bahagia dan excited untuk menjalaninya. Namun terkadang ada sebagian fresh graduate yang merasa khawatir saat menghadapi momen pertama kali kerja.

Buat kamu yang akan ataupun tengah mengalaminya, jangan khawatir. Ada berbagai tips yang bisa kamu lakukan buat menghadapi pekerjaan pertama, Ladies. Penasaran bagaimana caranya? Yuk cari jawabannya lewat artikel berikut!

Berikan yang Terbaik

Selama bekerja berikan yang terbaik.
Tips Hadapi Pekerjaan Pertama/sumber: www.freepik.com/

Setelah melewati proses recruitment yang panjang dan kamu terpilih sebagai kandidat terbaik, waktunya untuk buktikan pada perusahaan kalau mereka tak salah pilih, Ladies. Saat menyelesaikan pekerjaan di kantor, pastikan kamu selalu memberikan yang terbaik.

Tips pertama kali kerja yang satu ini bisa kamu terapkan enggak hanya di awal aja lho, tapi bisa untuk ke depannya. Pekerjaan yang kamu lakukan dengan sepenuh hati akan memberikan hasil yang maksimal. Meskipun nantinya ada revisi atau perbaikan, kamu harus tetap mengerjakannya sebaik mungkin.

Tetap Menjaga Etika

Sebagai pegawai baru harus tetap menjaga sopan dan santun selama bekerja.
Tips Hadapi Pekerjaan Pertama/sumber: www.freepik.com/

Next, meskipun kamu telah resmi menjadi pegawai baru dan bagian dari perusahaan ataupun kantor tempat bekerja pastikan tetap menjaga adab serta etika. Jangan ragu untuk bersikap ramah dan juga santun, Ladies. Enggak hanya kepada atasan, tapi juga rekan kerja yang lain.

Sikap inilah yang nantinya bisa memberikan kesan baik dan juga energi yang positif bagi orang-orang sekitar di tempat kamu bekerja. Momen pertama kali kerja kamu pun akan terasa lebih nyaman untuk dijalani ke depannya.

Berkeinginan untuk Belajar

Sebagai pekerjaan pertama harus berkeinginan untuk terus belajar.
Tips Hadapi Pekerjaan Pertama/sumber: www.freepik.com/

Sebagai seorang fresh graduate yang pertama kali bekerja, kamu akan dituntut untuk bisa mengikuti perubahan yang terjadi di dalam perusahaan. Salah satu skill yang wajib kamu miliki sebagai pegawai baru adalah keinginan untuk belajar. Baik itu belajar hal yang baru, meningkatkan skill yang dimiliki, ataupun berani menerima tantangan.

Perusahaan akan terus berkembang mengikuti zaman. Saat kamu memiliki keinginan untuk terus belajar dan tumbuh menjadi lebih baik tentu bisa menguntungkan karir di masa yang akan datang, Ladies.

Siap Hadapi Perubahan

Sebagai pekerjaan pertama harus siap menghadapi perubahan.
Tips Hadapi Pekerjaan Pertama/sumber: www.freepik.com/

Mendapatkan pekerjaan pertama di era pandemi seperti saat ini membuat kamu harus siap menghadapi berbagai perubahan yang nantinya bisa terjadi, Ladies. Salah satunya adalah dari cara bekerja yang berbeda. Kamu bisa menemui cara bekerja dengan Work from Home (WFH) ataupun Work from Office (WFO).

Saat mengalami salah satu atau keduanya, pastikan kamu menjalin komunikasi yang baik dengan mentor ataupun rekan kerja yang lain. Langkah ini dilakukan agar hasil pekerjaan yang kamu jalani bisa lebih maksimal dan meminimalisir terjadinya kendala yang tak diinginkan.

[Gambas:Instagram]

Tak Malu Bertanya

Tidak malu untuk bertanya apabila menemui kesulitan.
Tips Hadapi Pekerjaan Pertama/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, sebagai anak baru di kantor yang tengah beradaptasi dengan lingkungan dan juga tugas baru sesekali kamu akan dihadapkan pada kesulitan, Ladies. Entah kesulitan saat tengah menyelesaikan pekerjaan atau kesulitan lainnya yang bikin kamu stuck dan bingung untuk mengatasinya.

Nah, saat kamu tengah mengalami kondisi itu jangan ragu untuk bertanya ya. Kalau kamu memiliki mentor, bisa menanyakan kesulitan yang dialami kepadanya. Tapi kalau enggak memiliki mentor, kamu dapat bertanya ke teman yang lain. Seperti pepatah 'malu bertanya sesat di jalan', jangan sampai kamu mengalaminya ya. Good luck!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id