sign up SIGN UP

CANTIK INDONESIA

Affi Assegaf: Cantik adalah Saat Kita Merasa Cukup

Amelia Ayu Kinanti | Rabu, 04 Aug 2021 09:45 WIB
Affi Assegaf: Cantik adalah Saat Kita Merasa Cukup
caption
Jakarta -

Beberapa waktu lalu sosial media dihebohkan dengan komentar seorang influencer soal standar kecantikan pribadinya. Memang benar, seseorang berhak memiliki standar kecantikannya masing-masing. Tapi yang menjadi masalah adalah ketika standar pribadi kita menjadi alasan untuk mengolok-olok orang lain.

Beautynesia pun bertanya kepada Affi Assegaf, seorang beauty influencer tanah air, definisi cantik.

Cantik adalah Saat Merasa Cukup

Menurut ibu beranak satu ini, cantik definisinya jauh lebih luas dari sekadar penampilan saja. Jika hanya fokus ke penampilan, maka akan selalu ada orang lain yang bisa kita bandingkan dengan diri kita. Bagi Affi, cantik adalah saat kita merasa cukup.

"Buatku cantik itu adalah saat kita merasa utuh dan cukup sebagai manusia. Jadi maknanya lebih luas dari sekadar penampilan fisik. Walaupun kita punya berbagai kekurangan, kita merasa cukup. We are enough," Ungkapnya kepada Beautynesia (3/7).

Perempuan yang juga merupakan salah satu founder dari Female Daily ini juga berujar, tentu setiap orang memiliki cantiknya sendiri. Dan baginya kata cantik tak melulu dibatasi oleh gender. Baginya semua orang bisa merasa atau menjadi cantik, dengan versinya masing-masing.

Cantik Khas Indonesia

[Gambas:Instagram]



Beautynesia menanyakan soal definisi cantik khas Indonesia kepada Affi. Menurutnya, Cantik Indonesia tak juga memiliki definisi yang sempit. Justru baginya, Cantik Indonesia itu terwujud karena keberagaman yang ada.

"Agak susah didefinisikan karena perempuan Indonesia itu beragam sekali. Jadi menurutku itu keunikan dari perempuan Indonesia. We are so diverse and that is already a beautiful thing," ungkapnya.

Affi pun menambahkan, bahwa standar kecantikan bisa sangat beragam, tentu tak berguna untuk memaksakan satu standar kecantikan saja. Misalnya, bagi Affi, ia justru merasa cantik bukan saat ia berdandan lalu menggunakan busana yang bagus.

"Saat baru selesai olahraga karena aku ngerasa kuat dan sehat and that makes me feel beautiful,"

Stop Fokus ke Penampilan Fisik

[Gambas:Instagram]



menurut Affi, penampilan fisik hanya satu dari banyak faktor yang membuat seseorang cantik dan menarik. Menurutnya tak bijak jika definisi cantik hanya berfokus pada penampilan fisik semata.

Ia berujar, yang penting dilakukan, terutama bagi generasi muda seperti kamu, Beauties, adalah menfokuskan energi ke pengembangan diri dan karakter. Dengan ini kamu pasti bisa mencari cantikmu sendiri.

"Stop focusing on just physical appearance. Penampilan fisik itu cuma satu dari banyak faktor yang membuat kita menarik. Menurutku lebih penting kita fokuskan energi dan waktu untuk self development. Rasa percaya diri juga bisa terbangun dengan memiliki wawasan luas, karakter yang kuat, empati, sense of humor dan masih banyak lagi," tutupnya.

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id