sign up SIGN UP

Beda dengan Egois, Kenali 5 Keuntungan Mencintai Diri Sendiri

Novianty Aulia | Senin, 02 Aug 2021 19:15 WIB
Beda dengan Egois, Kenali 5 Keuntungan Mencintai Diri Sendiri
caption

Seringkali dikonotasikan sebagai hal negatif, self love atau mencintai diri sendiri nyatanya memiliki segudang manfaat baik diri kamu. Self love sendiri diartikan sebagai sikap menerima diri dan menempatkannya sebagai prioritas, dengan catatan tidak melupakan hak orang lain.

Pengelolaan self love yang tepat dapat menjadi sumber segala pikiran positif dan rasa kebahagiaan dalam menjalani segala aktivitas di setiap harinya. Tak hanya itu, melalui proses inilah kamu dapat berkembang dan berubah menjadi pribadi dengan kemampuan yang baik.

Agar lebih jelasnya, berikut ada beberapa manfaat penting dari sikap mencintai diri sendiri yang patut untuk kamu ketahui. Kira-kira apa saja ya, Beauties? Yuk simak artikel berikut!

Segala Kebutuhan dan Keinginan Terpenuhi

Mencintai diri sendiri diartikan juga sebagai proses pengembangan diri ke arah yang lebih baik guna menggapai segala keinginan.
Proses menggali potensi diri semakin mudah sehingga keinginan dapat tercapai/Foto:Freepik.com/Freepik

Proses mencintai diri sendiri sama halnya dengan mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini secara tidak langsung terjadi karena segala kekurangan dalam diri berhasil kamu terima secara lapang dada.

Berangkat dari hal tersebut, dapat kamu jadikan sebagai pedoman dalam memilih langkah selanjutnya guna memperbaiki diri dan menggapai semua keinginan.

Sejalan dengan hal tersebut, dilansir dari laman Healing Brave, mencintai diri sendiri akan memudahkan kamu untuk menggali potensi diri, menemukan banyak hal yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Pada akhirnya, kamu akan terus berproses dan membawa pada hasil akhir yang memuaskan.

Mendapat Kepuasan dalam Hidup

Kamu dapat menikmati semua usaha serta pencapaian sehingga mendapatkan kepuasan hidup.
Hidup terasa cukup dan selalu merasa puas/Foto:Freepik.com/Jcomp

Sudah banyak menorehkan pencapaian tetapi diri masih saja belum puas? Beauties, ini bisa jadi kamu belum mencintai diri kamu sendiri, lho. Ketika kamu berhasil mencintai diri kamu apa adanya, segala kepuasan dalam hidup dapat kamu nikmati secara jelas.

Dilansir dari laman HealtyMePa, sikap menerima diri sendiri dapat menciptakan rasa puas dan bahagia atas segala hal yang telah kamu gapai sebelumnya. Sebaliknya, kamu tidak akan pernah dapat menikmati semua usahamu saat rasa mencintai belum ada untuk diri kamu sendiri.

Kepercayaan Diri Meningkat

Mencintai diri sendiri dapat meningkatkan rasa kepercayaan dalam diri kamu.
Tak ada lagi ragu ketika kamu dapat mencintai diri sendiri/Foto:Freepik.com/DCstudio

Kesulitan menerima diri sendiri membuat kamu tidak dapat memahami apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Sekadar memutuskan jawaban dari pertanyaan sederhana pun bisa terasa sangat berat karena kamu tidak yakin akan diri kamu sendiri. Lalu, bagaimana bisa kamu menentukan tujuan hidup jika keinginan diri sendiri saja belum kamu ketahui?

Nah Beauties, mulailah untuk mencintai dan menerima diri kamu apa adanya. Hal ini akan dapat membuatmu lebih menghargai segala kemampuan yang kamu miliki sehingga tak ada lagi ragu dalam membuat suatu pilihan. Kepercayaan diri juga dapat meningkat sehingga kualitas dari hidupmu lebih membaik.

Kebahagiaan Lebih Banyak dari Sebelumnya

Semakin kamu mencintai dirimu, semakin banyak pula kebahagiaan yang akan kamu rasakan.
Mencintai diri sendiri adalah sumber dari kebahagiaan/Foto:Freepik.com/Lookstudio

Terlalu sibuk mengejar pengakuan dari orang lain membuat kamu sulit untuk bahagia. Seringkali kamu menutup mata dan tidak menghargai apa yang diri kamu perjuangkan. Padahal, semakin kamu baik kamu memperlakukan diri kamu sendiri maka semakin banyak pula kebahagiaan yang akan kamu rasakan lho.

Berhasil mencintai diri sendiri akan menyadarkanmu bahwa kebahagiaan sudah menjadi tanggung jawab untuk diri kamu sendiri. Tak perlu lagi berubah menjadi apa yang orang lain inginkan hanya untuk mendapatkan rasa belas kasih.

Ingatlah, segala hal yang kamu miliki sekarang ialah hasil dari kuatnya kamu berdiri di sendiri. So, hargailah dan cintai diri kamu ya.

Mendapat Dorongan dan Motivasi

Mencintai diri sendiri juga berperan sebagai penyemangat atau motivasi dalam diri kamu untuk terus maju.
Motivasi dalam diri juga dapat terbangun ketika kamu mencintai diri sendiri/Foto:Freepik.com/Ijeab

Mencintai diri sendiri diyakini dapat memberikan dorongan serta motivasi kepada diri sendiri untuk terus mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki. Ketika hal ini berhasil dilakukan, kepercayaan dalam diri juga ikut meningkat dan membuatmu memiliki penghargaan diri yang sangat tinggi.

Seperti dilansir dari laman ChivMen, ketika kamu memiliki keyakinan terhadap pencapaian yang ditetapkan akan membuatmu merasa lebih kuat dan tidak terkalahkan. Kamu akan mendapat dorongan dan motivasi lebih banyak untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai.

Nah Beauties, sudahkah kamu berhasil mencintai diri sendiri?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id