sign up SIGN UP

Berasal dari Keluarga Beda Agama, 6 Artis Indonesia Ini Lekat dengan Toleransi Sejak Kecil

Nisrina Salsabila | Selasa, 16 Nov 2021 10:00 WIB
Berasal dari Keluarga Beda Agama, 6 Artis Indonesia Ini Lekat dengan Toleransi Sejak Kecil
Artis Indonesia Ini Lekat dengan Toleransi Sejak Kecil/Foto: Instagram.com/shandyaulia

Hidup secara rukun dan bertoleransi berarti kita senantiasa saling menghargai, menghormati, dan menerima perbedaan antar individu maupun kelompok dalam masyarakat.

Ternyata, sederet artis Indonesia di bawah ini sudah sangat familiar dengan sikap toleransi dalam hubungan keluarga yang memiliki perbedaan suku, ras, dan agama. Terlahir dari keluarga beda agama membuat mereka harus mempelajari masing-masing agama, sampai akhirnya mereka menetapkan keputusan memeluk agama yang diyakininya.

Inilah keenam artis Indonesia yang menganut agama yang berbeda dengan orang tuanya, tapi tetap hidup rukun. Simak yuk!

1. Naysilla Mirdad

artis beda agama
Naysilla Mirdad/Foto: Instagram.com/naymirdad

Keluarga Mirdad selain terkenal karena prestasinya di dunia hiburan Tanah Air, mereka juga menjadi contoh keluarga yang saling bertoleransi satu sama lain.

Orang tua Naysilla Mirdad memiliki perbedaan keyakinan, di mana Lidya Kandou seorang Kristiani, sedangkan Jamal Mirdad memeluk Islam. Lantaran hal itu, Nay, sapaan akrabnya, mengaku mempelajari kedua keyakinan tersebut.

Diketahui, ketiga saudara kandung Nay juga diberikan kebebasan dalam memilih agama yang dianut. Prinsip toleransi sangat kental terasa, kala keluarga ini selalu merayakan Hari Besar agama Islam dan Kristen.

2. Dian Sastrowardoyo

artis beda agama
Dian Sastrowardoyo/Foto: Instagram.com/therealdisastr

Dian Sastrowardoyo dan keluarga juga dikenal menjunjung sikap toleransi yang tinggi. Dian dibesarkan secara Katolik oleh ibunya yang taat, sementara almarhum ayahnya seorang penganut Buddha. Sejak usia 17 tahun, aktris film Indonesia ini telah melakukan perjalanan spiritual dengan mempelajari berbagai agama, seiring dengan ketertarikannya terhadap filsafat.

Dalam kanal YouTube Daniel Mananta Network, pencarian Dian tentang agama bermula dari pertanyaannya tentang guna eksistensi manusia di alam semesta. Tak disangka, Dian Sastro menemukan jawaban dari seorang ustadz yang menjawabnya lewat Al-Quran dan kitab Injil Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama.

Keputusan Dian Sastro menjadi umat Muslim pun mendapat dukungan dari sang ibu. Kini mereka saling membantu di setiap perayaan keagamaan.

3. Desta

artis beda agama
Desta/Foto: Instagram.com/desta80s

Presenter, penyiar radio, aktor, dan musisi Deddy Mahendra Desta atau yang akrab dipanggil Desta senantiasa hidup rukun dengan keluarga yang kental dengan perbedaan agama dan suku.

Melalui podcast Deddy Corbuzier, Desta yang memiliki keturunan Jawa dan Tionghoa ini menceritakan bahwa keluarganya tak pernah memperdebatkan masalah agama dan justru saling menghargai. Diketahui, ibu dan adik Desta adalah seorang Kristiani dan almarhum ayahnya Islam. Sementara, kakaknya sewaktu kecil memeluk agama Kristen, tetapi sekarang sudah menjadi mualaf.

4. Shandy Aulia

artis beda agama
Shandy Aulia/Foto: Instagram.com/shandyaulia

Shandy Aulia memilih menjadi umat Nasrani sama dengan sang ibu. Namun, dirinya tetap menjalin hubungan yang akur dengan kakak dan ayahnya yang beragama Islam.

Sebelum kedua orang tuanya berpisah, saat masih kecil Shandy mengatakan bahwa ia sempat menjalani dua agama. Barulah pada usia 17 tahun, walaupun ada perbedaan pendapat dengan sang papa, Shandy memantapkan hatinya memilih masuk Kristen, tanpa campur tangan mamanya.

5. Chacha Frederica

artis beda agama
Chacha Frederica/Foto: Instagram.com/chafrederica

Artis Chacha Frederica ternyata dibesarkan dalam latar belakang keluarga beda agama yang keduanya taat. Chacha sempat mempelajari dua agama waktu kecil karena kakek dari pihak papanya adalah seorang pendeta Nasrani, sedangkan kakek dari mama pengurus majelis taklim.

Chacha yang waktu itu baru menginjak 9 tahun mulai merasa kebingungan hidup di tengah dua keyakinan, hingga terdorong untuk berpikir kritis tentang agama. Dari situlah artis keturunan Belanda, Cina, dan Jawa ini lalu memutuskan mantap menjadi mualaf dan mengenakan hijab.

6. Reza Rahadian

artis beda agama
Reza Rahadian/Foto: Instagram.com/officialpilarez

Reza Rahadian Matulessy telah meyakini agama Islam sejak usia 19 tahun, berbeda dengan ibu dan adiknya yang tetap memeluk Kristen. Reza dan keluarga pun tetap bahagia bisa menjalankan agama masing-masing dengan rasa toleransi.

Tumbuh di lingkungan keluarga dan masyarakat Nasrani di Maluku, Reza Rahadian menyebut transisi keyakinannya sebagai dialognya dengan Sang Pencipta. Saat Reza membicarakan hal tersebut kepada ibunya, sang ibu langsung mengatakan bahwa putranya berhak memilih agama yang diyakininya, sekaligus berpesan agar Reza menjalani Islam dengan baik.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id