sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Rilis Single 'Renjana', Penampilan Aura Kasih Curi Perhatian

Anindya Milagsita | Minggu, 04 Oct 2020 19:30 WIB
Rilis Single 'Renjana', Penampilan Aura Kasih Curi Perhatian
caption

Penyanyi Indonesia Aura Kasih akhirnya muncul kembali dengan merilis single lagu terbaru setelah cukup lama vakum. Sosoknya merilis single lagu terbaru tepat pada 25 September lalu. 

Single terbaru Aura Kasih kali ini cukup menyita perhatian karena memakai judul yang sama dengan lagu sosok mendiang Glenn Fredly. Seperti apa single terbaru Aura Kasih ini dan apa makna dibalik kata 'Renjana' yang selama ini melekat pada sosoknya?

Rilis Single Terbaru Bertajuk 'Renjana'

Aura Kasih merilis single lagu terbaru berjudul Renjana.
Single Terbaru Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/aurakasih/

Pada 25 September lalu Aura Kasih mengejutkan publik dengan merilis sebuah single terbaru yang bertajuk 'Renjana'. Lewat channel YouTube pribadinya Aura Kasih menyuguhkan sebuah video musik terbarunya. Lagu tersebut ternyata merupakan remake song dari penyanyi Malaysia bernama Noh Salleh. Lirik indah pada lagu ini ditulis oleh Rahne Putri. 


Lagu Renjana Aura Kasih ini punya warna musik yang berbeda dibandingkan lagu-lagu sebelumnya. Lagu dengan alunan musik yang mellow nan indah, dipadukan dengan suara Aura Kasih yang lembut membuat lagu Renjana terasa menenangkan untuk didengar. 

Makna Kata 'Renjana' Baginya

Lagu terbaru Aura Kasih yang bertajuk Renjana punya makna yang dalam dan dekat dengan sosoknya.
Single Lagu Terbaru Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/aurakasih/

Lagu Renjana Aura Kasih memiliki arti yang sangat mendalam. Kata 'Renjana' sendiri ternyata dekat dengan sosok dirinya. Pada 2012 Glenn Fredly merilis sebuah lagu bertajuk 'Renjana', single lagu dengan judul mirip seperti yang dibawakan Aura Kasih. Lewat sebuah wawancara bincang-bincang di salah satu channel YouTube, Aura Kasih mengaku sangat menyukai lagu itu.

Lagu Renjana dianggap Aura Kasih sebagai lagu yang paling bagus dan terdengar simpel yang pernah dibawakan Glenn Fredly kala itu. Lagu Renjana bahkan pernah diminta Aura Kasih secara langsung kepada Glenn Fredly, yang saat itu mereka masih menjalin hubungan, untuk dimilikinya karena dianggapnya sangat indah. 

Comeback Solo Setelah Lama Vakum

Setelah cukup lama vakum mengeluarkan single sebagai solois, akhirnya Aura Kasih kembali dengan lagu terbaru.
Comeback Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/aurakasih/

Single lagu terbaru Aura Kasih 'Renjana' jadi comeback dirinya setelah cukup lama vakum dalam merilis musik. Penyanyi Indonesia ini terakhir merilis sebuah single lagu pada 2018 yang bertajuk 'Temani Diriku'. Ia berkolaborasi dengan sosok penyanyi bernama Nutyas Surya Gumilang atau yang lebih dikenal sebagai NSG.

Sebelum merilis lagu Renjana, Aura Kasih tergabung dalam sebuah project single lagu bersama beberapa penyanyi lain. Project lagu ini berasal dari Armada Band yang berkolaborasi dengan deretan penyanyi seperti Marcell, Shanty, Bams, Aura Kasih, Nissa Sabyan, dan masih banyak lagi. Bertajuk 'Saling Bantu' yang rilis pada 24 Mei lalu, lewat lagu ini didedikasikan untuk mengajak masyarakat Indonesia saling bahu-membahu di tengah pandemi covid-19 ini. 

Rilis Novel bertajuk 'Lagu untuk Renjana'

Jauh sebelum merilis lagu Renjana, Aura Kasih lebih dahulu meluncurkan novel perdananya.
Novel Perdana Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/mizanstore/

Jauh sebelum merilis single lagu terbaru Aura Kasih 'Renjana', sosoknya telah lebih dahulu menciptakan sebuah karya novel perdananya. Lewat novel bertajuk 'Lagu untuk Renjana', lagi-lagi Aura Kasih terhubung dengan kata 'Renjana'.

Novel Lagu untuk Renjana mengisahkan sosok musisi dari Indonesia timur yang bernama Gabian, di mana ia kesulitan untuk menyelesaikan sebuah lagu. Lagu itu hanya berbulan-bulan tertulis di buku catatannya tanpa pernah diselesaikan.

Kemudian pria itu bertemu dengan sosok wanita bernama Nana. Di mana kehadiran sosoknya mampu mengisi sudut kosong di hati Gabian. Pertemuan mereka yang tak pernah direncanakan dan momen kebersamaan yang dirasakan jadi sebuah hal yang menyenangkan. Nah lewat cuplikan sinopsis dari novel Lagu untuk Renjana, sebagian pembaca berspekulasi kalau kedua karakter dalam novel itu adalah sosok Glenn Fredly dan juga Aura Kasih.

Kolaborasi dengan Seorang Penulis

Single Terbaru Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/aurakasih/Single Terbaru Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/aurakasih// Foto: detik

Tidak sendirian, Aura Kasih menyelesaikan karya novel perdananya ini dengan berkolaborasi dengan seorang penulis bernama Faisal Syahreza. Mereka berkolaborasi untuk menyelesaikan novel Lagu untuk Renjana ini. Lewat media sosial pribadinya, Faisal Syahreza seringkali mengunggah kutipan-kutipan kalimat menarik yang ada dalam novel ini. 

Novel Lagu untuk Renjana ini rilis pada 2019 lalu. Novel dengan jumlah 200 halaman ini dipublikasikan oleh penerbit The Panasdalam Publishing milik penulis kenamaan Pidi Baiq. Novel Lagu untuk Renjana dibanderol dengan harga kisaran Rp75 ribu.

Terinspirasi dari Lagu Glenn Fredly 'Renjana'

Novel Lagu untuk Renjana terinspirasi dari lagu Glenn Fredly berjudul Renjana.
Inspirasi Novel Aura Kasih/sumber: www.instagram.com/faisal_syahreza/

Last but not least, kabar yang mengatakan kalau karakter ini terinspirasi oleh sosok mendiang Glenn Fredly dan Aura Kasih pun akhirnya terjawab. Lewat sebuah tayangan di salah satu channel YouTube jugalah Aura Kasih mengklarifikasi kabar ini. Sosoknya yang sangat menyukai lagu 'Renjana' milik mendiang Glenn Fredly pun terinspirasi untuk membuatnya ke dalam sebuah karya berupa novel.

Aura Kasih bahkan sudah meminta izin kepada mendiang Glenn Fredly untuk menuliskan lagu 'Renjana' miliknya ke dalam bentuk tulisan. Bahkan dalam cover novel Lagu untuk Renjana dituliskan bahwa karya itu memang terinspirasi dari lagu Glenn Fredly 'Renjana'. Karakter dalam novel ini pun terinspirasi dari dunia nyata, sedangkan premis dan alur ceritanya dibuat secara fiksi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id