sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Tanggapan Rachel Vennya Terhadap Netizen yang Iseng dan Pelajaran yang Bisa Kita Ambil

Rani Mutiara | Sabtu, 05 Jun 2021 19:30 WIB
Tanggapan Rachel Vennya Terhadap Netizen yang Iseng dan Pelajaran yang Bisa Kita Ambil
Rachel Vennya | instagram.com/rachelvennya
Jakarta -

Belakangan ini, Rachel Vennya, seorang selebgram dengan jumlah pengikut 5.8M di instagram ini mendadak viral di sosial media karena caranya dalam menanggapi netizen yang iseng menuai kontroversi di kalangan pengguna sosial media. Hal ini berawal dari salah satu aksi iseng netizen dari akun bernama Fathin yang mengirimkan pesan berisikan kata-kata hinaan. Rachel Vennya yang biasanya selalu mengabaikan pesan seperti ini sepertinya sudah habis kesabaran hingga akhirnya ia melakukan satu tindakan yang menuai pro dan kontra dari netizen lainnya.

Story Instagram Rachel Vennya | source : instagram.com/rachelvennya
Story Instagram Rachel Vennya | instagram.com/rachelvennya
Tanggapan Rachel Vennya | source : instagram.com/rachelvennya
Tanggapan Rachel Vennya | instagram.com/rachelvennya

Rachel Vennya mengadakan sayembara dengan hadiah uang senilai 15 juta bagi siapa saja yang bisa memberikannya data lengkap Fathin. Awalnya, Rachel melakukan hal ini hanya supaya bisa memberikan efek jera terhadap netizen yang kerap mengiriminya pesan tidak sopan.

"Capturin orang iseng terus isengin balik ah. Biar tau enaknya diisengin gimana, let’s go. Kelanjutannya di Jakarta ya abis karantina." kata Rachel di story instagramnya.

Ia juga mengatakan hanya bermaksud untuk mengisengin balik netizen yang suka iseng terhadapnya. Namun siapa sangka bahwa tindakan yang awalnya bermaksud iseng saja malah menjadi boomerang bagi Rachel. Meskipun banyak netizen yang mendukung tindakan Rachel ini, namun tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa tindakan Rachel ini kurang bijak dan berlebihan.

Tanggapan Rachel ini dikatakan bisa berujung pelanggaran berupa doxing yaitu sebuah tindakan berbasis internet untuk meneliti dan menyebarluaskan informasi pribadi secara publik (termasuk data pribadi) terhadap seseorang individu atau organisasi. (sc : Wikipedia)

Meskipun netizen tidak membenarkan tindakan Fathin, namun mereka juga tidak membenarkan tanggapan Rachel dan mengatakan masih banyak cara lain yang lebih bijak untuk memberikan pelajaran kepada netizen. 

Permintaan Maaf Rachel Vennya | source : instagram.com/rachelvennya
Pengakuan Rachel Vennya | instagram.com/rachelvennya

Meskipun permasalahan ini nampaknya belum tuntas, Rachel akhirnya memberhentikan tindakannya ini dan mengakui bahwa keputusannya ini termasuk tidak bijak dan kurang tepat. Ia juga menjelaskan alasan kenapa ia sampai mengambil tindakan seperti ini terhadap keisengan netizen yang sudah melewati batas.

Tweet Rachel Vennya | twitter.com/rachelvennya23
Tweet Rachel Vennya | twitter.com/rachelvennya23

Belajar dari pengalaman Rachel dan Fathin ini, alangkah baiknya kita bisa lebih bijak lagi dalam mengambil suatu tindakan termasuk di sosial media yang rekaman jejaknya susah dihilangkan. Jika tidak ada hal penting dan baik untuk dikatakan, sebaiknya kita tidak mengatakan hal-hal buruk yang bisa menyakiti perasaan orang lain. Apalagi sekarang ini semua sosial media sudah dilengkapi dengan fitur pembatasan seperti mute, unfollow dan block, jadi kita sebagai pengguna seharusnya sudah mengerti apa yang harus kita lakukan jika tidak menyukai suatu konten.

Jangan sampai hal yang kita lakukan di sosial media malah menjadi boomerang bagi diri kita sendiri. Semoga dengan adanya kejadian ini, kita semua bisa belajar jadi orang yang lebih bijak dan berhati-hati lagi kedepannya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id