sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

4 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Curiga

S Saraswathi | Rabu, 29 Jul 2020 11:00 WIB
4 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Curiga
caption

Salah satu hal penting dalam hubungan adalah rasa percaya. Baik itu dalam keluarga, pertemanan, dan juga percintaan kita dengan pasangan. Namun tak dapat dipungkiri bahwa rasa insecure pada diri seseorang itu berbeda kadarnya.

Bisa jadi yang bersangkutan memiliki trust issue yang cukup complex karena adanya trauma masa lalu yang ia tidak bisa lupakan berkaitan dengan kepercayaan. Untuk membantu meringankan permasalahan mengenai kepercayaan dalam berhubungan dengan pasanganmu berikut tips yang mudah diterapkan.

1. Jaga Komunikasi dengan Pasangan

Communication Couple
Communication Couple / www.freepik.com

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam menjaga keutuhan dan ketahanan suatu hubungan. Jika pasangan kamu memiliki masalah dengan kepercayaan, maka kamu harus pandai-pandai menjaga kelancaran komunikasi bersamanya.


Beritahu padanya apabila kamu sedang tidak bisa menerima panggilan atau membalas pesan dengan cepat karena memang sedang sibuk. Jika perlu beri saja dia jadwal kegiatanmu.

2. Jujur dan Transparan pada Pasangan

Suspicious
Suspicious / www.freepik.com

Berkaitan dengan masalah kepercayaan, kejujuran adalah kunci utama dalam mengatasi persoalan ini. Jujur apa adanya dengan pasangan tentang apa yang sedang kamu lakukan, pikirkan, dan juga sedang kamu alami.

Jika rasa percaya dari pasangan mulai terbangun, percayalah bahwa sedikit demi sedikit rasa curiganya padamu pun akan berkurang. Adanya rasa curiga karena adanya rasa tidak percaya, untuk itu penting untuk membangun rasa percaya dari pasanganmu.

3. Bicarakan dengan Baik-Baik tentang Trust Issue-nya

Suspicious
Suspicious / www.freepik.com

Memiliki pasangan dengan trust issue yang tinggi memang bukan hal yang bisa dianggap sepele. Jika sudah mengganggu, bicarakan dengannya dengan baik-baik.

Tanyakan padanya apa penyebab ia memiliki trust issue yang begitu complex. Jika memang permasalahannya cukup berat dan kamu tidak bisa menanggungnya, tidak ada salahnya kamu mengajaknya berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli di bidangnya seperti psikolog.

4. Ajaklah Pasangan Melakukan Hal-hal Positif

Happy Couple
Happy Couple / www.freepik.com

Ajaklah pasangan melakukan hal-hal yang positif yang membuat dia merasa bebas, tenang, dan rileks. Buatlah ia merasa nyaman dan aman ketika sedang bersamamu. Pertama, hal ini akan membantunya untuk bisa lebih tenang dalam mengatasi trust issuenya. Kedua, ini dapat membangun rasa percayanya padamu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id