sign up SIGN UP

5 Tanda Toxic Relationship yang Harus Segera Kamu Sadari

Fahira mahza | Jumat, 04 Dec 2020 18:00 WIB
5 Tanda Toxic Relationship yang Harus Segera Kamu Sadari
caption
Jakarta -

Hubungan yang ideal adalah ketika dua individu yang berbeda saling mendukung serta mengerti satu sama lain. Banyak orang yang menginginkan menjalani hubungan asmara yang sehat dan ideal. Namun ketika dua orang individu yang berbeda disatukan, belum tentu hubungan yang baik akan terwujud.

Banyak yang tidak menyadari bahwa hubungan yang sedang dijalani adalah hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship. Jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak bagi kesehatan mental dan kehidupan sehari-hari. Toxic relationship akan menciptakan kondisi hubungan yang tidak seimbang dan berujung pada rasa tertekan. Beberapa tanda toxic relationship ini harus kamu waspadai !

1. Pasangan terlalu posesif dan suka mengontrol

ilustrasi pasangan terlalu posesif dan suka mengontrol
foto: pexels.com

Salah satu tanda bahwa hubunganmu tergolong toxic relationship adalah ketika pasangan kamu bertindak posesif dan selalu mengatur semua yang kamu lakukan. Apapun tindakanmu harus sesuai dengan perintahnya sekalipun kamu tidak menginginkan hal tersebut. Ketika kamu melawan maka dia akan berlindung di balik kalimat "Semua ini aku lakukan untukmu, karena aku sayang kamu" sehingga kamu akan merasa tersentuh dan mudah dikontrol olehnya.

2. Gaslighting

Ilustrasi gaslighting
foto: freepik.com

Gaslighting adalah situasi dimana pasangan kamu memanipulasi kondisi hubungan kalian berdua hingga menyebabkan pasangannya mempertanyakan kewarasannya dalam hubungan tersebut. Sebagai contoh kamu dan pasanganmu bertengkar karena kesalahannya. Namun pertengkaran tersebut membuatmu merasa bersalah karena ia membuat seakan-akan kamu lah yang harus bertanggung jawab atas kesalahan yang ia lakukan. 

3. Sering mengekang dan mencurigai

ilustrasi sering mengekang dan mencurigai
foto: freepik.com

Saat kamu berada di dalam toxic relationship yang paling sering terjadi adalah pasanganmu sering mengekang serta mencurigai kamu. Hal ini terjadi karena rasa cemburu dan rasa ingin memiliki yang terlalu berlebihan. Akibatnya segala aktivitas yang kamu lakukan menimbulkan kecurigaan yang memungkinkan pertengkaran.

4. Mendapat kekerasan fisik

ilustrasi mendapatkan kekerasan
foto: freepik.com

Kekerasan dalam toxic relationnship kerap kali terjadi, tak hanya secara verbal namun juga secara fisik. Selain menimbulkan luka di tubuh, hal ini juga akan membekas terhadap mental si korban. Sehingga menurunkan tingkat kepercayaan diri dan selalu berada dalam ketakutan, baik ketika sedang bersama pasangan ataupun tidak.

5. Tidak bisa menjadi diri sendiri

ilustrasi tidak dapat menjadi diri sendiri
foto: pexels.com

Karena pasangan selalu menuntut dan mengatur seluruh kehidupanmu mulai dari hal kecil hingga besar, menyebabkan kamu kehilangan dirimu sendiri. Hal ini membuat kamu tidak bisa melakukan apapun yang kamu inginkan sehingga kamu merasa menjadi seperti boneka miliknya. Jika hal ini berlarut-larut, maka bukan tidak mungkin kamu akan merasa depresi akan hubungan tersebut.

Tanda-tanda toxic relationship tersebut harus kamu waspadai. Jika kamu merasakan tanda tersebut dalam hubunganmu maka lebih baik kamu berpikir kembali untuk melanjutkan hubungan tersebut. Carilah pasangan yang bisa menerima dirimu apa adanya ya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id