sign up SIGN UP

Agar Tetap Harmonis, Berikut Kiatnya Saat Terpaksa Jalani LDR di Tengah Pandemi

Novianty Aulia | Senin, 27 Sep 2021 18:00 WIB
Agar Tetap Harmonis, Berikut Kiatnya Saat Terpaksa Jalani LDR di Tengah Pandemi
caption

Mempertahankan keharmonisan pada hubungan jarak jauh atau LDR tidaklah semudah yang dibayangkan. Jarak yang membentang semakin terasa jauh, tatkala kondisi pandemi covid-19 yang terus mempersempit intensitas kamu untuk bertemu.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada keberhasilan untuk kamu pejuang LDR. Terdapat beberapa aspek penting yang bisa kamu perkuat sebagai pondasi antara kamu dengan pasanganmu.

Agar segalanya berjalan lancar, berikut Beautynesia telah merangkum 6 kiat menjalin hubungan jarak jauh yang sehat di tengah kondisi pandemi. Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

Menjaga Kualitas Komunikasi

Kelancaran dalam suatu hubungan ditentukan oleh bagaimana komunikasi yang terjalin antara kamu dengan pasanganmu.
Tetap menjaga komunikasi, sesederhana apapun bentuknya/Foto:Freepik.com/Freepik


Seringnya, kegagalan utama dalam menjaga keharmonisan hubungan jarak jauh ialah kekeliruan dalam memahami arti komunikasi. Padahal, komunikasi yang berkualitas, umumnya lebih mudah terbangun pada hubungan yang berjarak. 

Ya, keterbatasan dalam memberikan sentuhan fisik membuat komunikasi lewat beberapa platform menjadi satu-satunya alat untuk menjaga ikatan antara kamu dengannya. Kondisi inilah yang akhirnya membuat komunikasi tersebut menjadi sangat berharga sehingga timbul perasaan untuk selalu mempertahankan meskipun melalui ponsel. 

Dengan rutin bercerita dan berbagi percakapan yang hangat, hubunganmu akan semakin erat dan jauh dari masalah. Karena itu, meski sama-sama sibuk, jangan lupa untuk meluangkan waktu ya, Beauties.

Jangan Mengekang Hidup Masing-masing

Bersikap posesif malah menciptakan ketegangan serta konflik yang fatal pada hubunganmu.
Jangan bersikap posesif terhadap pasangan/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com


Salah satu penyebab kegagalan pada hubungan jarak jauh ialah peraturan yang terlalu membatasi antara kamu dengan pasangan. Sederet kegiatan tertentu terpaksa dibatasi demi menjaga perasaan satu sama lain. Bukannya bertahan, hubunganmu malah terancam konflik dan perseteruan yang tidak ada habisnya, lho!

Sebisa mungkin jauhkan diri dari kebiasaan terlalu mengatur roda kehidupan pasangan. Baik kamu dan dirinya sama-sama memiliki kehidupan yang harus dijalankan sesuai porsinya masing-masing. Tidak apa jika ingin selalu diperhatikan, tetapi jangan sampai rasa egois malah menjadi penghambat untuk kemajuan diri kamu dan pasangan.

Melakukan Kegiatan Menyenangkan Bersama 

Terbatasnya jarak bukan menjadi halangan kamu untuk berbagi kegiatan menyenangkan bersama.
Manfaatkan teknologi untuk berbagi kegiatan bersama/Foto:Freepik.com/Freepik


Terpisah jauh bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang bersama. Tersedianya beragam situs dengan fitur video call maupun permainan yang bisa kamu mainkan secara daring dan bersama, bisa dimanfaatkan untuk berbagi kegiatan bersama dengan pasanganmu. 

Pilihlah kegiatan yang menjadi aktivitas favorit dari kamu dan pasanganmu. Pastikan pula kebutuhan penunjang seperti jaringan internet hingga ketersediaan baterai tetap terjaga agar tidak mengganggu aktivitas pertemuan online kamu berdua.

Meskipun sederhana, kebiasaan ini mampu mengobati kerinduan saat keterbatasan jarak. 

Saling Percaya Satu Sama Lain 

Kunci hubungan jarak jauh adalah kepercayaan yang kuat antara kamu dengan pasanganmu.
Membangun rasa kepercayaan satu sama lain/Foto:Freepik.com/Prostooleh


Dilansir dari laman Time, terlalu besarnya rasa tidak percaya akan menghambat hubungan kamu dengan dirinya. Segala macam cara yang salah rela kamu lakukan demi menutupi ketakutan yang tidak beralasan. Akhirnya, ketegangan yang tidak seharusnya muncul malah terjadi dan mengancam hubungan. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin selalu jujurlah terhadap diri sendiri dan pasanganmu. Terapkan prinsip keterbukaan agar segala masalah dapat terselesaikan secara tuntas secara bersama. Jangan pernah menutupi perasaanmu agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. 

Menetapkan Goals 

Hubungan yang tidak dilandasi tujuan malah membuatnya berjalan dengan tidak teratur dan cenderung berakhir dengan cepat.
Tentukan tujuan yang ingin dicapai kedepannya/Foto:Freepik.com/Freepik


Secara realistis, tidak ada yang ingin bertahan dalam ketidakjelasan saat menjalani hubungan jarak jauh. Dibutuhkan perencanaan yang jelas mengenai apa yang ingin dilakukan ke depannya agar hubungan bisa berkembang secara baik. 

Penting bagi kamu dan pasangan untuk berjalan di bawah payung tujuan yang sama. Mulailah membicarakan tentang hal-hal sederhana yang ingin kalian capai bersama. Selain jelas, hal ini dapat memotivasi kamu dan pasangan untuk selalu merangkul satu sama lain.

Berbagi Pesan Positif 

Selain mendukung satu sama lain dan ciptakan suasana yang menyenangkan lewat pesan-pesan positif
Saling berbagi energi positif melalui pesan-pesan yang baik/Foto:Freepik.com/Tirachardz


Tak cukup dengan menjaga kualitas komunikasi, kamu dan pasangan juga perlu berbagi dukungan melalui pesan-pesan positif yang diselipkan di setiap percakapannya.

Seperti dilansir dari laman Psychology Today, rutin melempar pesan positif dapat menjaga keharmonisan dan hubungan tetap berjalan secara sehat. Dari kebiasaan inilah, kamu dan pasangan bisa saling bertumbuh dan lebih erat dari sebelumnya.

------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id