sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Apa Itu Gaslighting? Ini Dia 5 Tanda Pasanganmu Melakukannya

Izzul Millati Umami | Sabtu, 30 Jan 2021 21:30 WIB
Apa Itu Gaslighting? Ini Dia 5 Tanda Pasanganmu Melakukannya
caption
Jakarta -

Lagi ramai nih istilah “Gaslighting” di media sosial. Viralnya kisah predator kencan online yang melakukan gaslighting ke korbannya adalah salah satu contoh masih banyaknya wanita yang kurang aware akan hal ini. 

Well, singkatnya gaslighting ini adalah cara memanipulasi seseorang dengan taktik agar korban tanpa sadar sedang di brainwash. Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan tanda gaslighting yang harus kamu tahu:

Perbuatan seorang gaslighter nggak sesuai dengan omongan

bohong
bohong/sumber:pixabay.com

Iya lah, ngapain juga seseorang coba manipulasi orang lain kecuali ada hal yang disembunyikan? Gaslighter umumnya adalah penipu ulung. Apapun yang mereka katakan, jangan sampai percaya. Soalnya, biasanya omongan mereka pasti berbanding terbalik dengan kenyataan. Identitas mereka pun tak sepenuhnya mereka tunjukkan padamu. 

Mereka akan membuatmu merasa bersalah setiap waktu

bohong
perasaan bersalah/sumber:pixabay.com

Seorang gaslighter akan selalu punya cara untuk membuat korbannya merasa bersalah tanpa ada kesalahan yang diperbuat. Ketika ada pertengkaran, mereka bukanlah pihak yang minta maaf meski tau salah. Mereka secara nggak langsung membuat pihak lain merasa bersalah. Pacar kamu pernah kayak gini nggak nih, Ladies?

Mereka memanfaatkan kebaikanmu

memanfaatkan kebaikan
memanfaatkan kebaikan/sumber:pixabay.com

Tanpa sadar, kamu akan dimanfaatkan oleh seorang gaslighter. Mereka tahu kamu orang baik, maka dari itu kamu tidak akan dibiarkan lepas. They need you for the sake of kemudahan mereka. Tipe orang seperti ini pun juga tidak akan malu meminta bantuan finansial tanpa keinginan untuk mengembalikannya. 

Gaslighter akan menyangkal pernah bilang sesuatu, meski ada bukti

Orang dengan tipe seperti ini akan dengan mudah menyangkal semua perkataan yang pernah mereka bilang. Gaslighter kadang bilang sesuatu, kemudian mereka pura-pura lupa. Hari ini mereka bilang pernah pergi ke china, besoknya belum tentu mereka mengiyakan pernyataan ini. 

Mereka menyerang sisi lemahmu

Gaslighter akan selalu menyerang sisi lemah kamu. Itulah kenapa di awal bertemu kadang mereka akan mencari cara agar mengetahui kelemahanmu, entah itu dengan obrolan intens atau mencari tahu sendiri di media sosial. Kelemahanmu adalah salah satu senjata bagi mereka untuk mendapatkan hatimu dengan bertindak sok pahlawan. Ujung-ujungnya, kamu akan tetap dimanfaatkan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id