sign up SIGN UP

Bisa Merusak Kesehatan Mental, Ini Alasan Mengapa Toxic Relationship dalam Berbagai Hubungan Perlu Dijauhi

Octavia Tunggal Dewi | Senin, 02 Aug 2021 12:15 WIB
Bisa Merusak Kesehatan Mental, Ini Alasan Mengapa Toxic Relationship dalam Berbagai Hubungan Perlu Dijauhi
caption

Toxic relationship merupakan hubungan buruk yang memiliki banyak dampak negatif dimana salah satu pihak merasa terintimidasi, terserang, atau direndahkan. Umumnya, hubungan seperti ini jarang disadari oleh banyak orang.

Tak hanya dalam hubungan asmara, toxic relationship juga dapat terjadi dalam hubungan persahabatan, pertemanan, pekerjaan, bahkan kekeluargaan.

Ciri-ciri Toxic Relationship

Toxic relationship
Toxic Relationship/Foto: Freepik.com/Master1305

Dalam sebuah hubungan yang terjalin, seseorang akan selalu merasa kurang sehingga seolah-olah tidak pantas untuk bersanding dengan pasangannya. Segala perlakuannya memberikan isyarat bahwa kamu adalah orang yang tidak berkontribusi dalam hubungan sehingga kamu harus selalu membuktikan apa yang diinginkan oleh pasangan.

Mereka biasanya memiliki sifat posesif yang berlebihan sehingga kamu merasa tidak nyaman dan tidak bebas, selalu disalahkan, memiliki komunikasi atau kata-kata buruk yang merendahkan, bahkan tak jarang pula bermain fisik.

Kenapa Toxic Relationship Perlu Dihindari?

Kekerasan fisik
Topic Relationship/Foto: Freepik.com/Wayhomestudlo

Hubungan toxic harus dihindari karena tidak baik untuk kesehatan mental seseorang. Selain itu memiliki hubungan yang toxic juga dapat membuat seseorang selalu dikelilingi aura dan pemikiran negatif di sekitarnya yang dapat menambah beragam masalah baru.

Apabila seseorang terus mempertahankan hubungan toxic maka dapat memicu stres dan depresi. Seseorang akan kehilangan jati diri dan berusaha menjadi orang lain hanya untuk terlihat bahagia. Seseorang juga tak jarang kehilangan jati diri karena untuk memenuhi tuntutan dari pasangan sehingga menyebabkan hilangnya rasa bahagia dalam hidup.

Dalam toxic relationship, mungkin kamu sudah melihat ada banyak tanda bahaya tetapi kamu membiarkannya karena rasa cinta dan percaya kamu bisa memperbaikinya.Toxic Relationship/ Foto: Intan Dwi

Selain itu, kamu juga akan merasakan lelah yang tidak berkesudahan. Seseorang yang terjebak dalam hubungan toxic akan merasa lelah sepanjang waktu. Hubungan toxic membuat seseorang kehilangan rasa tenang sehingga akan terus merasa buruk setiap saat karena ada saja hal yang menjadi beban pikiran. Rasa lelah ini akan membawa dampak pada sisi psikologis maupun fisik seseorang.

Dalam hubungan toxic tak jarang pula memaklumi tindakan kekerasan yang dilakukan. Jangan pernah menganggap bahwa kekerasan adalah suatu bentuk kasih sayang. Jika seseorang sudah memaklumi hal tersebut maka hubungan itu sudah tidak dapat dibenarkan. Lebih baik segera akhiri dan jalin hubungan baru yang lebih baik dengan orang yang tepat.

Nah beauties, itu dia beberapa alasan toxic relationship harus dijauhi. Cara mengatasi toxic relationship ini sebenarnya mudah saja, kamu hanya perlu segera akhiri dan jalin hubungan yang sehat dengan siapapun. Sebab kalian juga berhak untuk merasakan kebahagiaan dalam hidup. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id