sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Lagi Terjebak Dalam Toxic Relationship Atau Bukan? Ini 9 Tanda yang Perlu Kamu Ketahui

Siti Mukaromah | Senin, 12 Jul 2021 22:30 WIB
Lagi Terjebak Dalam Toxic Relationship Atau Bukan? Ini 9 Tanda yang Perlu Kamu Ketahui

Beauties, memiliki pasangan yang yang satu frekuensi atau bahkan sesuai dengan kriteria yang kita impikan, memang sesuatu yang begitu membahagiakan.

Dalam suatu durasi hubungan, pastinya memang akan ada pasang surut atau masa sulit yang perlu dilewati. Namun, bagaimana jika ternyata kamu terjebak dalam masa sulit dan berlangsung lama? Hubungan yang bisa jadi awalnya berjalan sehat dan baik-baik saja, lalu berubah jadi hubungan yang tidak sehat bahkan merugikan.

Hati-hati, peristiwa ini biasa juga disebut sebagai toxic relationship, Beauties. Dikutip dari laman Wolipop, Alfath Hanifah Megawati, M.Psi., mengungkap, toxic relationship adalah kebalikan dari relasi yang sehat. Relasi yang dimaksud adalah hubungan yang dapat membantu seseorang bertumbuh menuju arah yang positif, menjadi support system, dan sumber kebahagiaan. Namun yang terjadi di toxic relationship justru sebaliknya, kamu  menjadi tertekan, tidak berharga, merasa tersakiti dan lain sebagainya.

Hal ini juga di perkuat dari laman Time oleh Dr. Lillian Glass, seorang pakar komunikasi dan psikologi dari California, sekaligus penulis buku Toxic People, mendefinisikan toxic relationship sebagai hubungan apapun (antara siapapun) yang tidak saling mendukung, di mana ada konflik, dan satu pihak berusaha untuk melemahkan pihak yang lain, ada persaingan, ada rasa tidak hormat dan kurangnya kekompakan

Lebih lanjut, Beautynesia jabarkan tanda-tanda sebuah toxic relationship:

Selalu Merasa Terkekang dalam Menjalin Hubungan

Toxic Relationship, hubungan, pasangan
Merasa tertekan saat menjalani hubungan/freepik.com/yanalya

Beauties, memberi perhatian pada pasangan memang suatu hal yang lumrah dalam suatu hubungan. Namun jika, perhatian yang diberikan membuatmu kehilangan kebebasan hingga merasa dikendalikan, bisa jadi hubunganmu sudah mulai tidak sehat.

Tidak pernah Didukung atau Dihormati

Toxic Relationship, hubungan, pasangan
Tidak pernah menghormati hubungan/freepik.com/wayhomestudio

Biasanya kamu akan merasa pendapat-pendapatmu tidak begitu penting baginya. Kamu juga merasa tidak didukung dalam mengambil keputusan, bahkan nasihat atau perlakuan spesial yang kamu berikan pada pasanganmu tidak lagi dihargai atau diapresiasi olehnya.

Bersikap Kasar

Toxic Relationship, hubungan, pasangan
Bersikap kasar pada pasangan/freepik.com/wayhomestudio

Terjadinya pertengkaran memang suatu hal yang wajar dalam hal percintaan. Menyelesaikan pertengkaran dengan kepala dingin juga akan membuat hubunganmu menjadi lebih tahan lama. Lain ceritanya jika pasangan sudah sampai tahap berlebihan, seperti justru merusak barang-barang berhargamu ketika dia marah, atau bahkan berkata kasar hingga melukai hatimu. Hal ini sudah masuk dalam ranah toxic relationship, Beauties.

Hak dan Privasimu Selalu Dilanggar

Selain perasaanmu akan merasa tertekan karena dikekang oleh pasangan, hak dan privasimu juga biasanya akan dengan mudah dilanggar olehnya, Beauties. Biasanya dengan dalih mengawasi agar saling percaya, lalu pasangan mungkin akan selalu ingin mengetahui personal chat yang kamu lakukan atau isi direct massage di sosial mediamu.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id