sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gak Perlu Bimbang, Ini Tips Menolak Cinta dari Teman Pria Kamu

Ade Irma Suryani | Selasa, 30 Mar 2021 12:30 WIB
Gak Perlu Bimbang, Ini Tips Menolak Cinta dari Teman Pria Kamu
caption

Bagi sebagian wanita, memiliki teman pria terkadang dianggap lebih menyenangkan daripada teman wanita. Hal ini tak lain dikarenakan teman pria biasanya lebih tulus dalam persahabatan, setia, siap membantu, tidak mudah baper dan lebih seru. 

Meskipun begitu, terkadang pertemanan atau persahabatan yang dijalin antara wanita dan pria sering kali berubah menjadi cinta. Namun, ada kalanya yang timbul perasaan tersebut hanya satu pihak, misalnya hanya si pria saja. 

Nah, jika dalam pertemananmu ternyata hanya si teman pria yang malah menaruh hati, tentu hal ini pasti membuatmu menjadi bimbang. Ingin menolaknya tapi tak ingin merusak pertemanan yang ada. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menolak cinta dari teman pria? Berikut penjelasannya di bawah ini.

 

1. Katakan dengan Jujur dan Jelas

Katakan dengan jujur ketika kamu memang tidak ingin menerima cinta temanmu tersebut.
Katakan dengan Jujur/freepik.com 

Saat kamu tahu bahwa kamu sama sekali tidak memiliki perasaan khusus pada temanmu tersebut, maka katakanlah dengan jujur. Katakanlah dengan jujur dan jelas tanpa berbelit-belit. Namun tetap sampaikan dengan cara yang lembut namun tegas. 

Meskipun kamu merasa tidak enak hati lantaran khawatir jika membuatnya terluka dan kecewa, namun ingatlah bahwa mengutarakan perasaanmu yang sesungguhnya itulah yang terpenting.

Menjelaskan tentang isi perasaanmu sebenarnya secara jelas tentu jauh lebih baik, daripada kamu harus menerimanya secara terpaksa. Jika temanmu tersebut adalah pria yang baik, tentu dia akan mengerti dan menghargai keputusanmu dengan baik. 

 

2. Tetap Bersikap Biasa dan Tidak Menghindar

Setelah menolak temanmu tersebut, bersikaplah seperti biasa dan jangan menghindar.
Bersikap Biasa dan Tak Perlu Menghindar/freepik.com 

Setelah kamu menolak pernyataan cinta dari temanmu itu, maka cobalah untuk mulai bersikap biasa saja setelahnya. Rasa canggung barangkali tetap ada, namun jangan sampai karena itu kamu malah menghindarinya. Tentunya hal ini bisa membuat perasaannya menjadi tidak enak denganmu. 

Karena itu, cobalah untuk mulai melupakan hal tersebut, agar kamu lebih mudah untuk bersikap biasa saja di depannya. Selain itu, dengan sikap santai dirimu diharapkan bisa membantu mengurangi perasaan tidak nyaman dirinya denganmu pasca penolakan tersebut.  

 

3. Hargai Keputusannya

Hargai keputusannya jika ingin menjauh darimu beberapa waktu.
Hargai Keputusan Dirinya/freepik.com 

Meskipun telah menolak cinta dari temanmu tersebut, tentu kamu juga tidak ingin jika pertemanan atau persahabatanmu dengannya harus berakhir. Namun, jika teman priamu itu tiba-tiba memilih menjauh atau menjaga jarak darimu selama beberapa waktu, maka hargai saja keputusannya tersebut. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu merasa bersalah atau tidak enak dengannya. Barangkali dia memang membutuhkan waktu untuk memulihkan perasaannya sendiri. Jadi, kamu tidak perlu terlalu berusaha untuk dekat dulu dengannya. Tapi berilah waktu sejenak untuk dirinya sendiri dan tetaplah bersikap normal sebagaimana biasanya. 

 

4. Beri Jarak

Jangan terlalu dekat dengan teman pria.
Memberi Jarak/freepik.com 

Semenyenangkan apapun mempunyai teman pria, tetap kamu perlu memberi jarak. Artinya, kamu tidak boleh terlalu dekat berteman sebagaimana kamu berteman dengan wanita. Apalagi jika kamu sama sekali tidak ingin jika hubungan pertemananmu dengan teman pria berubah ke arah percintaan. 

Dengan memberi jarak dan batasan yang ada, tentu hal ini akan membantu meminimalisir timbulnya perasaan-perasaan yang tidak seharusnya. Selain itu, hal ini juga membuat temanmu memahami bahwa kamu sama sekali tidak ada perasaan apa-apa padanya selain hanya sebatas pertemanan biasa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id