sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bisakah Kita Bersahabat dengan Lawan Jenis Meski Sudah Punya Pasangan?

Sylvia Yuliasar | Minggu, 03 Jan 2021 22:15 WIB
Bisakah Kita Bersahabat dengan Lawan Jenis Meski Sudah Punya Pasangan?
caption

Bersahabat dengan lawan jenis memang memiliki sensasi yang berbeda dan mengasyikkan. Jika masih single, tak masalah mau bersahabat dengan siapa saja. Namun, jika sudah memiliki pasangan, hal ini tentunya akan menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan agar menghindari terjadinya kesalahpahaman.

Bersahabat dengan lawan jenis saat kamu sudah memiliki pasangan memang hal yang tidak gampang. Perasaan bimbang muncul antara menjaga perasaan pasangan atau membina hubungan baik dengan sahabat lawan jenismu. Akan lebih sulit lagi jika kedua belah pihak sama-sama sudah memiliki pasangan.

Lantas bisakah kita bersahabat dengan lawan jenis meski sudah punya pasangan? Berikut tips yang mesti kamu perhatikan.

Terbuka dengan Pasangan

Pertama-tama kamu harus bicara secara terbuka pada pasangan
Bicara dengan pasangan adalah kuncinya / unsplash.com (Priscilla Du Preez)

Terbukalah dengan pasangan kalau kamu memiliki hubungan persahabatan dengan lawan jenis, apalagi hubungan persahabatan itu sudah lama dibina semenjak kamu belum punya pasangan. Faktanya, banyak juga hubungan persahabatan yang langgeng, terlepas kamu masih single, atau sudah punya pasangan. Meski sulit untuk membuat pasangan percaya kalau kamu sebatas sahabat dengannya, tapi kamu tetap harus terbuka dan melibatkan pasanganmu.

Kamu butuh dukungan moral tidak hanya dari pasangan. Jadi, kalaupun ingin bersahabat, libatkan pasangan dan jika memungkinkan buat mereka juga menjalin hubungan persahabatan. Tetaplah bersahabat dengan baik walau kamu punya sahabat lawan jenis. Apalagi kalau kamu punya sahabat lawan jenis yang benar-benar tulus dan bukan cuma modus.

Berilah Batas yang Wajar

Jangan lupa terapkan batasan pada persahabatan kalian
Persahabatan kalian harus ada batasannya / unsplash.com (Etienne Boulanger)

Kamu sudah seharusnya memberikan batasan yang wajar dengan sahabat. Hal tersebut akan memberikan perbedaan mana yang sahabat dan mana yang menjadi pasanganmu. Sudah seharusnya, kamu lebih dekat dalam hal apapun dengan pasanganmu dibanding dengan sahabatmu.

Jika kamu terlalu dekat dengan sahabat dan melibatkannya lebih jauh dari pasanganmu walaupun tujuan utamanya untuk memberi support, bisa saja timbul benih-benih asmara yang awalnya tak terduga. Selain itu, bila hubungan persahabatan melewati batas, dapat terjadi konflik dengan pasangan. Jadi, binalah hubungan persahabatan sewajarnya.

Cowok Gampang Suka

Hati-hati, sifat cowok itu pada dasarnya mudah suka lho
Pada dasarya, cowok mudah suka pada lawan jenisnya / unsplash.com (Manuel Meurisse)

Banyak penelitian telah melaporkan bahwa cowok memiliki hasrat seksual yang lebih tinggi dibanding cewek. Umumnya cewek tidak tertarik secara seksual kepada sahabat cowoknya. Sebaliknya, cowok cenderung punya ketertarikan tertentu pada sahabat ceweknya.

Meski begitu, cowok dan cewek sebenarnya bisa saja bersahabat secara tulus, bahkan persahabatan di antara kedua insan lawan jenis itu memberikan keuntungan dibandingkan persahabatan dengan sesama jenis. Jadi, semuanya kembali ke niat masing-masing dan kejujuran dalam membina sebuah hubungan.

Nah, begitu kamu memutuskan untuk memiliki pasangan, komunikasi dengan terbuka. Komunikasi yang baik akan menjadi kunci lancarnya hubungan dengan pasangan maupun dengan sahabatmu. Hal ini juga berguna untuk mencegah hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id