sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Awas Terjebak! Kenali 5 Tanda Pasanganmu adalah Orang yang Manipulatif

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 27 Jun 2021 18:00 WIB
Awas Terjebak! Kenali 5 Tanda Pasanganmu adalah Orang yang Manipulatif
caption

Dalam hal asmara, hubungan yang intens dan mesra selalu jadi dambaan. Padahal, kontrol dan obsesi terhadap pasangan bukanlah tanda cinta yang sejati lho! Hal itu justru tanda bahwa pasanganmu adalah seorang yang manipulatif. Sayangnya, banyak orang yang enggak menyadarinya karena merasa hal yang dilakukan tersebut wajar. Biar enggak terjebak dengan orang yang manipulatif, yuk simak 5 cirinya berikut ini!

Membuatmu Merasa Bersalah

Manipulasi selalu dimulai dengan rasa bersalah.
Stres/freepik.com

Manipulasi selalu dimulai dengan rasa bersalah. Jika pasanganmu berhasil meyakinkan bahwa kamu bersalah atas sebuah tindakan, bahkan yang enggak kamu lakukan, maka itu adalah tanda bahwa ia adalah seorang manipulator. Ia tahu bahwa kamu akan bersedia melakukan apa saja yang ia katakan. Selain itu, pasangan yang manipulatif juga akan membuatmu merasa seolah sangat dicintai.

Membuatmu Meragukan Diri

Seorang manipulator akan mengambil rasa enggak aman dalam dirimu. Mereka akan menunjukkan 'kesalahan' apa yang kamu lakukan dan bagaimana mereka bisa melakukannya dengan lebih baik. Mereka menunjukkan semua kelemahanmu, lalu menunjukkan bahwa dengan bantuan merekalah kamu bisa menjadi lebih baik. Sehingga, hal ini bisa jadi membuatmu merasa enggak bisa berbuat apapun tanpa si dia.

Dia Tidak Memercayaimu

Kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses sebuah hubungan. Namun, jika pasanganmu adalah orang yang manipulatif, ia enggak akan percaya padamu.
Marah/freepik.com

Kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses sebuah hubungan. Namun, jika pasanganmu adalah orang yang manipulatif, ia enggak akan percaya padamu. Ia akan selalu memeriksa keberadaanmu setiap saat. Bahkan, ia bisa saja juga selalu memeriksa ponselmu. Ia akan beralasan bahwa mereka takut kamu mungkin akan selingkuh. Alasan lain yang mungkin ia katakan adalah pasangan yang saling mencintai enggak saling merahasiakan sesuatu.

Hobi Menyindir

Sikap hobi menyindir ini sebenarnya karena ia memiliki rasa percaya diri yang rendah. Sehingga, ia melampiaskannya dengan cara merendahkanmu. Contohnya, ada saat-saat tertentu ia sepertinya sedang memujimu. Tapi sebenarnya ia sedang menyindirmu. Di balik kata-katanya yang tampak manis, dia berupaya untuk merendahkanmu.

Berusaha Mengendalikanmu

Pasangan yang manipulatif akan menggunakan rasa tidak aman sebagai senjata untuk mengendalikanmu.
Marah/freepik.com

Pasangan yang manipulatif akan menggunakan rasa tidak aman sebagai senjata untuk mengendalikanmu. Misalnya, ia akan memintamu berhenti hang out dengan teman-teman lawan jenis karena ia merasa "tidak aman". Ia bahkan bisa saja mengeluarkan alasan bahwa ia pernah dikecewakan oleh mantannya saat berteman dengan lawan jenis. Jangan terkecoh ya, Beautynesian. Sebab ini juga merupakan caranya untuk mengendalikan gerak-gerikmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id