sign up SIGN UP

Meski Bikin Kesel, Coba Hadapi Pasangan Egois dengan Cara Ini

Fahira mahza | Jumat, 12 Feb 2021 21:00 WIB
Meski Bikin Kesel, Coba Hadapi Pasangan Egois dengan Cara Ini
caption
Jakarta -

Dalam menjalin sebuah hubungan haruslah didasari dengan toleransi dan kesabaran. Menyatukan dua manusia dengan pikiran dan keinginan yang berbeda memang tak mudah karena itu dibutuhkan rasa saling percaya. Namun, tak jarang kita mendapati pasangan kita bersikap kurang menyenangkan.

Salah satu hal yang mungkin sering terjadi dalam hubungan adalah tingginya rasa egois dan tidak mau mengalah. Tentunya ini akan menjadi masalah apabila tidak dihentikan. Ketika kamu merasa pasanganmu egois dan itu membuatmu tak bahagia, maka lebih baik kamu melepaskannya. Namun, jika kamu merasa pasanganmu dapat berubah cobalah lakukan hal-hal ini agar ia menjadi pribadi yang lebih baik. 

Cari tau penyebab keegoisan pasanganmu 

Cari tau penyebab keegoisan pasanganmu
Cari tau penyebab keegoisan pasanganmu/foto: freepik.com

Semua hal yang terjadi pastilah ada penyebabnya. Sama halnya dengan sifat egois pasanganmu, bisa jadi ada hal-hal yang menyebabkan ia menjadi pribadi yang egois. Sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dulu hal yang melatarbelakanginya, kamu bisa mencari tau melalui teman ataupun keluarganya. Setelah mengetahui penyebabnya kemungkinan kamu akan lebih mudah mencari solusi yang terbaik. 

Bicarakan secara baik-baik hal yang kamu rasakan 

Bicarakan secara baik-baik hal yang kamu rasakan
Bicarakan secara baik-baik hal yang kamu rasakan/foto: freepik.com

Pasangan yang egois seringkali membuatmu tidak nyaman. Jika dibiarkan maka lama kelamaan hal ini akan menjadi masalah. Maka dari itu baiknya kamu mengutarakan hal-hal yang kamu rasakan terkait dengan sifatnya tersebut yang mempengaruhi hubunganmu. Bicarakan secara perlahan dan beri ia ruang untuk merenungkan kesalahan yang ia lakukan. 

Fokus menyelesaikan masalah agar keadaan membaik 

Fokus menyelesaikan masalah agar keaadan membaik
Fokus menyelesaikan masalah agar keaadan membaik/foto: freepik.com

Mungkin kamu akan sering merasa kesal bila pasanganmu egois. Namun, jangan sampai kamu malah menjadi tidak peduli terhadap hubungan kalian. Cobalah untuk fokus menyelesaikan masalah yang terjadi agar hubunganmu tetap berjalan di jalur yang sesuai. Ajak ia ikut serta dan berpikir terkait hal-hal yang terjadi di dalam hubungan kalian. Jika memang sulit diungkapkan dengan kata, maka cobalah tunjukkan dengan aksi dan perbuatan. 

Jika keinginannya positif maka ikutilah untuk kebaikan hubungan kalian

Jika keinginannya positif maka ikutilah untuk kebaikan hubungan kalian
Jika keinginannya positif maka ikutilah untuk kebaikan hubungan kalian/foto: freepik.com

Tak semua keinginan yang dipaksakan oleh pasanganmu adalah hal yang negatif. Bisa jadi hal yang dia inginkan sebenarnya baik demi keberlangsungan hubungan kalian. Pikirkan baik-baik akibat dari keinginannya sebelum kamu memutuskan untuk menurutinya atau tidak. Jika keinginan tersebut memang baik, maka cobalah turunkan egomu dan ikuti kemaunnya. 

Jangan selalu menahan diri dan biarkan ia peka terhadap perasaanmu 

Jangan selalu menahan diri dan biarkan ia peka terhadap perasaanmu
Jangan selalu menahan diri dan biarkan ia peka terhadap perasaanmu/foto: freepik.com

Bersabar dan mengalah dalam suatu hubungan memang baik. Namun, jangan selalu mengalah dan mengikuti kemauan pasanganmu bila sebenarnya kamu tidak nyaman. Buatlah ia melihat bahwa kamu tidak menyukai sifat dan egonya yang tinggi. Sesekali kamu boleh cuek ketika ia sudah mulai bersifat egois. Biarkan ia belajar membaca situasi dan mengomunikasikannya denganmu. 

Nah, beberapa tips tersebut dapat kamu coba saat menghadapi pasangan yang egois. Namun, jika sifat egoisnya tersebut sudah tak terkendali dan menciptakan hubungan yang toxic, maka sebaiknya kamu merelakan hubunganmu dan fokus membahagiakan dirimu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id