sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

MOVE ON! Ini 5 Tips Jitu Hadapi Gebetan yang Suka Ghosting

Dian Aprilia | Jumat, 25 Dec 2020 12:00 WIB
MOVE ON! Ini 5 Tips Jitu Hadapi Gebetan yang Suka Ghosting
caption
Jakarta -

Pernahkah kamu mengenal istilah ghosting? Istilah ghosting kerap dilekatkan dengan dunia dating app. Ghosting bermakna saat seseorang yang kita percaya dan perhatian ke kita yang bisa dibilang gebetan, tiba-tiba menghilang dan putus kontak tanpa alasan apapun.

Tak bisa disepelekan, ghosting memiliki dampak yang buruk pada korbannya. Diantaranya membuat seseorang bingung harus berbuat apa, tak bisa mengontrol emosi dengan baik, muncul perasaan ditolak yang menurut sebuah studi sakitnya sama dengan sakit fisik, dan lainnya.

Untuk itu, kalau kamu pernah merasakan ghosting, berikut beautynesia.id telah merangkum cara penyikapan yang tepat agar tak timbulkan dampak negatif:

Hadapi kenyataan

Hadapi kenyataan
Hadapi kenyataan/pexels.com

Cara pertama yang perlu kamu lakukan saat mengalami ghosting adalah menerima kenyataan tersebut apa adanya. Terima bahwa gebetan tiba-tiba meninggalkanmu tanpa alasan apapun, jangan coba-coba denial yang malah bikin kamu sakit hati.

Dibandingkan mendesak alasan gebetan meninggalkanmu, lebih baik energi digunakan untuk menerima dan mengikhlaskannya. Pahami bahwa ghosting bisa jadi tanda bahwa mereka tak menghargai perasaanmu dan tidak layak untuk mendapatkan cintamu yang tulus. Sadari bahwa kamu layak mendapatkan yang lebih baik.

Terima perasaan yang muncul

Terima perasaan yang muncul
Terima perasaan yang muncul/pexels.com

Merasakan sedih, kecewa, stres dan marah adalah hal yang normal terjadi saat kamu baru saja di-ghosting. Alih-alih membantahnya, kamu lebih baik menerima perasaan yang muncul. Biarkan rasa itu keluar dan membuatmu lega, bila perlu menangislah sepuas-puasnya.

Namun ingat, jangan terlalu lama berlarut-larut dalam kesedihan tersebut. Beri dirimu batas waktu untuk kemudian kembali move on dan menjalani serta menikmati hari-hari ke depan tanpa beban perasaan sakit hati karena ghosting.

Hindari menyalahkan diri sendiri

Jangan salahkan dirimu
Jangan salahkan dirimu/pexels.com

Percayalah bahwa tidak semua hal bisa kamu kendalikan. Ada berbagai faktor yang berada di luar kendalimu. Untuk itu saat kamu merasa kesal karena ghosting, jangan sekali-kali menyalahkan dirimu yang malah membuatmu merasa minder dan rendah diri.

Ingat bahwa perasaan cinta itu bukan pekerjaan satu orang, tapi pekerjaan dua orang. Kamu tidak bisa memaksa orang lain jatuh cinta padamu, begitu pula kamu tidak bisa dipaksa mencintai seseorang yang tidak kamu cintai. Jika gebetan melakukan ghosting, yakinkan dirimu bahwa di bukan orang yang tepat untukmu.

Jangan terburu-buru menjalin hubungan

Santai dalam menjalin hubungan
Santai dalam menjalin hubungan/pexels.com

Untuk mencapai setiap hal yang berharga itu pasti butuh proses, begitu pula dalam menjalin hubungan. Saat gebetan menghilang tiba-tiba, lalu beberapa saat kemudian datang kembali secara berulang, maka apakah kamu masih yakin untuk menjalin hubungan dengannya?

Intinya jangan terburu-buru menjalin hubungan apalagi jika ada pertanda sikap dan karakter buruk dari calon pasanganmu. Berproseslah secara perlahan dan amati sikapnya, apakah ada perubahan atau tidak. Jika masih sama saja, sebaiknya kamu perlu pertimbangkan dengan matang mengenai kelanjutan hubungan tersebut.

Beri batasan untuk gebetan

Beri batasan
Beri batasan/pexels.com

Jika gebetanmu sering melakukan ghosting, tanpa memberikan kepastian dan juga alasan, maka hal ini bisa jadi pertanda bahwa kamu harus mulai bertindak tegas. Berilah ultimatum dan batasan waktu padanya, misal jika dia menghilang hingga 2 minggu tanpa kabar maka otomatis hubungan akan berakhir.

Atau kamu memberikan batasan pada dirimu sendiri. Misalnya jika dia menghilang selama lebih dari 3 kali, maka kamu tidak akan lagi mengharapkannya. Sebab itu jadi tanda ia tak serius denganmu.

Itulah 5 sikap yang bisa kamu lakukan saat menghadapi ghosting dari gebetan. Alih-alih galau berlarut-larut, yuk pilih langkah rasional yang mendamaikan hati. Semoga kamu segera dipertemukan dengan pasangan yang tepat dan terbaik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id