sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pacarmu Berkepribadian Melankolis? Begini Cara Menghadapinya!

Aqida Widya | Rabu, 02 Jun 2021 14:30 WIB
Pacarmu Berkepribadian Melankolis? Begini Cara Menghadapinya!
Pacar Melankolis/ Sumber: pexels.com

Melankolis adalah salah satu dari 4 tipe kepribadian manusia selain sanguinis, koleris, dan plegmatis. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki ciri-ciri seperti pemikir, suka menganalisa, perfeksionis, kreatif, namun kurang percaya diri dan suasana hatinya mudah berubah-ubah sehingga terkadang membuat orang terdekatnya bingung.

Kamu salah satunya? Tenang saja, kali ini Beautynesia akan berbagi tips menghadapi pacarmu yang berkepribadian melankolis. Langsung baca ulasannya, yuk!

Sesekali Berikan Pujian

Contoh pujian untuk Melankolis
You are amazing/Sumber foto: pexels.com

Dari 4 tipe kepribadian manusia, melankolis adalah tipe kepribadian yang punya rasa percaya diri paling rendah. Terkadang mereka tidak menyadari kelebihan-kelebihan yang mereka miliki dan hanya fokus pada kekurangan saja. Jadi, tidak ada salahnya sekali-kali berikan pujian yang tulus kepada pacarmu yang melankolis agar mereka merasa lebih percaya diri.

Berikan Perhatian yang Tulus

Berikan perhatian yang tulus untuk Melankolis
Lovely couple/Sumber foto: freepik.com

Cara menghadapi pacar yang melankolis selanjutnya adalah dengan memberikan perhatian yang tulus. Di antara tipe kepribadian manusia lainnya, melankolis adalah kepribadian yang paling peka alias punya sensitivitas yang tinggi. Orang dengan tipe ini bisa merasakan apakah orang ini tulus atau tidak. Jadi, jangan pernah pura-pura baik atau perhatian ke pacarmu yang melankolis, ya. Berikan perhatian yang tulus, tidak ada ruginya juga kan kalau kamu tulus kepadanya? 

Menjadi Pendengar dan Pendukung yang Baik

Jadilah pendengar yang baik untuk Melankolis
Good listener/Sumber foto: pexels.com

Dalam mendapatkan yang dia inginkan, melankolis biasanya merencanakan dari A sampai Z dengan sangat rapi, detail, dan berusaha keras untuk mendapatkannya. Tapi, ketika gagal dia akan merasakan sedih dan kecewa sangat dalam. Siap-siap nih, kamu bakalan dicuekin sama dia. Tapi, bukan berarti dia lagi marah sama kamu. Dia hanya butuh waktu untuk sendiri dan merenung ketika ada sesuatu yang buruk terjadi.

Nah, daripada kamu mencecar dia dengan chat ataupun telepon, menjadi pendengar dan pendukung yang baik saja sebenarnya sudah cukup, kok. Namun, untuk membuat seorang melankolis ini mau cerita, kamu harus sabar dan pintar-pintar mencari cara agar dia mau cerita.

Pahami Hatinya yang Mudah Berubah-ubah

Suasana hati Melankolis mudah berubah-ubah
Mood swing/Sumber foto: pexels.com

Sebagai pacarnya, kamu pasti suka bingung sendiri, ya kenapa dia tiba-tiba diam, marah, atau sedih. Well, begitulah karakter orang melankolis, suasana hatinya memang mudah berubah-ubah, apalagi kalau ada sesuatu yang mengganggu perasaannya.

Trus, gimana dong? Oke, cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa adalah pertama, cari tahu dulu penyebabnya. Mungkin dia bukan marah atau kecewa denganmu, bisa saja dengan orang lain atau diri sendiri. Kedua, kalau memang kamu yang salah, minta maaflah dengan tulus.

Jadilah Teman Diskusinya

Ajak Melankolis diskusi
Talking/Sumber foto: pexels.com

Meskipun dari luar kelihatannya tipe melankolis ini pendiam, tapi sebenarnya di dalam kepalanya itu berisik banget. Banyak hal yang mereka pikirkan karena pada dasarnya tipe kepribadian manusia yang satu ini memang senang berpikir dan menganalisa, namun sulit menyampaikan pendapat.

Nah, dengan mengajaknya ngobrol atau diskusi tentang topik-topik yang seru untuk dibahas, tanpa disadari sebenarnya kamu sudah membantu dia untuk belajar menyampaikan pendapat, lho. Tidak hanya itu, kamu juga bisa dapat informasi serta insight baru dari dia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id