sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

4 Cara Mengetahui Kamu Siap Berpacaran Lagi Setelah Drama Toxic Relationship

Intan Dwi | Jumat, 21 May 2021 20:00 WIB
4 Cara Mengetahui Kamu Siap Berpacaran Lagi Setelah Drama Toxic Relationship
caption

Ladies, mungkin beberapa dari kalian ada yang pernah masuk ke dalam toxic relationship atau hubungan beracun. Selama ada di dalam lingkaran itu, kamu mungkin pernah merasa kesulitan untuk melepaskan diri dari hubungan itu dan bertanya-tanya apakah sudah waktunya untuk mulai hubungan lagi?

Keluar dari hubungan seperti itu adalah satu hal tersulit yang harus kamu lakukan, karena itu bisa membuat kamu hancur dan kelelahan. Sementara berkencan setelah hubungan yang beracun bisa menjadi rumit.

Nah, untuk menyiapkan diri kamu memulai hubungan setelah berhasil keluar dari toxic relationship, kamu bisa mengikuti empat cara ini:

Kamu tahu apa yang salah

Bagian terpenting dari memulai kencan setelah berhasil keluar dari hubungan yang beracun adalah memahami apa yang terjadi yang membuat hubungan kamu menjadi beracun.
Kamu tahu apa yang salah/freepik.com

Bagian terpenting dari memulai kencan setelah berhasil keluar dari hubungan yang beracun adalah memahami apa yang terjadi yang membuat hubungan kamu menjadi beracun. Perlu diketahui juga, bahwa toksisitas itu ada pada diri kamu dan pasangan.

Pasangan kamu mengendalikan dan kamu membiarkan dia mengendalikannya, jadi toksisitas ini bukanlah kesalahannya tetapi kombinasi dari pelecehan dan kamu membiarkan itu berlanjut. Mengetahui bahwa dia adalah bagian dari apa yang terjadi, tetapi itu tidak sepenuhnya salahnya membuatnya lebih siap untuk membiarkan orang lain masuk ke dalam hidupnya.

Ketika kamu tahu bahwa kamu bisa mengubah perilaku dan reaksinya, itu mungkin akan menyelamatkan hubungan kamu di masa depan agar tidak menjadi toxic relationship.

Kamu memperhatikan tanda bahaya

Dalam toxic relationship, mungkin kamu sudah melihat ada banyak tanda bahaya tetapi kamu membiarkannya karena rasa cinta dan percaya kamu bisa memperbaikinya.
Kamu memperhatikan tanda bahaya/freepik.com

Dalam toxic relationship, mungkin kamu sudah melihat ada banyak tanda bahaya tetapi kamu membiarkannya karena rasa cinta dan percaya kamu bisa memperbaikinya. Padahal cara kamu itu salah.

Jadi untuk ke depannya, pastikan kamu bersedia mengenali tanda bahaya dan menindak lanjutinya. Hanya dengan melakukan itu kamu bisa menemukan tipe orang yang bisa memberi kamu hubungan sehat yang kamu cari.

Tidak lagi terobsesi dengan mantan

Cara yang satu ini mungkin sulit, karena setelah berpisah dengan mantan yang telah menjalin hubungan cukup lama kamu pasti masih memikirkannya.
Tidak lagi terobsesi dengan mantan/freepik.com

Cara yang satu ini mungkin sulit, karena setelah berpisah dengan mantan yang telah menjalin hubungan cukup lama kamu pasti masih memikirkannya. Berpikir tentang mengambil resiko, menempatkan diri kamu kembali di luar sana dan memulai dari awal secara alami akan membuat kamu memikirkan keamanan relatif mantan kamu.

Sangat penting kalau kamu siap untuk berkencan lagi setelah hubungan yang beracun, kamu harus melepaskan mantan kamu. Tidak apa-apa jika masih memikirkannya, tetapi obsesi yang kamu rasakan tentang mereka perlu kamu redakan.

Karena kalau kamu masih terobsesi dengan mantan ketika mulai bertemu dengan orang baru, kamu hanya akan membandingkan mereka dengan teman kencan kamu dan langsung menutup diri. Kemungkinan besar kamu hanya akan mengingat bagian-bagian baik dari toxic relationship dan kamu akan mencari bagian-bagian itu dalam diri orang baru.

Merasa nyaman dengan diri sendiri

Jika kamu sedang berjuang dengan masalah ini, penting untuk melakukan suatu kegiatan agar merasa lebih baik tentang diri kamu sendiri.
Merasa nyaman dengan diri sendiri/freepik.com

Ketika kamu keluar dari toxic relationship, kamu sering merasa sangat buruk tentang diri sendiri. Pelecehan dan penyiksaan selama menjalin hubungan itu telah membuat kamu percaya bahwa kamu jelek, tidak dapat dicintai dan tidak berharga.

Jika kamu sedang berjuang dengan masalah ini, penting untuk melakukan suatu kegiatan agar merasa lebih baik tentang diri kamu sendiri. Habiskan waktu bersama orang-orang yang mencintai kamu,  dan lakukan hal-hal yang selalu ingin kamu lakukan.

Ingat, jangan terobsesi dengan masa lalu kamu yang buruk tetapi lihatlah ke masa depan dan jaga diri kamu sendiri. Jika kamu merasa nyaman dengan diri sendiri saat kembali ke dunia kencan, kamu juga akan menari tipe orang yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id