sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sudah Pacaran 7 Tahun? 3 Kesedihan Ini Mungkin Kamu Rasakan

Jovita | Rabu, 10 Jun 2020 17:30 WIB
Sudah Pacaran 7 Tahun? 3 Kesedihan Ini Mungkin Kamu Rasakan
caption

Sebagian kesedihan dalam berpacaran justru baru muncul ketika kamu sudah lama menjalin hubungan tersebut. Setelah menjalani hubungan asmara dalam jangka waktu yang panjang, kamu mungkin akan merasakan beberapa hal berikut.

1. Sadar tidak benar-benar cinta

image
Menyadari Kamu Tidak Sesungguhnya Cinta/ Foto: Pixabay.com

Kesedihan pacaran lama yang mungkin dialami ketika sudah menjalani pacaran 7 tahun adalah kamu mulai menyadari bahwa kamu tidak benar-benar mencintai pasanganmu. Hal ini tentu saja menakutkan.

Hubungan asmara memiliki sifat yang begitu kompleks. Saat seseorang memutuskan untuk berpacaran, ada banyak hal selain cinta yang bisa menjadi alasan untuk menjalani hubungan asmara, seperti perasaan suka, kagum, simpati, bahkan rasa sepi.


Setelah lama menjalani hubungan tersebut, kamu mulai mempertanyakan kepada diri secara terus menerus, seperti “apakah aku benar-benar mencintainya?”. Jika kamu bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan ini, kemungkinan besar yang kamu rasakan bukanlah cinta yang sesungguhnya, Ladies.

2. Sadar bahwa kamu tidak cocok dengannya

image
Menyadari Banyak Perbedaan yang Membuatmu Tidak Cocok dengan Pasangan/ Foto: Pixabay.com

Setelah pacaran 7 tahun, mungkin akan ada ketidakcocokan yang timbul antara kamu dan kekasih. Saat baru mulai berpacaran, kamu mungkin merasa bahwa pasanganmu adalah sosok sempurna yang selama ini dicari. Kamu bahkan sudah membayangkan hubungan asmara yang indah dan bahagia antara kamu dan pasangan. 

Tetapi semakin lama mengenalnya, kamu justru mulai merasakan kesedihan pacaran lama. Hubungan asmara tersebut mulai diterpa badai. Kamu jadi sering berdebat dan bertengkar dengan pasangan karena berbagai hal, dari masalah besar hingga yang remeh-temeh. Hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing pihak. 

Perbedaan sebenarnya merupakan hal yang wajar dalam suatu hubungan asmara, asalkan kedua belah pihak mau saling menerima dan memahami. Jika tidak, hubungan pacaran 7 tahun pun bisa kandas juga.


3. Menjadi tidak berani berkomitmen lebih serius

image
Takut Akhirnya Berkomitmen/ Foto: Pixabay.com

Terakhir, kesedihan pacaran lama yang mungkin terjadi adalah pasangan menjadi ragu dan takut untuk melanjutkan hubungan asmara ke tahap yang lebih serius. Awalnya, kamu dan pasangan mungkin memulai hubungan karena perasaan saling suka tanpa berpikir ke jenjang yang lebih serius.

Namun, setelah 7 tahun berpacaran, kamu merasa hubungan tersebut hanya berjalan di tempat. Kamu pun meminta kekasihmu untuk melanjutkan ke tahap yang lebih serius, seperti pernikahan. 

Namun sayangnya, lama waktu berpacaran tidak menjamin seseorang untuk siap melanjutkan ke tahap yang lebih serius. Bisa jadi pasanganmu masih merasa ragu, masih ingin menikmati masa muda, serta tidak siap dengan ikatan dan tanggung jawab lebih besar. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id