sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Trauma Cinta Bikin Susah Move On? Kenali Tanda-Tandanya!

Fahira mahza | Rabu, 19 May 2021 14:30 WIB
Trauma Cinta Bikin Susah Move On? Kenali Tanda-Tandanya!
caption

Putus cinta memang menyakitkan dan tak jarang menambah pikiran. Untuk move on dari suatu hubungan, bisa dibilang bukanlah hal yang mudah dilakukan seketika. Butuh proses yang panjang untuk sampai ke titik dimana bisa merelakan dan melepaskan masa lalu.

Bagi sebagian orang, putus cinta dapat menimbulkan luka dan trauma. Ketika hubungan tersebut berakhir, maka hal-hal yang berada dalam hubungan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya trauma pada seseorang. Trauma ini dapat membuat orang tersebut tak bisa lepas dari masa lalunya dan berakhir dengan tidak bisa move on ataupun melanjutkan hidupnya.

Mungkin terlihat sepele, namun, tak jarang orang-orang tidak menyadari tanda-tanda trauma tersebut. Inilah tanda-tanda trauma penyebab susah move on yang harus kamu tau!

Menarik Diri dari Lingkungan 

Menarik Diri dari Lingkungan
Menarik Diri dari Lingkungan/foto: freepik.com

Ketika kamu cenderung menarik diri dari lingkungan sesudah putus cinta, itu bisa jadi kamu mengalami trauma loh. Hal ini biasanya terjadi karena kamu belum terbiasa akan kesendirianmu sehingga kamu cenderung merasa kesepian dan akhirnya menarik diri dari lingkunganmu. 

Sulit Berkomitmen Kembali 

Sulit Berkomitmen Kembali
Sulit Berkomitmen Kembali/foto: freepik.com

Setelah putus cinta, biasanya seseorang akan sulit untuk memulai hubungan kembali. Ini biasanya terjadi karena kamu trauma akan mengalami kegagalan yang sama seperti hubunganmu yang lalu. Kamu akan cenderung sangat berhati-hati ketika seseorang menawarkan hubungan padamu. 

Sering Menyalahkan Diri atas Putusnya Hubungan

Sering Menyalahkan Diri atas Putusnya Hubungan
Sering Menyalahkan Diri atas Putusnya Hubungan/foto: freepik.com

Ketika kamu sering menyalahkan dirimu atas putusnya hubungan kamu dengan pasangan, ini masuk ke dalam kategori trauma loh. Karena kamu masih mengharapkan pasanganmu kembali dan kamu selalu berpikir putusnya hubunganmu disebabkan karena dirimu. Kamu pun terus menerus menyalahkan diri atas putusnya hubungan kamu dengan pasangan.

Merasa Kurang Percaya Diri

Merasa Kurang Percaya Diri
Merasa Kurang Percaya Diri/foto: freepik.com

Kamu biasanya kurang percaya diri ketika putus cinta? Hati-hati loh, itu salah satu trauma ketika kamu putus cinta. Biasanya hal ini terjadi saat pasanganmu memutuskan hubungan dengan alasan kamu kurang menarik lagi. Kata-kata tersebut membuat kamu merasa kurang percaya diri. 

Sering Mengingat Kenangan Buruk Bersama Mantanmu 

Sering Mengingat Kenangan Buruk Bersama Mantanmu
Sering Mengingat Kenangan Buruk Bersama Mantanmu/foto: freepik.com

Sering mengingat kenangan buruk yang terjadi ketika kamu masih menjalani hubungan bersama mantanmu termasuk salah satu trauma akibat putus cinta. Kenangan buruk ini biasanya terus menerus terputar dalam pikiran kamu karena kamu masih terjebak dalam hubunganmu dengan mantan. 

Itulah beberapa tanda bahwa kamu mengalami trauma akibat putus cinta. Untuk itu cobalah melakukan hal-hal positif seperti hangout bersama teman dan self love. Semangat ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id