sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Hal yang Bisa Dipelajari Tentang Cinta dari Toxic Relationship

Intan Dwi | Sabtu, 24 Apr 2021 16:00 WIB
5 Hal yang Bisa Dipelajari Tentang Cinta dari Toxic Relationship
caption

Apakah kamu tengah berjuang dengan hubungan yang buruk atau beracun?  Mungkin bagi kamu yang terjebak dalam hubungan tidak sehat ini merasa tidak bahagia dan buang-buang waktu untuk pasangan seperti itu.

Lalu kamu pun bertanya-tanya, “apakah kamu akan pernah menemukan orang yang tepat?”. Memang toxic relationship atau hubungan beracun sangat tidak sehat dan buruk. Tetapi ada banyak pelajaran hidup tentang cinta yang bisa kamu pelajari dari hubungan ini untuk menjalani hubungan selanjutnya.

Berikut ini adalah lima hal bisa kamu pelajari tentang cinta dari toxic relationship.

Mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan

Satu pelajaran yang bisa dipetik dari berada dalam toxic relationsip adalah apa yang tidak boleh dilakukan ketika menjalin hubungan lagi.
Mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan/freepik.com

Satu pelajaran yang bisa dipetik dari berada dalam toxic relationsip adalah apa yang tidak boleh dilakukan ketika menjalin hubungan lagi. Karena banyak dari kita memiliki perilaku yang kita ulangi dalam setiap hubungan dan banyak dari kita berada dalam toxic relationship karena hal itu.

Hal-hal yang cenderung dilakukan orang dalam hubungan yang tidak sehat adalah mereka cenderung mempersonalisasi hal-hal yang terjadi dalam suatu hubungan dan bersikap agresif pasif dan bermusuhan.

Ini hanyalah dua perilaku yang menggagalkan banyak hubungan, masih ada yang lainnya. Jadi perhatikan baik-baik ada peran kamu dalam hubungan ini, karena hubungan tidak sehat jarang terjadi karena perilaku satu orang.

Cari tahu sifat yang kamu inginkan dari seorang pasangan

Salah satu pelajaran paling jelas untuk dipelajari dari hubungan yang buruk adalah apa yang sebenarnya kamu inginkan dari seorang pasangan.
Cari tahu sifat yang kamu inginkan dari seorang pasangan/freepik.com

Salah satu pelajaran paling jelas untuk dipelajari dari hubungan yang buruk adalah apa yang sebenarnya kamu inginkan dari seorang pasangan. Bahkan ketika kita bersama orang-orang toxic, kita benar-benar mulai melihat dengan sangat jelas kekurangan mereka.

Oleh karena itu, memahami apa yang idealnya kalian inginkan kamu pun bisa bertanggung jawab dengan hubungan yang kamu jalani. Jadi apa yang kamu inginkan dari seorang pasangan, lebih baik untuk mencatatnya dan sering-seringlah merujuknya.

Sadarilah seberapa kuat diri kamu

Dengan memiliki kekuatan untuk melepaskan cinta yang tidak melayani kamu, kamu mendapatkan kembali kekuatan kamu sendiri.
Sadarilah seberapa kuat diri kamu/freepik.com

Bagi kalian yang selamat dari hubungan tidak sehat, kalian tahu seberapa kuat diri kamu. Dengan memiliki kekuatan untuk melepaskan cinta yang tidak melayani kamu, kamu mendapatkan kembali kekuatan kamu sendiri.

Kekuatan itu yang mungkin telah hilang dalam pergulatan yang merupakan hubungan buruk kamu. Mungkin sangat sedih dan sulit ketika harus melepaskan hubungan yang tidak sehat, tetapi seseorang yang merasa kuat mampu melakukannya dan kamu akan merasa lebih kuat dari sebelumnya.

Pelajari seperti apa red flag (tanda bahaya) hubungan itu

Red flag atau tanda bahaya merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang buruk di depan, terkadang itu jelas terlihat tetapi terkadang tidak.
Pelajari seperti apa red flag (tanda bahaya) hubungan itu/freepik.com

Red flag atau tanda bahaya merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang buruk di depan, terkadang itu jelas terlihat tetapi terkadang tidak. Masih seringkali orang mengabaikannya, dan ketika kamu melakukannya, hal buruk terjadi.

Beberapa tanda bahaya yang halus dalam hubungan tidak sehat, ketika dia sering membicarakan mantannya atau menolak membicarakan sesuatu yang sulit. Tanda yang lebih jelas, ketika dia menyatakan bahwa dia tidak ingin hubungan yang serius.

Tanda bahaya dalam hubungan mungkin kalian sering melihatnya, tetapi kalian mengabaikannya atau membenarkannya. Semoga, dengan hubungan yang tidak sehat akan membantu kamu menyadari tanda bahaya itu akurat. Kamu juga bisa memperhatikannya di awal, dan kamu bisa terhindar dari banyak rasa sakit.

Melepaskan berarti tidak menyerah

Ketahuilah bahwa kamu dapat melepaskan cinta yang tidak melayani kamu dan melanjutkan kehidupan kamu setelahnya, kamu sudah melakukan yang terbaik.
Melepaskan berarti tidak menyerah/freepik.com

Banyak orang yang berjuang untuk melepaskan cinta dari toxic relationship, meski sulit tetapi mereka harus melakukannya. Jika ada dua orang dalam suatu hubungan dan selama kamu adalah satu-satunya yang berusaha atau upaya yang kalian berdua tidak berhasil, maka lepaskan.

Karena kamu hanya dapat mengontrol upaya kamu sendiri, hanya kamu yang bisa menyelesaikan masalah itu, tetapi kamu tidak dapat mengontrol orang lain. Jadi, kalau kamu berjuang untuk menyerah, jangan!

Ketahuilah bahwa kamu dapat melepaskan cinta yang tidak melayani kamu dan melanjutkan kehidupan kamu setelahnya, kamu sudah melakukan yang terbaik.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id