sign up SIGN UP

VOX POPULI BEAUTYNESIA

Vox Populi: Fenomena Split Bill Saat Kencan Pertama Tiba, Apa Kata Mereka?

Rini Apriliani | Selasa, 31 Aug 2021 14:45 WIB
Vox Populi: Fenomena Split Bill Saat Kencan Pertama Tiba, Apa Kata Mereka?
Jakarta -

Split bill adalah tindakan membagi tagihan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih ketika sedang berada dalam satu pertemuan. Sederhananya, masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah ini dengan bayar masing-masing atau patungan.

Di Indonesia, budaya split bill untuk konteks kencan pertama sering kali dianggap budaya baru yang masih terasa asing bahkan kurang etis jika dilakukan. Padahal di Amerika Serikat sendiri, split bill telah ada sejak tahun 1960-an, tepatnya era feminisme gelombang kedua. Dimana perempuan Amerika menolak dan mengungkapkan jika dibayarkan penuh oleh orang lain terkesan tidak sopan.

Split Bill Saat Kencan PertamaSplit Bill Saat Kencan Pertama/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Lalu, apa jadinya jika kamu diajak split bill saat pertemuan pertama atau kencan pertama dengan seseorang?

Sebelumnya, tim Beautynesia telah membuat voting atau pemilihan suara untuk mengumpulkan suara-suara pembaca dari Beautynesia.id. Dan, ini adalah pendapat mereka terkait 'Split Bill Saat Kencan Pertama Tiba'.

Tim Pro Split Bill

Split Bill Saat Kencan PertamaSplit Bill Saat Kencan Pertama/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Beautynesia menghubungi beberapa pembaca untuk dimintai opini atau pandangan lebih lanjut terkait fenomena ini. Berikut pandangan mereka yang pro atau tidak mempermasalahkan split bill saat kencan pertama:

"Aku setuju-setuju aja split bill karena aku punya uang sendiri. Jadi nggak perlu lagi diiming-imingi pake uang dia," ujar pemilik akun @allyavy ketika dihubungi via direct message Instagram.

"Kalo aku pribadi nggak masalah sama sekali. Karena belum ada kewajiban dia ngebayarin semuanya sih, dan ya kalo seandainya dikasih bukan minta baru deh gapapa gitu. Soalnya aku mikirnya ya emang nggak perlu gitu aja, baru jg jalan pertama kali masa udah membebani bill ke orang lain," kata pemilik akun Instagram @vanyaxfebri.

"Split bill pas kencan pertama ya nggak masalah, namanya baru kenal, baru ketemu istilahnya. Kita ketemu temen gitu aja deh, jadi kalo kita selalu berharap dibayarin itu percaya diri banget jatohnya," kata @http.galibra.

"Iyaaa gapapa kok kalau split bill di pertemuan pertama, walaupun dia duluan yg ngajak but it's okay for me... Ketika dia ngajak pasti kan ada persetujuan dari gue nya, dalam artian gue juga menginginkannya jadi gue juga berhak bertanggung jawab sama pengeluaran diri gue sendiri, karena gue ingin. Yang terpenting jujur, dia berani bilang "kita split bill ya" itu udh cukup gue bakal menghargai daripada sok-sok mampu bayarin tapi ternyata dia kesiksa pas pulang wkwkw. Pokonya prinsip itu bisa dibicarakan," tambah Rimanda.

Dari beberapa opini di atas, sejatinya perempuan tidak terlalu mempermasalahkan ajakan split bill. Lalu apa tanggapan laki-laki yang sering dikaitkan sebagai pelaku split bill?

"Menurut gue split bill baik kencan pertama atau sampai pertemuan selanjutnya itu nggak masalah sih. Karena kan untuk menjalin hubungan itu sama-sama ya, nggak cuma satu individu aja, jadi ngejalaninnya juga sama-sama. Nggak melulu soal laki-laki terus yang ngebayarin, perempuan juga bisa. Jadi split ya nggak masalah, sama-sama aja," ucap Sidik.

"Gue tim split bill sih, karena sekarang gue belum kerja, nanti pun kalo emang udah kerja juga mending split bill sih menurut gue Karena split bill bisa jadi salah satu cara buat bikin dia tau diri sih ke depannya. Takutnya jadi banyak hal yang merembet nggak tau diri ke depannya, kaya minta dijemput terus atau semacamnya. Jadi split bill dari awal lebih baik," ujar Maykidd.

Tim Kontra Split Bill

Split Bill Saat Kencan PertamaSplit Bill Saat Kencan Pertama/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Selanjutnya, ini adalah pandangan mereka yang kontra dengan split bill saat kencan pertama:

"Kalo first date menurut gue harus laki-lakinya yang bayar. Emang nggak mau kasih kesan yang bagus gitu? Nah baru kalo next jalan lagi gantian gue yang bayar gitu. pokoknya kalo first date udah bayar sendiri2 apalagi minta dibayarin bagi gue kurang ada rasa tanggung jawabnya aja sih," ucap Rajni Gafitri.

"Tapi menurutku kenapa aku nggak setuju dengan split bill di awal pertemuan karena itu salah satu first impression ku terhadap dia sih. Dan juga kayak mau liat bentuk 'tanggung jawab' dia ke depannya akan gimana. soalnya kan dia udah berani nih ajak jalan atau ketemu, ya masa harus patungan sih. nah di sini nih letaknya kalo dia bisa bayarin aku di awal, okeh klik. Bukan karena matre tapi kalo dari aku cara melihat first impression dia itu ya dari awal itu," kata pemilik akun Instagram @haerunisanis.

"Kalo menurut pandangan aku, split bill di first date itu keliatan kurang effort dari si pihak laki-laki. Bukan berarti harus terus-menerus perempuan minta dibayarin, tapi untuk first date kayaknya kurang pas aja kalo dia ngajak split bill. Dia juga lebih harus bertanggung jawab sih menurutku karena nunjukkin kesan pertama yang bakal diinget sama perempuan itu," kata Chyntia.

"Kalo misalkan split bill gitu ya sama aja dong kaya temen biasa? Kan ini ngedate jadi spesial gitu loh? Kalo misalkan udah pacaran baru boleh deh patungan bayarin makan. Tapi kalo first date itu sekalian ngaruh ke first impression laki-lakinya. Dia mau usaha apa nggak. Apalagi kalo first date perempuannya yg bayar full, nggak usah ngedate lagi selanjutnya nanti. Soalnya mau ngedeketin ya harus ada usaha," ujar Tiara.

Dari beberapa opini di atas, perempuan tidak mempermasalahkan untuk split bill di acara kencan selanjutnya. Namun, untuk memberikan kesan pertama pertemuan, peran laki-laki yang membayar sepenuhnya saat kencan lebih mereka inginkan. Lalu, apa pandangan laki-laki yang lebih memilih membayarkan full saat kencan pertama?

"Kalo pandangan gue, pertama kali ketemu itu jadi modal buat kenal si perempuan. Kesan pertama kayaknya penting jadi, kalo pertemuan pertama itu gue usahakan buat bayarin semua. Yaa bayarin pertemuan pertama jadi modal lah buat kita sebagai laki-laki kenal sama dia," kata pemilik akun @dallinih saat dihubungi via direct message, Instagram.

"Kalo first date sih selalu gue yang bayarin, ya karena gue yang ajakin. Apalagi kalo yang emang kita bener-bener pertama ketemu, ya gue bayarin semua aja. Kecuali kalo emang kenal udah lama banget yang konteksnya teman tapi baru first date, bisa aja split bill," kata Vian.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id