sign up SIGN UP

Wajib Tahu: Kehidupan Setelah Pernikahan Nggak Manis Terus! Tapi, Begini Kiat Biar Tetap Harmonis

Fina Prichilia | Sabtu, 30 Oct 2021 15:00 WIB
Wajib Tahu: Kehidupan Setelah Pernikahan Nggak Manis Terus! Tapi, Begini Kiat Biar Tetap Harmonis
caption
Jakarta -

Mungkin di bayangan kamu sekarang yang belum menikah, pernikahan itu sendiri adalah sumber bahagia. Makanya kamu ingin cepat-cepat melaksanakannya.

Hmm.. Realitanya nggak selalu begitu. Malah yang terjadi, kamu bisa merasakan yang sebaliknya. Demikian menurut Lex dePraxis, Relationship Coach di webinar yang diadakan Kencomm, dengan topik Mandiri Finansial & Keluarga Tetap Harmonis, Kamis (28/10).

"Karena mereka menyadari setelah 24 jam tinggal bersama, ada banyak banget perbedaan. Sebelum menikah, tampak baik-baik aja. Tapi setelah menikah, bisa punya pikiran: saya melihat ada banyak sekali ketidakcocokan," katanya.

Nggak heran selama pandemi, justru angka perceraian meningkat, lho! "Kebersamaan yang panjang akan membuka dan mencolok mata akan segala perbedaan, benturan dan ketidakcocokan," tambah Lex.

4 Hal yang Bikin Tambah Runyam

Tanda-tanda bahwa pasangan tidak mencintai lagi/ Foto: Freepik/ YanalyaIlustrasi pasangan lagi tidak harmonis. / Foto: Freepik/ Yanalya

Kemudian ada 4 komunikasi Horseman Gottman yang bila sering dilakukan, bikin pasangan menuju 'jurang'. Lex menyebut ada empat yakni criticsm, defensive, contempt, stonewalling.

Criticsm yakni mengkritik pasangan; Contempt yaitu memandang pasangan sebagai pihak yang lebih rendah/merendahkan; Defensif yaitu membela diri; dan Stonewalling (memblokir atau menolak komunikasi sama sekali ketika ada masalah).

Kiat agar Bisa Harmonis

Tentunya kamu dan pasangan perlu sama-sama sebisa mungkin menghindari empat hal yang telah disebutkan di atas tadi. Selain itu menurut Lex, penting untuk punya kebiasaan melihat dan menyebut hal-hal baik dari pasangan. Meski itu hal yang tampak sederhana banget.

Kayak mengapresiasi dia karena sudah mematikan lampu, tidak menaruh handuk basah di kursi, memuji pakaian yang ia kenakan, dan sebagainya.

"Kita biasanya, kebalikannya. Ada yang bagus kita diam tapi ketika misal dia lembur kelamaan, balas pesan lama, kita ngomelnya lama," kata Lex.

Di masa pandemi ini, sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, salah satu caranya adalah dengan berpelukan bersama pasangan setelah berhubungan intim.Pentingnya menjaga keharmonisan saat sudah menikah. /Foto: freepik/prostooleh

Kamu dan pasangan juga bisa menerapkan '5:1' artinya tiap satu kesalahan atau hal kamu lakukan secara sadar atau tidak membuat pasangan sedih, kamu bisa menggantinya dengan 5 hal yang membuatnya senang lagi.

Contoh, misal kamu sadar baru mengkritik pasangan, nah kamu sadar nih itu nggak baik. Lalu kamu bisa menggantinya dengan membuat suami merasa baik lagi, seperti menyediakan makanan favorit, memuji pakaian yang ia kenakan, dan sebagainya

Lex menyebut, sejalan dengan kebiasaan di atas, menurut penelitian, hubungan pasangan yang tidak sehat dan perlahan bubar adalah '0,8:1'. Dan '25:1' pasangan yang terus bertumbuh dan bahagia.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id