sign up SIGN UP

FASHION

3 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

S Saraswathi | Jumat, 07 Aug 2020 07:00 WIB
3 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya
caption

Tak sedikit dari kita, sering kali tanpa disadari menggaruk-garuk kepala karena rasa gatal yang tiba-tiba menyerang. Sepertinya ini adalah hal yang sepele, namun ternyata kenyataannya tidaklah sederhana.

Kulit kepala yang gatal itu terjadi karena berbagai macam masalah kesehatan kulit, mulai dari kategori yang ringan hingga cukup parah. Selain itu juga pasti rasa gatal ini akan mengganggu konsentrasi kita dalam menjalani aktivitas harian bukan?

Melalui artikel ini Beautynesia akan menjelaskan mengenai penyebab kulit kepala bisa gatal. Simak terus artikelnya ya!

1. Ketombe

Scratching Head
Scratching Head / www.freepik.com

Untuk masalah kulit yang satu ini, hampir semua dari kita pasti pernah mengalaminya. Kamu bisa menggunakan shampoo yang di dalamnya terdapat kandungan zinc pyrithione atau selenium. Zinc pyrithione adalah anti jamur atau anti fungal yang dapat mengurangi jamur penyebab ketombe dan kulit kepala gatal.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung anti jamur atau anti fungal juga seperti tea tree oil dan minyak zaitun. Oleskan pada bagian kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 5 menit, setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

2. Psioriasis

Scratching Head
Scratching Head / www.freepik.com

Psioriasis adalah kondisi di mana sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering. Psioriasis diduga termasuk dalam masalah yang berkaitan dengan kekebalan tubuh atau sistem imun, biasa terjadi karena stress berlebih. 

Jika kamu mengalami psioriasis dengan gejala ringan hingga sedang, kamu bisa menggunakan sampo yang di dalamnya terdapat kandungan asam salisilat (salicylic acid) dan gunakan minyak atau krim yang mengandung coal tar. Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti cuka apel.

Caranya mudah, campurkan 2 sendok air dan 1 sendok cuka apel, kemudian oleskan pada kulit kepala. Tunggu selama kurang lebih 10 menit, kemudian dengan menggunakan air hangat, bilaslah rambutmu hingga bersih.

3. Kurap

Scratching Head
Scratching Head / www.freepik.com

Kurap adalah salah satu jenis penyakit kulit yang bisa menular, jadi kamu perlu ekstra hati-hati ya. Ada baiknya kamu memeriksakan kondisi ini pada dokter kulit.

Biasanya dokter tersebut akan menyarankan untuk menggunakan shampoo khusus yang dapat menghilangkan kurap ini. Bisa jadi shampoo racikan dari dokter tersebut yang akan ditawarkan.

Gunakanlah shampoo tersebut sesuai dengan anjuran dokter. Selain obat khusus, biasanya dokter akan menyertakan obat untuk diminum yang mengandung griseofulvin dan terbinafine. Jangan asal konsumsi atau beli di apotik ya. Lebih baik konsultasikan dulu pada dokter yang ahli.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id