sign up SIGN UP

LIFE

Psoriasis, Peradangan Pada Kulit Kepala yang Mirip Ketombe

Ranim | Minggu, 08 Sep 2019 10:00 WIB
Psoriasis, Peradangan Pada Kulit Kepala yang Mirip Ketombe
caption
Ketombe terkadang susah dihilangkan dengan shampoo atau obat khusus. Tapi bagaimana kalau tak juga kunjung hilang dan terlihat lebih parah dari keadaan normal ketombe? Wah, tandanya kamu harus waspada dan cari tahu lebih jauh selain ketombe ada apa lagi sih yang kondisinya mirip?

Walaupun tak berbahaya, tapi ketombe pada kulit kepala memang cukup memalukan dan juga bikin repot. Meskipun mudah diatasi, tapi ada juga yang memang cukup menyebalkan yaitu sangat lama menempel dan semakin banyak. Itu bisa terjadi karena penanganan yang salah, atau justru terjadi peradangan pada kulit yang biasa disebut psoriasis. Nah, untuk mengetahui perbedaannya, adalah seperti berikut;

1. Penyebab dan Gejala

Ketombe


Foto: https://www.flatbellybible.com/

Penyebab timbulnya ketombe adalah oleh jamur Malassezia yang bersemayan di kulit kepala. Jamur tersebut berkembang biak dan membuat kulit kepala teritiasi lalu terjadi penumpukan sel kulit mati. Hal tersebut bisa terjadi karena jarang mencuci rambut. Rambut yang kotor, berminyak akan membuat jamur tersebut menghasilkan ketombe.

Penyebab lainnya adalah reaksi alergi terhadap bahan kimia tertentu pada produk-produk perawatan rambut, seperti shampoo atau kondisioner. Untuk ini namanya dermatitis seboroik, yang biasanya ukurannya lebih besar dan berwarna kekuningan dibanding dengan ketombe biasa.



Psoriasis

Perlu diketahui, psoriasis adalah penyakit yang disebabkan oleh auto-immune. Auto-immune ini terjadi saat sistem imun tubuh berbalik menyerang sel yang sehat. Ada banyak penyakit auto-immune, salah satunya adalah psoriasis ini. Untuk psoriasis, tak hanya terjadi di kulit kepala saja. Tapi di seluruh kulit tubuh. Namun ada yang hanya mengalami pada kulit kepala saja, tapi itupun bisa menyebar ke daerah seperti pada dahi, belakang leher, dan juga area telinga.

Cukup sulit menyembuhkan penyakit ini karena hubungannya dengan sistem imun tubuh. Sel kulit yang terlalu cepat tumbuh akan mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang akan terus mengelupas yang terlihat seperti bercak putih keperakan. Gejalanya adalah kulit kepala mengalami peradangan kemerahan dan juga terasa sangat gatal panas. Karena kulit kepala menebal dan kering sampai mengelupas, kulit pun akan berdarah. Hal tersebut akan semakin parah jika si penderita mengalami stress.
Foto: https://www.mumslounge.com.au/

2. Ciri-ciri

Ketombe


Ketombe lebih sering mengganggu penampilan karena ketombe yang kering biasanya bisa sampai berjatuhan ke baju. Serpihan kecil ketombe berwarna putih dan terlihat seperti bubuk. Namun ada juga yang basah, biasanya mengendap pada kulit kepala. Meski tak begitu gatal, terkadang membuat tidak nyaman karena bisa membuat rambut cepat apek.


Foto: https://www.verywellhealth.com/

Psoriasis

Berbeda dengan ketombe, psoriasis di kepala memiliki bentuk fisik yang lebih terlihat jelas dan juga rasanya lebih tidak nyaman. Bentuknya lebih besar dibanding ketombe. Namun meski sudah diatasi dengan shampoo dan perawatan ketombe sekalipun masih tetap ada.

Psoriasis dapat menyebabkan rambut rontok dan mengalami penipisan. Tapi itu terjadi bukan hanya karena psoriasis, tapi juga karena garukan yang kuat, cara menyisir, dan juga produk perawatan rambut yang tidak tepat.


Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

3. Cara Mengatasinya

Ketombe

Perawatan khusus ketombe seperti yang kita semua ketahui adalah dengan menggunakan shampoo yang megandung Z-PTO, yaitu zat kimia yang dapat mengurangi gejala dan mencegah ketombe. Selain itu juga ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menggunakan bahan-bahan alami seperti baking soda, air perasan lemon, dan juga tea tree oil.


Foto: https://www.sebamed.co.uk/

Psoriasis

Karena hubungannya dengan sistem imun, selain menggunakan produk perawatan rambut khusus penderita psoriasis, juga diperlukan perawatan khusus lainnya. Seperti menggunakan salep. Penderita psoriasis juga harus menjaga aktifitas supaya tidak stress. Karena jika stress, makan kondisi akan semakin parah. Penyakit ini kambuhan, jadi apabila terasa berkurang jangan berhenti melakukan perawatan. Terus harus dirawat secara intensif.


Foto: https://www.amazon.com/

4. Tidak Menular


Baik ketombe maupun psoriasis sama-sama tidak menular. Meski ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia, namun hal tersebut tidak bisa menular ke orang lain. Begitu juga psoriasis yang hanya diderita oleh penderita auto-immune itu sendiri.


Foto: Istimewa
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id