sign up SIGN UP

FASHION

5 Bahan yang Dapat Menghilangkan Uban Secara Alami

ira syafira | Kamis, 06 May 2021 09:30 WIB
5 Bahan yang Dapat Menghilangkan Uban Secara Alami
caption
Jakarta -

Memiliki uban di usia muda terdengar cukup menyebalkan, bukan? Padahal, timbulnya uban seringkali dikaitkan dengan penuaan.  Namun, ternyata uban tidak hanya muncul pada kulit kepala orang yang sudah tua, uban juga bisa dialami oleh orang yang masih muda. Kondisi tersebut biasanya dipengaruh folikel atau kantung kecil pelapis kulit, yang bertugas memberikan warna alami pada rambut.

Lapisan tersebut mengalami penuaan, sehingga produksi sel pewarna rambut dari folikel menjadi menurun. Penyebab lain munculnya uban selain pertambahan usia antara lain adalah kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E. Kemudian bisa juga karena faktor keturunan, stress, masalah kesehatan autoimun, kebiasaan merokok, dan lain sebagainya. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara alami untuk menghilangkan uban dapat kamu lakukan dengan bahan sederhana. Berikut beberapa cara yang bisa kamu praktikkan langsung segera. 

Minyak Kelapa dan Perasan Lemon

foto: Minyak kelapa dan perasan lemon/freepik.com
foto: Minyak kelapa dan perasan lemon/freepik.com

Lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B, vitamin C, serta mineral fosfor. Nutrisi tersebut sangat penting untuk memelihara sel-sel pigmen pada folikel rambut dan membantu menghilangkan rambut beruban.

Caranya cukup mudah, kamu bisa campurkan 2 sdt perasan lemon ke dalam 2 sdm minyak kelapa. Aduk rata dan panaskan selama beberapa detik hingga hangat. Setelah itu, pijatkan campuran ini ke kulit kepala kalian dan usapkan pada rambut secara merata. Biarkan selama 30 menit agar nutrisinya terserap dengan sempurna. Selanjutnya bilas rambut dengan sampo dan kondisioner. 

Lemon dan Bawang Merah

foto: Lemon dan bawang merah/id.pinterest.com
foto: Lemon dan bawang merah/id.pinterest.com

Tidak hanya bisa dikombinasikan dengan minyak kelapa, lemon juga bisa kamu gabungkan dengan bawang merah untuk mengatasi uban, lho. 

Cara yang bisa kamu lakukan adalah, campurkan 3 sdt ekstrak bawang merah dengan 2 sdt perasan air lemon. Setelah teraduk rata, oleskan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Kamu bisa lakukan cara itu sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selain untuk menghilangkan uban, lemon dan bawang merah ini juga efektif untuk mengatasi rambut rontok serta berminyak.

Teh Hitam

foto: Teh hitam/freepik.com
foto: Teh hitam/freepik.com

Teh hitam memiliki khasiat yang mampu memberikan antioksidan pada rambut, dan membantu menghambat pertumbuhan uban. Bukan hanya itu, teh hitam juga dianggap bisa membantu menggelapkan warna rambut dan membuatnya berkilau.

Jika kamu ingin melakukannya, seduhlah 2 sdt teh hitam dalam cangkir dan dinginkan. Kemudian, saring seduhan tersebut dan oleskan pada rambut serta kulit kepala. Pijat kuli kepalamu selama beberapa menit, dan diamkan teh hitam di rambut kamu selama 1 jam. Terakhir, bilas rambut hingga bersih dan lakukan 2-3 kali seminggu untuk atasi ubanmu. 

Salam Koja (Daun Kari)

foto: Salam Koja (daun kari)/id.pinterest.com
foto: Salam Koja (daun kari)/id.pinterest.com

Salam Koja atau dikenal juga sebagai daun kari, ternyata juga dapat membantu memulihkan pigmen melanin di folikel rambut sehingga membuat warna rambutmu kembali. Selain itu, daun dengan kandungan vitamin B ini juga bermanfaat unruk pertumbuhan rambut serta vitamin pigmentasi. 

Caranya gampang, kamu bisa rebus segenggam salam koja dengan 3 sdm minyak kelapa. Lalu, sisihkan hingga dingin dan saring minyak tersebut. Pijatkan pada kulit kepala selama 15 menit dan usapkan merata pada rambut. Kemudian, kamu bisa biarkan selama 30 menit atau bahkan semalaman sebelum dibilas dengan sampo dan kondisioner.

Bawang Bombay

foto: Bawang bombay/freepik.com
foto: Bawang bombay/freepik.com

Siapa sangka nih, ternyata bawang bombay bisa bantu atasi kamu menghilangkan uban? yups, bawang bombay terbukti dapat mengurangi kerontokan rambut.

Penggunaan bawang bombay pada rambut memang masih dianggap awam, pasalnya aroma yang menempel akan sulit hilang. Tapi jika kamu ingin mencoba, maka kamu bisa potong 1 bawang bombay berukuran sedang menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian, campurkan 1 sdm minyak zaitun. Peras kedua bahan menggunakan kain tipis agar ampas tidak terangkat.

Oles dan pijat 10 menit, kemudian biarkan 30-35 menit. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu. 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id