sign up SIGN UP

FASHION

Masih Muda Sudah Beruban? Cobalah 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Lulu Lukyani | Rabu, 07 Apr 2021 11:15 WIB
Masih Muda Sudah Beruban? Cobalah 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!
Ilustrasi masalah rambut putih/Freepik
Jakarta -

Tubuh manusia memiliki jutaan folikel rambut yang melapisi kulit, menumbuhkan rambut, dan pigmen warna. Seiring waktu, folikel akan kehilangan sel pigmen dan tumbuhlah rambut putih atau uban.

Meski demikian, rambut putih tidak hanya dialami oleh orang tua. Ada banyak yang rambutnya mulai memutih di usia muda. Selain usia, ada banyak penyebab rambut memutih, di antaranya adalah kekurangan vitamin, faktor genetik, stres oksidatif, kondisi medis tertentu, dan merokok.

Jika penyebabnya adalah faktor genetik atau usia tua, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah tumbuhnya rambut putih.

Jika kekurangan vitamin atau gaya hidup yang menjadi penyebabnya, rambut putih masih bisa diatasi dan dicegah agar tidak tumbuh semakin banyak. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah cara mengatasi rambut putih:

1. Makan lebih banyak antioksidan

Ilustrasi makan buah.
Ilustrasi makan buah/Freepik

Makanan sangat berpengaruh dalam mencegah rambut putih. Pola makan yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif. Adapun makanan yang kaya antioksidan di antaranya adalah teh hijau, ikan, minyak zaitun, buah, dan sayuran segar.

2. Konsumsi lebih banyak vitamin

Ilustrasi konsumsi suplemen vitamin.
Ilustrasi konsumsi suplemen vitamin/Freepik

Jika rambut putih tumbuh akibat tubuh kekurangan vitamin, solusinya adalah mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung vitamin. Misal, makanan laut, telur, dan daging.

Selain itu, asupan vitamin bisa juga ditambah melalui konsumsi suplemen vitamin yang banyak dijual di pasaran, seperti suplemen vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan sebagainya.

3. Berhenti merokok

Ilustrasi merokok.
Ilustrasi merokok/Freepik

Merokok memiliki efek buruk bagi kesehatan rambut, yakni dapat menghilangkan pigmentasi rabut hingga menyebabkan tumbuhnya rambut putih.

Di samping itu, berhenti merokok juga dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit serius yang menyerang saluran pernapasan.

4. Menggunakan bahan alami

Ilustrasi perawatan rambut.
Ilustrasi perawatan rambut/Freepik

Ada banyak pewarna rambut yang dijual di pasaran yang biasa digunakan untuk menutupi rambut putih. Namun, penggunaan produk pewarna rambut bisa menyebabkan uban prematur hingga mengakibatkan alergi.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengatasi rambut putih secara alami. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut putih adalah teh hitam, almond, cokelat hitam, dan sebagainya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id