sign up SIGN UP

FASHION

5 Cara Merawat Celana Dalam Agar Tak Mudah Melar

Nisrina Salsabila | Kamis, 24 Dec 2020 22:30 WIB
5 Cara Merawat Celana Dalam Agar Tak Mudah Melar
caption
Jakarta -

Meski rupanya tak terlihat dari luar, kamu tetap perlu memperhatikan kebersihan dan kelayakan celana dalam. Merawat celana dalam secara sembarangan bakal membuatnya lebih cepat melar dan merusak bahan, jadi lebih singkat, deh, masa pakainya.

Padahal, celana dalam berfungsi untuk melindungi dan menyerap keringat dari organ vital kita yang sensitif. Walaupun kamu membeli celana dalam yang mahal, jika kamu merawatnya dengan cara yang kurang tepat maka lama kelamaan kualitasnya bakal cepat menurun.

Simak poin-poin berikut untuk mengetahui cara merawat celana dalam dengan benar supaya tak mudah melar dan belel.

1. Pilih Celana Dalam Berbahan Katun

cara merawat celana dalam
Pilih celana dalam berbahan 100% katun/Foto: https://etsy.com

Celana dalam berbahan dasar katun lebih direkomendasikan lantaran bahannya lembut, breathlable, dan mampu menyerap keringat. Perhatikanlah label yang tertera pada celana dalam untuk mengetahui kadar katun yang digunakan, misalnya 100% cotton atau 80% cotton. Tentu saja 100% cotton menjadi bahan terbaik bagi kesehatan miss V. Jadi, jangan mudah tergoda hanya dari model dan motif celana dalam yang lucu, ya!

2. Ukurannya Harus Pas

cara merawat celana dalam
Pastikan ukuran celana dalam pas/Foto: https://warpweftworld.com

Selain pemilihan bahan, ukuran juga harus diperhatikan, nih, Ladies. Bayangkan kalau kamu memakai celana dalam yang kebesaran, pasti nggak nyaman, kan. Apalagi jika kamu menggunakan celana dalam yang kesempitan, itu akan menekan organ vitalmu dan tentunya membuatmu tak leluasa bergerak. Gesekan karet celana yang terlalu ketat pun bisa mengiritasi kulitmu, loh!

3. Pilih Deterjen dengan Kandungan Lembut

cara merawat celana dalam
Deterjen dengan formula lembut/Foto: https://shopee.com/sleekofficial/unileverindonesia/pigeonindonesia

Celana dalam akan bersentuhan langsung dengan kulit miss V yang sensitif. Jadi, disarankan menggunakan deterjen dengan kandungan hipoalergenik yang dibuat untuk kulit sensitif, bebas pewarna atau parfum untuk menjaga kesehatan miss V. Deterjen atau pemutih dengan formula keras bisa merusak serat bahan kain celana dalam. Bahkan, kamu pun bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi atau sampo bayi.

4. Cara Terbaik Mencuci Celana Dalam

cara merawat celana dalam
Cucilah celana dalam dengan tangan/Foto: Pinterest/bhg

Kebiasaan mencuci celana dalam dengan mesin cuci nyatanya berpotensi bikin celana mudah melar, loh! Opsi terbaiknya adalah mencuci celana dalam secara manual menggunakan tangan. Cukup kucek perlahan terutama pada area tengah celana hingga bersih. Selain itu, mencuci celana dalam dengan mencampurnya bersama pakaian kotor lain bisa membuat celana dalam kamu terkontaminasi dengan bakteri dan kuman.

Kemudian, alangkah lebih baik untuk mengeringkan celana dalam cukup dengan diperas. Sebab mesin pengering dapat merusak elastisitas celana dalammu. Terakhir, gunakan suhu panas yang rendah saat menyetrika celana dalam agar karetnya tidak lengket di setrika.

5. Rutin Mengganti Celana Dalam

cara merawat celana dalam
Ganti celana dalam minimal 2x sehari/Foto: Freepik

Celana dalam sangat mudah mengunci kelembapan. Kalau dibiarkan seharian, maka bisa memunculkan bakteri dan jamur penyebab infeksi atau keputihan pada area miss V. Tinggalkanlah kebiasaan jorok membiarkan kotoran, noda kekuningan atau keputihan pada celana dalam seharian. Jadi bukan hanya sekadar 2 kali sehari, tetapi gantilah celana dalam terutama ketika kamu merasa lembap atau basah agar miss V tetap kering. Misalnya, usai kamu berolahraga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id