sign up SIGN UP

LIFE

Bikin Tidur Nyenyak Hingga Awet Muda, Ini Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan

Ayuliy Lestari | Selasa, 15 Dec 2020 20:15 WIB
Bikin Tidur Nyenyak Hingga Awet Muda, Ini Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan
caption

Banyak orang yang memilih tidur mengenakan pakaian lengkap atau paling tidak mengenakan baju tidur. Padahal tidur tanpa pakaian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho! Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menaruh piyama berbentuk kimono agar lebih mudah dikenakan setelah bangun tidur.

Penasaran apa saja manfaat tidur telanjang untuk kesehatan? Simak yuk!

Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat tidur telanjang
Sleep/freepik.com

Saat tidur di malam hari maka suhu tubuh kamu akan menurun. Penurunan suhu tubuh akan membantu mempercepat produksi hormon tidur nyenyak atau melatonin sembari menurunkan tingkat kortisol atau hormon di dalam tubuh. Terkadang proses tersebut bisa terganggu oleh peningkatan panas tubuh karena memakai kain berlapis-lapis saat tidur seperti pakaian dalam, celana pendek hingga baju tidur dan selimut.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat tidur telanjang
Sleep/freepik.com

Tubuh yang kepanasan saat tidur membuat hormon stres, kortisol tetap tinggi sehingga bisa melemahkan sistem imun tubuh. Bahkan juga dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, menurunkan libido hingga mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Sedangkan ketika kamu tidur dengan nyenyak, kekebalan tubuh meningkat dan mampu menurunkan tekanan darah hingga 30%.

Menyehatkan Vagina

Manfaat tidur telanjang
Sleep/freepik.com

Sebenarnya pakaian dalam yang dipakai sehari-hari membuat vagina rentan mengalami iritasi, infeksi dan gatal-gatal. Apalagi jika kamu tidak menggunakan ukuran yang pas atau bahan pakaian dalam yang tidak nyaman. Bahkan perempuan lebih disarankan untuk tidur telanjang karena jamur dan bakteri akan berkembang biak di tempat yang gelap dan lembap.

Dengan tidak memakai pakaian di malam hari, setidaknya kamu bisa meminimalisir adanya bakteri yang berkembang yang sudah ditutup sepanjang hari oleh lapisan pakaian dalam.

Mencegah Infeksi Jamur

Manfaat tidur telanjang
Sleep/freepik.com

Menggunakan pakaian dalam mendorong peningkatan produksi keringat di selangkangan hingga memicu pertumbuhan jamur penyebab infeksi. Sedangkan dengan tidur telanjang, area intim akan bernapas lega dan tetap kering untuk mencegah keringat berlebih terutama di musim panas.

Membuat Awet Muda

Manfaat tidur telanjang
Sleep/freepik.com

Suhu tubuh yang terlalu tinggi saat tidur bisa mengganggu produksi hormon anti penuaan yang bekerja memperbaiki setiap kerusakan di dalam tubuh. Padahal hormon tersebut mampu membantu penyembuhan luka, bintik-bintik bahkan keriput pada kulit. Jadi ketika tidur tanpa pakaian, suhu tubuh akan menurun dan hormon awet muda bisa dilepaskan dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat tidur tanpa pakaian di malam hari. Ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id