sign up SIGN UP

FASHION

5 Cara Merawat Kacamata Supaya Awet dan Tahan Lama

Ratih Dewi | Senin, 26 Apr 2021 12:00 WIB
5 Cara Merawat Kacamata Supaya Awet dan Tahan Lama
caption

Penggunaan kacamata sangat membantu untuk kamu yang memiliki masalah pengelihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, ataupun silinder. Untuk jenis kacamata sendiri ada banyak macamnya.

Lensa kacamata pun beragam jenisnya, semakin tinggi minus atau plus mata kamu semakin tebal lensa yang digunakan dan semakin tinggi juga biaya yang harus dikeluarkannya. Biasanya kita tidak terlalu memperhatikan cara merawat kacamata, yang pada akhirnya kurang dari pemakaian satu tahun sudah tidak nyaman digunakan lagi.

Berikut cara yang tepat untuk merawat kacamata kamu agar lebih awet dan tahan lama pemakaiannya Ladies

1. Memakai dan Melepas Kacamata dengan Dua Tangan

Memakai dan Melepas Kacamata dengan Dua Tangan
Memakai dan Melepas Kacamata dengan Dua Tangan/Foto : freepik.com

Ketika memakai atau melepas kacamata sebaiknya menggunakan kedua tangan, jangan hanya menggunakan satu tangan saja. Jika melakukannya dengan satu tangan, maka sisi kacamata yang satunya akan mudah mengendur dan renggang sehingga tidak nyaman digunakan dan kalau kamu kurang berhati-hati bisa saja patah. 

2. Bersihkan Lensa dengan Rutin

Bersihkan Lensa dengan Rutin
Bersihkan Lensa dengan Rutin/Foto : freepik.com

Jangan lupa membersihkan lesan kacamata dengan rutin, terkadang kita tidak sadar memegang lensa kacamata menggunakan jari sehingga sidik jari tertinggal di kacamata yang membuat tidak nyaman ketika digunakan atau terkena debu atau tetesan air yang membuat lensa menjadi kotor. 

Jika diperlukan kamu seminggu sekali bisa pergi ke optik untuk membersihkan kacamata kamu dan memberikan perawatan lainnya supaya lebih awet umur pemakaiannya. 

3. Gunakan Kain Khusus untuk Kacamata

Gunakan Kain Khusus untuk Kacamata
Gunakan Kain Khusus untuk Kacamata/Foto : freepik.com

Kalau sedang malas biasanya kita membersihkan lensa kacamata menggunakan tisu atau kain seperti kain baju atau kain lainnya yang bukan untuk kacamata. Jika dibiasakan membersihkan lensa kacamata dengan benda seperti itu akan membuat lensa kacamata tidak tahan lama dan mudah tergores. 

Sebaiknya, gunakan kain khusus kacamata untuk membersihkan kacamata seperti microfiber yang lembut dan tidak membuat rusak lensa kacamata. Pastikan juga kamu menggunakan semprotan khusus kacamata dan jangan membersihkan kacamata dalam keadaan kering karena bisa menimbulkan goresan pada lensa kacamata kamu.

4. Simpan Ditempat Kacamata Jika tidak Digunakan

Simpan Ditempat Kacamata Jika tidak Digunakan
Simpan Ditempat Kacamata Jika tidak Digunakan/Foto : freepik.com

Kita pasti sering menaruh asal kacamata kita jika tidak digunakan dan kita lupa atau kesulitan menemukan kacamata kita karena menaruh dengan asal. Jika tidak digunakan, pastikan kamu simpan di tempat kacamata supaya aman tidak tertindih, terjatuh, atau terinjak. Selain itu, menaruh kacamata ditempatnya memudahkan kita untuk mencarinya juga. 

5. Jangan Pakai Kacamata di Kepala

Sering kali kita memakai atau meletakkan kacamata di atas kepala, ketika sedang lelah menggunakan kacamata. Kamu bisa menggunakan tali khusus kacamata jika kamu ingin melepasnya sejenak dan mengistirahatkan mata kamu. Kalau kamu biasakan memakai kacamata di kepala bisa membuat kacamata kamu mudah renggang dan bisa saja patah. 

Ada banyak tali yang dibuat khusus kacamata yang dilingkarkan di leher, selain memudahkan kamu melepas kacamata, kamu yang mudah lupa juga tidak perlu kesulitan mencari kacamata. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id