sign up SIGN UP

FASHION

5 Cara Perawatan Pashmina Plisket yang Benar Agar Tahan Lama

Pavita Sevilla | Minggu, 23 May 2021 11:15 WIB
5 Cara Perawatan Pashmina Plisket yang Benar Agar Tahan Lama
caption
Jakarta -

Pashmina plisket saat ini masih menjadi tren dan merupakan pashmina pilihan banyak orang. Bahannya yang adem, mudah diatur, dan tidak mudah kusut adalah beberapa alasan kenapa pashmina ini sangat digemari. Pashmina plisket memiliki bahan dari ceruti baby doll dan berbentuk kain plisket atau kain yang dilipat-lipat menggunakan alat khusus.

Tidak seperti jenis kerudung lainnya, pashmina plisket membutuhkan perhatian yang lebih khusus dalam perawatannya agar dapat digunakan untuk jangka panjang tanpa adanya perubahan dalam kain tersebut. Simak baik-baik yuk cara perawatan pashmina plisket di bawah ini!

1. Cara Mencuci Pashmina Plisket

Mencuci dengan menggunakan tangan/solusiibuattack.com
Mencuci dengan menggunakan tangan/solusiibuattack.com

Jangan menggunakan mesin cuci apalagi sikat untuk mencuci pashmina plisket karena akan merusak lipatan dan bentuk pashmina. Cukup cuci dengan cara direndam sebentar beberapa menit, setelah itu gosok perlahan dengan tangan sekitar 15-30 detik, lalu bilas untuk menghilangkan sabunnya yang masih tersisa di kain. Selain itu juga, jangan memeras pashmina plisket setelah selesai dicuci.

2. Lebih Disarankan Mencuci dengan Sampo

Ilustrasi sampo/pinterest.com/Our Oily House
Ilustrasi sampo/pinterest.com/Our Oily House

Selain detergen biasa untuk mencuci pakaian, kamu bisa menggunakan sampo untuk mencuci pashmina plisket. Bahkan, penggunaan sampo ini lebih disarankan karena dapat membuat kain tetap bersih dan wangi tanpa membuat kain menjadi kaku.

3. Menjemur Pashmina Plisket

Menjemur pashmina plisket/shopee.co.id
Menjemur pashmina plisket/shopee.co.id

Setelah pashmina dicuci, langkah selanjutnya adalah menjemurnya. Menjemur pashmina plisket juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaiknya, jangan menjemur di tali atau kawat jemuran langsung. Kamu dapat menggunakan hanger untuk menjemurnya.

Sebelum digantung, gulung terlebih dahulu pashmina tersebut. Gantung hanya bagian pinggirannya saja dan jangan gantung pada bagian tengahnya. Ini bertujuan agar tidak ada lipatan lain yang muncul di kain setelah dijemur.

Menjemur pashmina plisket juga disarankan jangan terlalu lama dan jangan di tempat yang terkena panas matahari langsung karena dapat menyebabkan pashmina lama-kelamaan menjadi menyusut serta menghilangkan bentuk lipatan asli.

4. Hindari Menyetrika Pashmina Plisket

Ilustrasi menyetrika kain/tokoinisaja.com
Ilustrasi menyetrika kain/tokoinisaja.com

Pashmina plisket tidak perlu disetrika seperti hijab lainnya karena bahannya yang tidak mudah kusut. Menyetrika pashmina plisket malah berisiko akan merusak lipatan hijabnya dan membuat lipatannya menghilang.

Jika terpaksa harus disetrika, gunakan suhu setrikaan yang paling rendah, ikuti arah lipatan yang sudah ada, dan jangan terlalu ditekan saat menyetrika hijabnya.

5. Cara Menyimpan Pashmina Plisket

instagram.com/samirahijab.id
Cara menyimpan pashmina plisket/instagram.com/samirahijab.id

Terakhir tapi tak kalah penting yaitu bagaimana cara menyimpan pashmina plisket. Lagi-lagi tidak seperti hijab pada umumnya, penyimpanan pashmina plisket ini dilakukan dengan cara menggulung dan mengikatnya pada hanger hijab. Jangan disimpan dengan cara dilipat atau bahkan digantung seperti baju biasa karena akan menimbulkan perubahan lipatan.

Tentunya pashmina plisket akan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang jika mendapatkan perawatan yang benar. Semoga bermanfaat, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id