sign up SIGN UP

5 Tampilan Met Gala 2021 yang Menyuarakan Makna Politis dan Menyikapi Isu di Balik Gaun Glamor, Ada Siapa Saja?

Dimitrie Hardjo | Selasa, 14 Sep 2021 19:45 WIB
5 Tampilan Met Gala 2021 yang Menyuarakan Makna Politis dan Menyikapi Isu di Balik Gaun Glamor, Ada Siapa Saja?
caption

Met Gala 2021 telah berlangsung secara meriah pada Senin (13/9) kemarin. Deretan selebriti dengan kostum glamor dijumpai di setiap sudut Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, sesuai yang diekspektasi dari ajang fashion terbesar. Sorotan publik global yang terpusat pada Met Gala dengan ratusan tamu undangan ternyata juga dimanfaatkan untuk mengaplikasikan freedom of speech lho, Beauties! Bukan hanya untuk mengekspresikan identitas diri, fashion juga menjadi sebuah bahasa non-verbal pembawa pesan yang kuat.

Ajang fashion yang merupakan fundraising untuk Costume Institute Metropolitan Museum of Art itu seakan menjadi sarana untuk membuat statement sekaligus menyikapi isu sosial-politik. Sebagai langkah mengemukakan pendapat, beberapa tamu undangan memilih untuk mengungkapkan suaranya melalui busana yang ia kenakan. Mulai dari politisi, fashion editor, hingga selebritis, mereka menegaskan pendiriannya melalui sematan slogan atau membuat tuntutan untuk pembaharuan ke ranah yang lebih positif. Berikut ini beberapa diantaranya.


1. Alexandria Ocasio-Cortez

Alexadria Ocasio-Cortez/
Alexandria Ocasio-Cortez/ Foto: teenvogue.com

Pada penampilan pertamanya di Met Gala 2021, congresswoman Alexandria Ocasio-Cortez memang tampak mempesona dengan mermaid dress yang dikenakan. Tapi gaun putih karya Aurora James, Creative Director Brother Vellies, yang bernuansa feminin itu justru semakin kuat dengan slogan merah yang berbunyi ‘Tax The Rich’ di bagian belakang gaun. Tulisan yang berarti pungut pajak orang-orang kaya tersebut menyerukan suara sang politisi yang kontroversial. Bukan hanya itu, ia juga membawa clutch dengan tulisan yang sama.

2. Cara Delevigne

Cara Delevigne/
Cara Delevigne/ Foto: vogue.com

Slogan merah yang kontras dengan latar putih akan semakin mencolok, menarik pandangan mata untuk membacanya. Inilah yang dimanfaatkan model berkebangsaan Inggris, Cara Delevigne, pada Met Gala tadi malam. Setelan vest yang terinspirasi dari baju olahraga anggar bertuliskan ‘Peg The Patriarchy’ dan celana putih didesain oleh Maria Grazia Chiuri, selaku creative director Dior membawa pesan kuat tentang feminis dan kesetaraan gender yang ia percayai.

3. Carolyn B. Maloney

Carolyn B. Maloney/
Carolyn B. Maloney/ Foto: vogue.com

Congresswoman lain yang ditemukan tampil ‘berani’ yaitu Carolyn B. Maloney dengan dress-nya bertuliskan ‘Equal Rights for Woman’ terpampang dengan jelas. Dengan gaun istimewa itu, ia bermaksud memperingati sebuah sejarah Amerika di mana Amandemen Ke-19 tahun 1919 tentang hak perempuan untuk melakukan vote berhasil disahkan. Carolyn juga tampak menjinjing tas bertuliskan ‘Era Yes’ yang merupakan salah satu slogan kampanye saat tuntutan hak tersebut dilakukan dahulu.

4. Versha Sharma

Versha Sharma/
Versha Sharma/ Foto: instagram.com/versharma

Editor Majalah Teen Vogue, Versha Sharma turut memanfaatkan kesempatan tampil di Met Gala untuk menyatakan pendapatnya akan sebuah isu pelarangan aborsi di Texas, Amerika Serikat. Karenanya, ia menyematkan tulisan ‘Protect Roe; Kill The Filibuster’ pada aksesori tas yang ia kenakan bersama dengan dress burgundy karya Prabal Gurung. Tulisan tersebut bermaksud untuk menjaga hak-hak reproduksi perempuan.

5. Billie Eilish

Billie Eilish/
Billie Eilish/ Foto: vogue.com

Walaupun mengenakan ball gown cantik kreasi Oscar de la Renta, Billie Eilish sempat ragu untuk berkolaborasi dengan desainer yang menggunakan material hewani. Ya, selama ini Oscar de la Renta kerap menggunakan bulu-bulu hewan untuk merancang gaun indahnya. Mereka pun bernegosiasi dengan tim desainer untuk menghentikan pembuatan pakaian menggunakan bulu hewan. Berkat Billie Eilish, mereka pun mencapai kesepakatan dan membawa rumah mode Oscar de la Renta ke ranah fur-free dan cruelty-free.

 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id