sign up SIGN UP

FASHION

5 Tips Memilih Pashmina Sesuai Bentuk Wajah

ira syafira | Sabtu, 27 Mar 2021 17:30 WIB
5 Tips Memilih Pashmina Sesuai Bentuk Wajah
caption
Jakarta -

Bukan hanya sebagai bentuk identitas perempuan muslim, menggunakan hijab merupakan anjuran wajib yang harus patut dikerjakan oleh seorang muslimah. Saat ini, penggunaan hijab sudah semakin beragam mengikuti tren fashion masa kini.

Dalam mengikuti tren tersebut, kalian perlu memperhatikan bagaimana cara yang benar saat menggunakan hijab. Seringkali, muslimah kesulitan untuk memilih model hijab yang sesuai dengan bentuk wajah mereka. Belakangan ini, banyak muslimah yang memilih untuk menggunakan pashmina karena tampaknya sedang kekinian. Nah, saat hendak memilih pashmina, sebaiknya kamu perhatikan bahan yang cocok untuk bentuk wajahmu juga. Karena jika salah, penampilanmu bisa-bisa tidak sesuai harapan.

Oleh karena itu, Beautynesia udah siapin lima tips untuk memilih pashmina yang sesuai dengan bentuk wajah kamu.

Pashmina untuk Bentuk Wajah Oval

foto: pashmina oval/instagra.com/@aghniapunjabi
foto: pashmina oval/instagra.com/@aghniapunjabi

Pemilik wajah oval sepertinya patut berbahagia, pasalnya semua gaya hijab nampak akan cocok di wajah kamu. Wajah oval memiliki bentuk lengkungan khas pada bagian dagu dan dahi. Lengkungan tersebut membuat wajah terlihat proporsional dan cantik.

Meskipun cocok dengan semua gaya hijab, akan lebih baik untuk kamu memilih pashmina yang berbahan satin atau bahan kain yang jatuh. Gunakan dengan gaya yang simpel dan jangan menumpuk hijab pada bagian belakang. Selain bahan dan penggunaan, untuk warna kamu bebas memadu padankan dengan outfit yang kamu kenakan.

Pashmina untuk Bentuk Wajah Bulat

foto: pashmina bulat/instagram.com/@strngrrr
foto: pashmina bulat/instagram.com/@strngrrr

Sebetulnya untuk hal ini, biasanya pemilik wajah bulat enggan untuk memakai pashmina. Terkadang penggunaan pashmina akan membuatnya terlihat semakin chubby. Padahal, untuk wajah bulat ini ada beberapa cara tersendiri supaya wajah terlihat tirus saat menggunakan pashmina.

Cara pertama, cobalah untuk memilih pashmina dengan bahan kain sifon. Kemudian kamu bisa tambahkan inner hijab berbentuk melengkung, dan bukan yang datar. Untuk memberi kesan lonjong dan panjang pada wajahmu, coba untuk menarik inner hijab hingga menampilkan dahi. Pada bagian pipi, uraikan sisi hijab supaya wajah menghasilkan ilusi tirus. Sebagai aksesoris, kamu bisa tambahkan kacamata.

Pashmina untuk Bentuk Wajah Segitiga

foto: pashmina segitiga/instagram.com/@nismabahanan
foto: pashmina segitiga/instagram.com/@nismabahanan

Bentuk wajah segitiga memiliki bentuk kotak pada sisi rahangnya, namun dagunya terlihat lebih panjang. Oleh karenanya, jika ingin mengenakan pashmina harus mengikuti beberapa trik agar bentuk wajah terlihat proposional.

Caranya mudah, kamu bisa runcingkan bagian atas pashminamu, karena jika dibuat datar atau melengkung maka dagumu akan terlihat lebih panjang. Usahakan untuk bagian runcing tadi tidak menyentuh inner hijabmu. Kemudian kamu bisa gulung sisanya pada bagian leher agar bagian bawah dagu terlihat lebih berisi.

Pahsmina untuk Bentuk Wajah Berlian

foto: pashmina berlian/instagram.com/@hamidahrachmayanti
foto: pashmina berlian/instagram.com/@hamidahrachmayanti

Kalian yang belum familiar dengan bentuk wajah berlian, bentuk wajah ini biasanya ditandai dengan tulang pipi yang tinggi dan juga dagu yang lancip. Bentuk wajah ini hampir bisa dikatakan perpaduan antara oval dan segitiga. Jadi, untuk hal memilih pashmina, mereka tampaknya cocok menggunakan semua jenisnya.

Kemudian untuk cara memakainya, coba perhatikan inner yang digunakan dan pastikan dibentuk sedatar mungkin. Lalu tarik hijabmu hingga menampilkan seluruh pipi, supaya bagian bawah wajah terlihat lebih lebar. Untuk opsi modelnya, kamu bisa sampirkan pashminamu hingga menutup bagian dada.

Pashmina untuk Bentuk Wajah Kotak

foto: pashmina kotak/id.pinterest.com/hautehijab
foto: pashmina kotak/id.pinterest.com/hautehijab

Bentuk wajah kotak biasanya memiliki garis wajah yang lurus dan tegas. Sehingga jika kamu salah menggunakan pashmina, maka tampilan hijabmu akan terlihat tidak rapi dan susah untuk pas di wajah.

Agar tidak terjadi demikian, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan hijab dengan bahan katun. Hindari penggunaan hijab berbahan spandek, karena akan membuat tulang pipimu terlihat kotak tegas. Gunakan inner yang berbentuk melengkung. Saat memakai pashmina, tarik ke arah belakang supaya tampilanmu akan lebih elegan. Selain itu, usahakan untuk menghindari warna yang mencolok, penggunaan aksesoris yang terlalu banyak, dan hindari motif yang terlalu bercorak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar tampilan hijabmu lebih cantik dan elegan. Namun, perlu diketahui bahwa bentuk wajah apapun bukan masalah dalam penggunaan hijab. Hal terpenting ialah, tetap menutup aurat dan nyaman saat menggunakan hijab tersebut.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id