sign up SIGN UP

MUSLIM

Tips Menggunakan Pleated Pashmina yang Kekinian agar Tetap Nyaman dan Stylish

tyana | Senin, 15 Mar 2021 15:00 WIB
Tips Menggunakan Pleated Pashmina yang Kekinian agar Tetap Nyaman dan Stylish
caption

Sekarang ini hijab bukan hanya sebagai identitas seorang muslim, tetapi juga telah menjadi tren fashion. Tren fashion hijab juga terus berkembang dan berinovasi agar selalu membuat penggunanya nyaman dan stylist, mulai dari hijab instan yang mudah digunakan hingga pashmina yang mudah dibentuk sesuai dengan style yang diinginkan. 

Pleated pashmina menjadi salah satu item hijab yang banyak dicari sekarang ini. Bukan tanpa alasan pashmina jenis ini banyak disukai, modelnya yang cantik dan juga pleated sendiri sedang menjadi trend sekarang ini. Pleated merupakan lipatan pada kain yang membuat kain lebih bertekstur.

Tertarik untuk menggunakan pashmina kekinian ini? Ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan agar tetap stylist dan nyaman digunakan.

Pilih Jenis Kain yang Ringan dan Lembut

Tips Menggunakan Pleated Pashmina yang Kekinaan agar Tetap Nyaman dan Stylish
Pleated Pashmina/instagram.com/hijabic_id/

Awalnya kashmir digunakan untuk bahan pembuatan pashmina. Sayangnya harganya yang mahal membuat harga pashmina menjadi sangat melambung. Olehkarena itu sekarang ini banyak bahan kain lainnya yang digunakan untuk pembuatan pashmina agar tetap terjangkau dan juga nyaman digunakan. 

Ciri khas pleated pashmina  yang berlipat-lipat membuat pashmina ini lebih tebal dan bertekstur. Agar lebih nyaman dan mudah dibentuk disarankan untuk memilih bahan kain yang memiliki tekstur yang ringan, tidak panas dan mudah menyerap keringat seperti bahan katun, voal ataupun sifon. 

Bentuk Sesuai dengan Bentuk Wajah

Tips Menggunakan Pleated Pashmina yang Kekinaan agar Tetap Nyaman dan Stylish
Pleated Pashmina/instagram.com/hijabic_id/

Banyak wanita mengindari menggunakan pashmina karena dinilai sulit untuk dibentuk dan membuat wajah lebih bulat. Pleated pashmina memiliki tekstur lipatan dan lebih tebal yang membuat penggunaan hijab jenis ini lebih effortless dalam penggunaanya. Kita tinggal membentuk pashmina jenis ini sesuai dengan bentuk wajah. 

  • Pashmina untuk Wajah Bulat : Untuk pemilik wajah bulat, bentuk pashmina lepas lebih cocok digunakan. Bukan hanya mudah untuk digunakan karena cukup memadukannya dengan inner hijab dan langsung digunakan dengan menyematkan peniti pada bagian samping atau atas agar tak mudah lepas. Bentuk pashmina ini juga dapat membuat wajah bulat terlihat lebih tirus. 
  • Pashmina untuk Wajah Oval : Pemilik wajah oval dikenal sebagai sahabat dari pashmina, tetapi meskipun begitu untuk pemilih bentuk wajah ini lebih baik menghindari model pashmina yang bertumpuk di atas karena dapat membuat bentuk wajah lebih panjang, apalagi pleated pashina ini lebih tebal daripada jenis lainnya.
  • Pashmina untuk Wajah Kotak : Pemilik wajah kotak juga sangat diuntungkan saat menggunakan saat menggunakan pashmina pleated. Hal ini dikarena bentuk wajah yang tegas dan lurus dapat tertutupi oleh tekstur pleated yang membentuk wajah lebih ideal. Untuk pemilik bentuk wajah ini juga disarankan untuk menggunakan model hijab classic dengan mengikat kedua bagian kebelang. 
  • Pashmina untuk Wajah Hati : Pemilik wajah bentuk ini memiliki ciri khas sisi rahang terlihat kotak dan dagu panjang. Agar terlihat lebih menarik dan stylish model pashmina digulung ke atas sangat cocok digunakan kerena dapat menonjolkan bentuk dagu dan pipi. 

Mix and Match sesuai dengan Style 

Tips Menggunakan Pleated Pashmina yang Kekinaan agar Tetap Nyaman dan Stylish
Pleated Pashmina/instagram.com/hijabic_id/

Pleated pashmina sangat cocok digunakan untuk berbagai acara casual ataupun formal. Tekstur pleated yang tebal membuat pashmina jenis ini lebih cocok dipadukan dengan atasan yang lebih simple dan polos. 

Aksen atasan yang terlalu mencolok dan penuh dapat membuat tekstur pashmina ini tertutupi. Hindari juga untuk menggunakan atasan model kemeja berkerah ataupun blouse dengan ruffle pada bagian depan karena dapat membuat tampilan menjadi menggelembung pada bagian depan. 

[Gambas:Instagram]

Pilih Warna yang Sesuai dengan Skin Tone

Tips Menggunakan Pleated Pashmina yang Kekinaan agar Tetap Nyaman dan Stylish
Pleated Pashmina/instagram.com/hijabic_id/

Hal penting dalam penggunaan pashmina ataupun hijab lainnya agar terlihat lebih menarik, nyaman dan stylist adalah memilih warna sesuai dengan tone kulit. Untuk mengetahui tone kulit kita dapat melihat warna garis tangan kita apabila lebih ke biru berarti memiliki cold undertone, apabila hijab lebih ke warm undertone dan apabila sulit untuk dibedakan maka neutral undertone. 

Pemilik cold undertone akan lebih menarik dan terlihat lebih segar apabila menggunakan warna-warna yang dingin seperti biru muda, silver, ataupun tosca. Untuk pemilih warna warm undertone lebih cocok menggunakan earth color seperti cokelat, hijau tua ataupun maroon. 

Ladies, semoga empat tips menggunakan hijab pleated di atas dapat bermanfaat untuk kamu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tips yang kamu punya di kolom komentar di bawah. Yuk! Sharing pengalaman kamu juga iya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id