sign up SIGN UP

FASHION

7 Tips Jitu Merawat Rambut Saat Musim Panas yang Wajib Kamu Coba!

Mei Nurul Hidayah | Kamis, 28 May 2020 07:00 WIB
7 Tips Jitu Merawat Rambut Saat Musim Panas yang Wajib Kamu Coba!
caption
Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sedang tidak bisa ditebak dengan mudah. Saat siang hari, terik matahari menjadi sangat panas sedangkan saat malam hari biasa hujan dengan curah yang cukup deras.

Cuaca tak menentu ini bisa membuat rambut menjadi mudah rusak, kering, kusam, dan kekurangan nutrisi. Apakah ini sangat mengganggu penampilanmu? Ya, tentu saja kita menginginkan rambut yang sehat dan indah bukan? Kali ini beautynesia punya tips jitu agar rambutmu tetap sehat saat musim panas!
 


Rutin Keramas 2 Hari Sekali


Saat terkena terik sinar matahari, kulit kepalamu akan mudah berminyak. Hal ini pun akan membuat rambutmu mudah berketombe dan memiliki aroma yang tidak sedap. Maka, apa yang harus kamu lakukan? Cukup rutin keramas pun akan menghindari penumpukan minyak yang ada pada rambutmu. Kamu bisa keramas selama dua hari sekali lho! Namun, buat kamu yang memiliki rambut kering, maka cukup keramas hanya saat rambutmu mulai berminyak.


Foto: Istimewa


 



Gunakan Conditioner Secukupnya


Tak hanya keramas dengan rutin, untuk merawat rambut saat musim panas pun kamu tetap harus menggunakan conditioner lho! Conditioner ini akan membantu rambutmu agar tetap terjaga kelembabannya. Maka, saat musim panas seperti ini, kamu tidak boleh melewatkan step memakai conditioner ini karena musim panas akan membuat rambutmu semakin berkeringat, mudah terkena polusi maupun debu.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan conditioner ini. Lebih baik kamu tidak berlebihan menggunakan conditioner pada akar rambutmu karena akan semakin membuatnya berminyak. jika rambutmu tipe mudah berminyak. Nah, jika rambutmu mudah rapuh, kamu bisa menggunakan conditioner ini pada ujung rambut saja, tanpa mengenai kulit kepala. Mudah bukan?


Foto: Istimewa


 


Memotong Ujung Rambut yang Mulai Bercabang


Salah satu masalah rambut yang terjadi saat musim panas adalah membuat rambutmu mudah bercabang. Untuk mengatasi hal ini, tips jitu merawat rambut saat musim panas yang bisa kamu lakukan dengan memotong ujung rambutmu yang mulai bercabang. Rambut bercabang ini terjadi akibat rambut yang kering akibat terik sinar matahari yang semakin panas.
Foto: Istimewa


 


Mengaplikasikan Minyak Kelapa pada Rambut


Perubahan rambut yang terjadi saat musim panas memang kadang membuat kita jengkel. Rambut yang sudah mulai rusak akibat musim panas ini pun akan membuatmu semakin tidak percaya diri bukan? Nah, tips jitu untuk merawat rambut saat musim panas yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut.

Tahukah kamu, minyak kelapa mempunyai manfaat yang baik untuk merawat rambut rusak akibat terik matahari. Manfaat dari minyak kelapa ini mampu melawan dampak radikal bebas dan dapat meningkatkan kelembapan kulit kepala. Cukup gunakan minyak kelapa ini sebelum keramas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. 
Foto: Istimewa


 


Hindari Penggunakaan Hairdryer Terlalu Sering


Saat rambutmu sedang menghadapi terik matahari yang panas, tentu masalah rambut yang kamu alami pun semakin menyebalkan. Nah, oleh sebab itu alangkah baiknya jika kamu menghindari penggunaan hairdryer terlalu sering untuk mengeringkan rambut. Jika setelah keramas kamu biasanya akan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut, maka saat musim panas seperti ini cukup biarkan rambutmu kering dengan sendirinya. Hal ini dilakukan agar rambutmu tidak mudah kering dan kusam akibat terlalu sering kena panas. 
Foto: Istimewa


 


Usahakan Tidak Mewarnai Rambut Terlebih Dahulu


Jika kamu tipe orang yang hobi mewarnai rambut, maka saat musim panas seperti ini kamu harus menghindari pewarnaan rambut ini terlebih dahulu. Mewarnai rambut saat musim panas justru dapat membuat rambutmu semakin mudah kering dan rusak. Jika kamu memang ingin mewarnai rambutmu, maka usahakan mewarnai rambut saat kamu sedang tidak banyak aktivitas di luar ruangan yang membuatmu semakin sering trekena terik matahari yang panas.


Foto: Istimewa


 


Minumlah Air Putih Secukupnya


Perawatan rambut saat musim panas tidak hanya dilakukan dengan perawatan dari luar, tetapi juga perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi air putih secukupnya. Selain baik untuk kesehatan tubuh, air putih juga baik untuk  memiliki rambut yang sehat. Saat musim panas seperti ini, tubuhmu pun akan kehilangan cairan tubuh lebih banyak. Hal ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan rambutmu pun akan tetap sehat meskipun saat cuaca panas. 
Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id