sign up SIGN UP

FASHION

Asah Kreativitas Diri! Ini Cara Mudah Membuat Outfit Tie Dye di Rumah

Astari Dewi Larasati | Kamis, 10 Sep 2020 15:30 WIB
Asah Kreativitas Diri! Ini Cara Mudah Membuat Outfit Tie Dye di Rumah
caption
Jakarta -

Dunia fashion tidak ada habisnya untuk diikuti, seperti outfit tie dye satu ini. Salah satu daya tarik model ini adalah mempunyai banyak warna sesuai keinginan dan mengasah kreativitas diri. Karena kebanyakan orang lebih memilih untuk membuatnya sendiri.

Tie dye memang menjadi trend besar akhir-akhir ini. Selagi mengisi waktu luang di rumah, ada kesempatan lho untuk membuatnya sendiri. Selain menghemat uang, hal ini juga mendekor ulang isi lemari baju. Yuk ikuti cara mudah membuat outfit tie dye di rumah seperti berikut ini.


Sediakan semua bahan yang dibutuhkan

Pertama yang harus disiapkan adalah segala bahan untuk membuat tie dye.
Sediakan semua bahan/pinterest.com/treeman

Pertama yang harus disiapkan adalah segala bahan untuk membuat tie dye. Seperti kaus, celana, jaket, kaos kaki atau sweater. Untuk kaos kaki sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum diwarnai. Lalu siapkan campuran warna tie dye yang diinginkan, ada tiga warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru. Gunakan air panas untuk melarutkannya. Sediakan karet atau tali untuk mengikat kain agar mudah diwarnai. Agar warna bertahan lama, bisa memakai larutan pengawet. Jangan lupa untuk selalu pakai sarung tangan selama mewarnai.

Tentukan metode atau pola pada outfit

Ada banyak pola untuk membuat outfit tie dye.
Tentukan metode atau pola/pinterest.com/jessicahein

Selanjutnya adalah menentukan pola yang akan diaplikasikan pada outfit. Cara paling umum adalah dengan pola spiral. Hasilnya akan berbentuk melingkar ditengah. Adapula yang membuatnya seperti pola garis dengan memisahkan warna berbeda. Lalu adapula pola yang termudah yaitu kerutan, karena hanya perlu meremas pakaian saja. Masih banyak lagi pola untuk membuat tie dye seperti teknik pleated hingga bleaching.

Siapkan tempat untuk membuat

Karena cat warna akan memercik kemana-mana, maka siapkan tempat luas.
Siapkan tempat/pinterest.com/theneonteaparty

Sebelum membuat sebaiknya cari tempat yang luas terlebih dahulu. Seperti di halaman rumah atau menutupi lantai dengan taplak meja yang sudah tidak terpakai. Sehingga area lain masih bersih dari cat warna, karena cat akan memercik kemana-mana. Gunakan sarung tangan sekali pakai untuk menghindari noda pada tangan dan lap ekstra untuk membersihkan kotoran.

Rendam pada soda ash

Jika ingin pewarna menyebar lebih jauh ke pakaian, maka rendam pada larutan soda ash.
Rendam pada soda ash/pinterest.com/brepea

Jika ingin pewarna menyebar lebih jauh ke pakaian, maka rendam pada larutan soda ash. Cukup siapkan semangkuk saja, lalu rendam selama 20 menit. Namun jika ingin memisahkan warna yang berbeda, bisa skip langkah ini dan lakukan langsung ke langkah selanjutnya. Kalau ingin warna yang sedikit pudar bisa gunakan lebih banyak air dibandingkan cat pewarna.

Biarkan meresap terlebih dahulu

Biarkan selama lima jam untuk warna meresap.
Biarkan meresap dulu/pinterest.com/alexispersialou

Setelah itu bungkus pakaian yang sudah diwarnai bungkus dalam plastik agar tetap lembap. Letakkan di tempat yang hangat agar pewarna meresap dan biarkan selama kurang lebih sekitar lima jam tergantung seberapa pudar atau cerah warna yang diinginkan. Setelah itu, segera keluarkan dari plastik, buka karet, dan bilas menggunakan air dingin. Cuci pakaian di mesin cuci dan keringkan dengan pengaturan paling dingin atau gantung hingga kering.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id