sign up SIGN UP

FASHION

Bahaya, Ini Dia 4 Model Sepatu yang Tidak Baik Bagi Kesehatan

Phanie Fauziah | Senin, 28 Jun 2021 10:15 WIB
Bahaya, Ini Dia 4 Model Sepatu yang Tidak Baik Bagi Kesehatan
caption
Jakarta -

Seiring berkembangnya fashion tanah air, saat ini banyak sekali model sepatu yang menyempurnakan penampilan kita. Saat memilih sepatu tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, mulai dari model, warna, ukuran, dan biasanya kenyamanan menjadi prioritas utama.

Tahukah bahwa bukan hanya kenyamanan yang harus menjadi prioritas utama dalam memilih sepatu. Memilih model sepatu yang menunjang kesehatan kaki kita juga harus menjadi faktor utama dalam memilih sepatu.

Model Sepatu yang Tidak Baik Bagi Kesehatan Kaki

Beberapa model sepatu ternyata memengaruhi kesehatan kaki kita, lho. Nah, berikut ini model sepatu yang kurang baik bagi kesehatan kaki.

High Heels

Pemakaian high heels yang terus menerus bisa mengikis dan memendekkan bagian kaki antara betis dengan tumit.
High Heels/Freepik

Sesekali dipakai mungkin tak masalah ya, Beautynesians. Tapi, tak sedikit yang mengharuskan kesehariannya menggunakan high heels, baik karena tuntutan pekerjaan atau memang sudah terbiasa menggunakan high heels dalam keseharian.

Pemakaian high heels yang terus menerus bisa mengikis dan memendekkan tendon Achilles atau bagian kaki antara betis dengan tumit. Nah, parahnya tendon Achilles yang pendek dan tipis bisa menimbulkan rasa sakit saat kita menggunakan flat shoes.

Tak hanya itu, hak yang tinggi pada sepatu juga bisa menimbulkan tekanan pada bantalan jari kaki, sehingga jika pemakaian digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa  menyebabkan bagian telapak kaki mengeras dan menebal atau calluses.

Memakai high heels dengan tinggi 7-10 sentimeter secara terus menerus bisa menyebabkan terjadinya pergeseran sendi pada kaki, pinggul, serta punggung.

Flexible Shoes

Jenis sepatu flexible tentunya bisa membahayakan kesehatan kaki karena tidak memiliki penopang kaki.
Flexible Shoes/Freepik

Ada yang sudah tau atau bahkan pemakai flexible shoes? Nah, sepatu yang dengan mudah bisa kita lengkungkan disebut flexible shoes. 

Bisa dibayangkan, elastisitas yang terdapat pada sepatu tersebut berarti tidak memiliki penopang pada kaki. Sudah bisa kita pastikan jenis sepatu ini tentunya bisa membahayakan kesehatan kaki kita jika digunakan secara terus menerus.

Stilettoes

Stilettoes yang terus-menerus bisa membuat jari kaki kita berkontraksi seperti hammertoe.
Stilettoes/Freepik

Sepatu ini merupakan jenis high heels dengan hak sepatu yang tinggi dan runcing. Pemakaian stilettoes yang terus-menerus bisa membuat jari kaki kita berkontraksi. Sehingga bisa membuat jari kaki saling bertumpuk satu sama lain akibat ujung sepatu yang sempit. Kondisi kaki seperti itu dinamakan hammertoe, dan untuk penyembuhannya membutuhkan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Hal tersebut juga dikarenakan posisi atau penempatan jari kaki yang menyempit pada bagian ujung sepatu, hal ini juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada jari kaki.

Ballet Flat

Sepatu satu ini tidak memberikan lengkungan pada kaki sehingga tidak baik bagi kesehatan jika digunakan terus-terusan.
Ballet Flat/Freepik

Model sepatu satu ini tidak memberikan lengkungan pada kaki. Sehingga bisa dipastikan model sepatu ini kurang baik bagi kesehatan kaki jika kita gunakan secara terus menerus.

Sandal Jepit

Penggunaan sandal jepit setiap hari menyebabkan plantas fasciitis atau penebalan fascia plantar.
Sandal Jepit/Freepik

Wah, rasanya kita tidak bisa menghindari menggunakan alas kaki satu ini. Siapa sangka jika menggunakan sandal jepit setiap hari ternyata berbahaya bagi kesehatan kaki, lho. Penggunaan sandal jepit setiap hari menyebabkan plantas fasciitis atau penebalan fascia plantar, yang merupakan jaringan di bawah telapak kaki. Hal ini dikarenakan sendal jepit tidak memberikan lengkungan apapun, sehingga jari kaki harus mencengkeram agar bisa berpijak.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id