sign up SIGN UP

FASHION

Baking Soda Bikin Rambut Cepat Lurus? Begini Caranya!

tyana | Rabu, 19 Aug 2020 18:30 WIB
Baking Soda Bikin Rambut Cepat Lurus? Begini Caranya!
caption

Rambut lurus dinilai lebih mudah saat proses styling. Model rambut ini juga banyak diidamkan oleh sebagian wanita di Indonesia karena dianggap lebih rapih. Oleh sebab itu, banyak wanita melakukan rebonding atau smoothing sebagai cara meluruskan rambut cepat. Memiliki hasil yang instan dan bertahan lama.

Cara meluruskan rambut ini berisiko merusak rambut apabila dilakukan terlalu sering. Ladies, ternyata baking soda bisa dimanfaatkan lho. Bahan satu ini dipercaya bisa membuat rambut lurus dengan harga lebih terjangkau! 

Manfaat Baking Soda

Manfaat baking soda untuk melurukan rambut
Baking Soda/pinterest.com/blesserhouse/

Natrium bikarbonat atau baking soda merupakan bahan yang pastinya sering kita dengar. Apalagi untuk kamu yang memiliki hobi memasak ataupun membuat kue.  Bahan satu ini memiliki manfaat untuk membuat makanan lebih mengembang. 


Selain bermanfaat untuk membuat kue lebih mengembang. Bahan kimia yang larut dalam air ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan wanita. Banyak orang menggunakan baking soda sebagai bahan campuran untuk membersihkan ketiak yang hitam. Zat aktif dalam baking soda dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di ketiak.

Tak hanya itu, baking soda juga bermanfaat untuk meluruskan rambut lho, Ladies. 

Amankah Baking Soda untuk Rambut?

Manfaat baking soda untuk meluruskan rambut
Baking Soda/pinterest.com/augustdanielle

Zat aktif dalam baking soda dapat membantu membersihkan rambut dari kotoran, minyak dan kulit mati. Rambut yang bersih dari minyak dan kotoran akan terlihat lebih lembut, mudah diatur dan berkilau. Penggunaan baking soda untuk campuran perawatan rambut juga dapat membuat rambut terlihat lebih lurus dan rapih.

Sayangnya, baking soda juga bisa berbahaya untuk kesehatan rambut. Baking soda merupakan bahan kimia yang masuk dalam golongan basa kuat dengan pH 9, lebih tinggi dari pH kulit kepala yaitu 5,5. Menggunakan baking soda secara langsung pastinya bukan hal yang baik untuk dilakukan. PH yang tinggi baking soda dapat membuat menjadi kering dan rusak.

Untuk itu, agar mendapatkan manfaat baking soda tanpa risiko rambut rusak. Kamu dapat mencampur berbagai bahan yang dapat menstabilkan pH dari baking soda. 

Cara Meluruskan Rambut dengan Baking Soda

Cara meluruskan rambut ceoat dengan baking soda
Rambut Lurus/pinterest.com/blondeforefun

Untuk mendapatkan rambut lurus dengan baking soda. Kita perlu memastikan rambut telah bersih di cuci dengan shampoo. Rambut yang bersih tanpa kotoran dapat membantu penyerapan manfaat perawatan rambut lebih baik. Keringkan rambut setengah kering dengan angin dingin. Setelah keramas jangan dulu menggunakan conditioner.

Siapkan bahan berikut:

  • 1/4 sdt baking soda ( jangan menggunakan baking soda terlalu banyak)
  • 50 ml conditioner
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm minyak alpukat
  • 50 ml air putih

Cara Penggunaan

  1. Campurkan baking soda dengan air putih dalam botol spray. Kocok hingga kedua campuran ini tercampur. Pastikan tidak ada baking soda yang tergumpal.
  2. Semprotkan campuran baking soda dan air pada rambut yang setengah kering. Semprotkan hingga rata seluruh rambut. Apabila kurang dapat membuat campuran kembali dengan komposisi yang sama. 
  3. Diamkan selama 15 menit. Jangan terlalu lama karena akan membuat rambut menjadi kering. 
  4. Setelah 15 menit, bersihkan rambut dengan air mengalir. 
  5. Campur madu, minyak alpukat dan conditioner dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk hingga semuanya tercampur.
  6. Setelah dicampur oleskan pada rambut yang telah dibersihkan. 
  7. Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan bersih.

Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan. Jangan melakukan terlalu sering karena dapat membuat rambut menjadi kering. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id