sign up SIGN UP

FASHION

Cara Membuat Minyak Kemiri di Rumah dan Manfaatnya untuk Rambut

Sylvia Yuliasar | Senin, 01 Feb 2021 16:00 WIB
Cara Membuat Minyak Kemiri di Rumah dan Manfaatnya untuk Rambut
caption

Minyak kemiri sudah dikenal masyarakat memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Kemiri merupakan buah dari pohon kemiri yang sangat cocok tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Kemiri harus diolah terlebih dahulu agar kamu dapat merasakan manfaatnya. Hal ini dikarenakan kemiri dapat berdampak buruk bagi kesehatan saat dikonsumsi mentah-mentah.

Minyak kemiri sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Cara olahnya yang mudah ini tidak akan membuatmu repot.

Bahan yang harus disiapkan pun hanya kemiri yang sudah lepas dari cangkangnya. Yuk, simak beberapa cara membuat minyak kemiri untuk rambut yang dapat kamu praktikkan langsung di rumah.

1. Dibakar

Kemiri atau candlenut
Kemiri / pinterest.com (Cook me Indonesian)

Biji kemiri dibakar sampai kehitaman. Setelah itu, di-blender atau digerus menggunakan cobek hingga minyaknya keluar. Pisahkan minyak dengan ampas kemiri menggunakan saringan kawat atau lap bersih agar bisa digunakan.

2. Disangrai

Kemiri juga bisa diolah dengan cara disangrai
Kemiri juga bisa disangrai / pinterest.com (drhealthbenefits)

Sangrai merupakan metode masak tanpa minyak yang dilakukan di atas wajan. Sangrai biji kemiri hingga kehitaman. Setelah itu, tumbuk atau blender sampai mengeluarkan minyak. Sama seperti cara dibakar, pada akhir langkah ini pisahkan minyak dengan ampas kemiri menggunakan saringan kawat atau lap bersih agar bisa digunakan.

3. Di-oven

Kemiri juga bisa diolah dengan cara dioven
Kemiri bisa juga di-oven / freepik.com (senivpetro)

Panaskan biji kemiri menggunakan oven sekitar 15 menit. Setelah itu, keluarkan dan biarkan dahulu pada suhu ruangan. Setelah agak dingin, tumbuk biji kemiri dan masukkan dalam toples kaca. Jemur di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar.

Kamu akan memerlukan waktu yang cukup lama sekitar maksimal 2 minggu tergantung jumlah kemiri yang kamu olah. Setelah itu, minyak kemiri dapat kamu simpan di kulkas.

4. Tanpa Pemanasan

Mengolah kemiri tanpa pemanasan bisa menghasilkan minyak yang lebih bening
Kemiri juga bisa diolah tanpa pemanasan / pinterest.com (Nyonya Cooking)

Kemiri yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum dihancurkan akan menghasilkan minyak yang berwarna kehitaman. Sedangkan, minyak kemiri tanpa dipanaskan akan menghasilkan hasil akhir yang lebih bening, namun jumlahnya lebih sedikit.

Biji kemiri yang sudah bersih bisa langsung diparut atau diblender. Campurkan sedikit air agar mudah diblender. Kemudian masak campuran kemiri dengan air tersebut hingga menghasilkan minyak kemiri.

Minyak kemiri berkhasiat mencegah rambut kering atau melembapkan rambut dengan kandungannya kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Minyak kemiri juga mengandung asam gamma-linoleic yang dapat berfungsi sebagai conditioner alami yang dapat membuat rambut berkilau.

Manfaat lain minyak kemiri yaitu dapat mengatasi rambut rontok yang mengarah pada kebotakan. Sebab, minyak kemiri dapat menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Selain itu, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai masker rambut yang memiliki efek menguatkan rambut.

Minyak kemiri dapat membuat rambut berkilau
Ilustrasi rambut berkilau / freepik.com (master1305)

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini tidak terlepas dari kandungan asam linoleic dan linolenic di dalamnya. Kandungan tersebut memang mampu melapisi, menutrisi, serta melembapkan rambut, bahkan memperbaiki rambut yang bercabang.

Wah banyak sekali ya manfaat minyak kemiri untuk rambutmu. Kali ini kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Kamu dapat mempraktikkan salah satu cara di atas atau bisa mencoba semua caranya secara bergantian.

Jadi, siapa nih yang sudah mulai mencoba memanfaatkan minyak kemiri untuk rambut? Berikan komentar di bawah ini yuk!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id