sign up SIGN UP

FASHION

Cara Mencuci Masker Kain Agar Bersih dan Terhindar Bakteri

Tria Oktyana | Rabu, 06 May 2020 07:00 WIB
Cara Mencuci Masker Kain Agar Bersih dan Terhindar Bakteri
caption
Untuk mencegah penyebaran virus corona kita diwajibkan untuk menggunakan masker kain. Kelebihan dari masker kain bukan hanya dapat menyalurkan masker bedah untuk para medis dan orang sakit yang lebih membutuhkan tetapi juga reusable dengan mencucinya. Untuk menghilangkan bakteri dan virus yang menempel, begini cara mencuci masker kain yang benar.

Cuci dengan Menggunakan Detergen




Foto: https://id.pinterest.com/nakedpoppy/

Menurt Rodney Rohde seorang peneliti di College of Health Professions di Texas State University menjelaskan untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel pada masker kain kita membutuhkan senyawa dan bahan kimia yang dapat mengurai protein pelindung virus corona ataupun bakteri. Detergen dengan kandungan pemutih lebih efektif dalam membunuh virus dan bakteri daripada detergen biasa. 


Gunakan Hair Hangat




Foto: https://id.pinterest.com/melissaskyye/
Virus corona atau SARS-CoV-2 memang belum dijelaskan dapat hilang karena panas. Tetapi hasil penelitian menyebutkan SARS-CoV-1 dapat dimati dengan suhu 140 derajat Fahrenheit atau 60 derajat celcius. 

Saat mencuci masker kain juga kita perlu memperhatikan panas air yang kita gunakan, jangan sampai membuat bahan kain rusak karena air terlalu panas. 

Cuci dengan Bersih




Foto: https://id.pinterest.com/family_handyman/

Mencuci masker dengan menggunakan mesin cuci memang lebih efektif. Tetapi apabila kamu tidak memiliki akses ke mesin cuci kamu dapat mencuci dengan tangan. Rendam masker sekitar 10 menit dengan menggunakan detergen. Hal ini tak hanya dapat memudahkan kita dalam membersihkan kotoran yang menempel tetapi juga mengoptimalkan penghancuran protein pelindung virus corona. Kemudian gosok masker dengan tangan sekitar 10-20 detik agar kotoran dan bakteri yang tersebunyi hilang. Bersihkan dengan air bersih hingga tidak tersisa busa detergen. 


Jangan Lupa Untuk Menyetrika Masker




Foto: https://id.pinterest.com/nannoga/

Setelah masker kain selesai dicuci, jangan lupa untuk menjemurnya sampai kering. Kemudian setrika masker agar rapih dan bakteri maupun virus yang menempel di masker mati. Dimitar Marinov, asisten professor di departemen kebersihan University of Varna menyarankan untuk menyentrikan masker kain dengan suhu sekitar 160 derajat Fahrenheit atau 71 derajat Celcius atau dengan memanaskannya di oven dengan suhu yang sama selama 20 menit. 



Cuci Masker Tiap Hari Setelah Digunakan




Foto: https://id.pinterest.com/SAIDONIA/

Idealnya untuk menghindari virus corona kita menggunakan masker medis, tetapi karena langkanya penggunaan masker medis lebih baik digunakan untuk para medis dan orang yang sakit yang lebih membutuhkan. 

Untuk memberikan perlindungan terhadap bakteri dan virus kita harus lebih sering mengganti dan mencuci masker kain. Agar bakteri dan virus yang menempel tidak cepat menyebar. Marinov menyarankan untuk mencuci masker kain 2 jam setelah penggunaanya. Emily de Golian, seorang dokter kulit bersertifikat di Dermatology Consultants di Georgia menyarakan untuk mengganti dan mencuci masker lebih cepat yaitu 30 menit setelah penggunaanya. 

Untuk mencegah penyebaran virus corona ini lebih baik diam di rumah, jaga kebersihan dan konsumsi makanan bergizi agar meningkatkan imunitas tubuh. Apabila memiliki kepentingan untuk keluar rumah, jangan lupa menggunakan masker dan cuci tangan. Stay safe and health, Ladies. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id