sign up SIGN UP

Deretan Film Tentang Kehidupan Desainer, Pencinta Fashion Wajib Nonton!

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 20 Nov 2021 18:00 WIB
Deretan Film Tentang Kehidupan Desainer, Pencinta Fashion Wajib Nonton!
caption

Fashion menjadi bagian dalam hidup yang seakan mempunyai dunianya sendiri. Tokoh-tokoh legendaris dibalik berkembangnya fashion memberikan aspirasi bagi mereka yang ingin memasuki bidang yang dipenuhi dengan sartorial, craftsmanship, dan kecantikan tersebut. Apakah kamu salah satunya, Beauties?

Dunia fashion tidak selalu dipenuhi dengan gemerlap kain yang disulap menjadi pakaian indah. Terdapat usaha keras tak ternilai dibalik setiap potongan pakaian yang dihasilkan dan terkadang, ditemukan drama di baliknya. Setidaknya itu yang ditangkap beberapa pembuat film dalam merangkum kisah para fashion designer ternama saat merintis dan mempertahankan rumah mode miliknya. Bagi kamu yang penasaran ingin mengintip kisah dibalik kesuksesan fashion designer dan ingin belajar lebih tentang bisnis fashion, berikut ini film fashion tentang perancang busana yang perlu kamu saksikan!


Valentino: The Last Emperor (2008)

Valentino: The Last Emperor/
Valentino: The Last Emperor/ Foto: pinterest.com/IMDb

Setelah didirikan oleh Valentino Garavani pada tahun 1960, sebuah film dokumenter tentang rumah mode asal Italia, Valentino, dirilis pada tahun 2008. Dokumenter berdurasi satu setengah jam tersebut menampilkan kehidupan desainer Valentino Garavani dalam membangun kerajaan fashion miliknya bersama Giancarlo Giammetti. Witty tapi tetap menginspirasi, penonton dibawa ke retrospeksi rumah mode Valentino dalam usahanya menangkap makna kecantikan dalam sebuah karya.

Coco Before Chanel (2009)

Coco Before Chanel/
Coco Before Chanel/ Foto: pinterest.com/Rotten Tomatoes

Desainer asal Perancis yang legendaris, Coco Chanel mempunyai segudang kisah menarik yang berhasil dirangkum dalam film Coco Before Chanel. Sebuah film drama menceritakan kisah seorang Coco Chanel mengarungi liku perjalanan membangun bisnis fashion Chanel, mulai dari pekerjaan penyanyi cafe, bertemu dengan kekasihnya, diperkenalkan ke dunia penuh kemewahan, pemikiran visionernya tentang fashion, hingga memetik kesuksesan dengan rumah mode Chanel.

House of Versace (2013)

House of Versace/
House of Versace/ Foto: pinterest.com/Best Buy

Donatella Versace yang unik dan eksentrik mempunyai segala karakter yang dibutuhkan sebagai seorang fashion designer. Kisahnya berhasil dirangkum dalam film House of Versace yang menceritakan kehidupan sang fashion designer dalam mempertahankan rumah mode Versace. Dengan bumbu drama, konflik serta pembunuhan yang digambarkan dalam film House of Versace, film ini memberikan ketegangannya tersendiri. 

Dior and I (2014)

Dior and I/
Dior and I/ Foto: pinterest.com/Best Buy

Dior and I merupakan sebuah film dokumenter mengisahkan perjuangan Raf Simons yang baru dipercaya sebagai direktur kreatif rumah mode Dior pada tahun 2012. Sebagai pemimpin rumah mode bersejarah panjang seperti Dior, ekspektasi terhadap Raf Simons begitu tinggi. Usaha membuat koleksi pertama hanya dalam waktu terbatas, seluk beluk dibalik pembuatan tiap gaun Dior tanpa menghilangkan nilai yang dipegang rumah mode legendaris asal Perancis tersebut memberikan gambaran betapa hectic-nya kehidupan seorang perancang busana dari label sebesar Dior.

Yves Saint Laurent (2014)

Yves Saint Laurent/
Yves Saint Laurent/ Foto: pinterest.com/Moviepilot

Yves Saint Laurent merupakan sebuah kisah drama yang menceritakan kembali perjalanan hidup desainer Perancis, Yves Saint Laurent, dimulai dari posisinya sebagai penerus Christian Dior sebagai lead designer hingga keputusannya mendirikan label miliknya sendiri. Diselipkan drama kehidupan personal, Yves Saint Laurent menjadi perancang busana dengan visinya sendiri.

McQueen (2018)

McQueen/
McQueen/ Foto: pinterest.com/loremuy

Bakat dari perancang busana asal Inggris, Alexander McQueen tidak perlu diragukan lagi. Bukan desainer biasa, McQueen selalu dikenal dengan desain busana yang berani, provokatif, sophisticated dengan craftsmanship tinggi. Melalui film dokumenter McQueen para penonton diajak untuk menelaah ide eksentrik, imajinatif, dan out-of-the box dari desainer Alexander McQueen dalam sebuah retrospeksi. 

Film House of Gucci yang akan segera tayang mungkin menjadi film fashion lainnya yang wajib kamu saksikan, Beauties. Selamat menonton!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id