sign up SIGN UP

FASHION

Enggak Susah, Begini Cara Rawat Rambut Kering Secara Alami

Kiki Herlina | Kamis, 20 Feb 2020 13:00 WIB
Enggak Susah, Begini Cara Rawat Rambut Kering Secara Alami
caption
Rambut kering itu sudah enggak enak dipegang, enggak enak dilihat juga, Ladies. Tapi tenang, kamu bisa kok mengatasinya. Mudah dengan cara alami ini.

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling menunjang penampilan. Jika rambut kondisinya kering, tidak sehat dan sulit diatur, tentu bisa menyebabkanmu tidak percaya diri. Tapi jangan khawatir, kamu bisa atasi dengan cara rawat rambut kering secara alami ini.


1. Tidak Keramas Setiap Hari


Foto: https://id.pinterest.com
Jika kamu tidak ingin mengalami rambut kering, maka sebaiknya jangan mencuci rambutmu setiap hari. Kalimat tersebut mungkin dianggap mitos oleh sebagian orang, namun faktanya keramas setiap hari cenderung berisiko membuat rambut lebih kering, Ladies.

Hal ini karena kepala memproduksi minyak alami yang membuat rambut menjadi lebih lembap. Jika keramas setiap hari, bukan tidak mungkin minyak alami tersebut akan hilang dan membuat kulit kepala serta rambut menjadi kering. Idealnya, keramas dilakukan 3x dalam seminggu saja. 

2. Hindari Cara Keramas yang Salah


Foto: https://id.pinterest.com

Memperhatikan cara mencuci rambut adalah bagian dari tips untuk mengatasi rambut kering. Seorang ahli rambut yang bekerja menata rambut para artis Holywood, Mark Townsend, mengatakan cara keramas yang benar adalah dengan meletakkan shampoo pada kulit kepala, bukan pada rambut.

Mengapa demikian? Karena shampoo yang menempel pada kulit kepala secara otomatis akan mencuci rambutmu begitu dibilas dengan air. Dengan begitu, proses pencucian rambut akan berjalan dengan sempurna tanpa merusak rambut. 


3. Tidak Menutup rambut Setelah Keramas


Foto: https://id.pinterest.com

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh wanita setiap habis keramas enggak, sih? Meski sepele, kebiasaan ini bisa bikin rambutmu menjadi kering dan sulit diatur. Apalagi jika menutupnya dengan handuk berbahan katun. 

Mulai sekarang, hindari segala penutup rambut yang terbuat dari katun. Bahan tersebut sangat tidak baik untuk rambut karena menyerap kelembapan kulit dan rambut. Cara rawat rambut kering secara alami ini harus kamu terapkan jika ingin memiliki rambut yang lebih sehat. 



4. Bersihkan Sisir Rambut Secara Rutin


Foto: https://id.pinterest.com
Kebersihan sisir juga bisa berpengaruh terhadap kondisi rambut, Beautynesian. Jangan biarkan sisir yang kotor berkontak langsung dengan kulit kepala karena bisa memicu pertumbuhan bakteri dan membuat rambut menjadi tidak sehat. Setidaknya, cuci sisir rambut minimal 1x dalam sebulan. Kamu bisa menggunakan shampoo dan air hangat, atau dicampur baking soda untuk membunuh kuman-kuman yang ada di sisir. 

5. Tidak Menggunakan Alat Pemanas Rambut


Foto: https://id.pinterest.com

Menghidar dari berbagai alat pemanas rambut seperti hair dryer dan catokan rambut termasuk salah satu cara rawat rambut kering secara alami. Walaupun alat-alat tersebut bisa membuat penampilan lebih oke, namun efeknya akan membuat rambut menjadi kering dan rusak. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id