sign up SIGN UP

FASHION

Gak Sempat ke Salon? Ini 5 Tips Anti Gagal Potong Rambut Sendiri di Rumah

Soffya Ranti | Senin, 01 Feb 2021 15:30 WIB
Gak Sempat ke Salon? Ini 5 Tips Anti Gagal Potong Rambut Sendiri di Rumah
caption
Jakarta -

Ladies, rambut yang sudah mulai memanjang dan gak rapi kadang bikin sebel dan pengen banget buat segera rapikan bahkan memotongnya. Tapi, kamu justru malah ga sempat karena kesibukan bejibun yang membuat mu ga sempat sekadar ke Salon.

Apalagi, masa pandemi seperti ini juga membuat sedikit khawatir untuk sering pergi ke luar rumah. Solusinya, kamu bisa mencoba dengan memotong rambut sendiri di rumah. Tenang aja Ladies, kamu bisa potong rambut sendiri di rumah dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Basahi Rambut Terlebih Dahulu

tips anti gagal potong rambut di rumah/freepik.com
Basahi rambutmu/freepik.com

Sama seperti potong rambut di salon, basahi rambutmu terlebih dahulu untuk memudahkan dalam memotong rambut. Rambut yang basah juga bermanfaat agar potongan lebih rapi dan simetris. Teruntuk kamu yang memiliki jenis rambut keriting, teknik dengan membasahi rambut ini dirasa kurang efektif karena rambut yang masih basah tersebut akan terlihat lebih panjang dan menyulitkan untuk memotong rambut.

Ikat Rambut Menjadi Dua Bagian

tips anti gagal potong rambut di rumah ikat rambut menjadi dua bagian/freepik.com
ikat rambut menjadi dua bagian/freepik.com

Bagilah rambutmu menjadi dua bagian dan ikat dengan karet. Kamu juga bisa menggunakan penjepit yang besar. Jangan lupa membelah rambut menjadi dua bagian tepat di bagian tengah. Sebelumnya sisirlah secara rapi dan benar-benar pastikan rambutmu terbagi dengan baik agar saat memotongnya tidak ada yang ketinggalan.

Tandai Rambut yang Akan Dipotong

tips anti gagal potong rambur di rumah/zalora.co.id
tandai yang akan dipotong/zalora.co.id

Kamu bisa menandai rambutmu dengan mengikatnya dengan ikat rambut warna-warni. Setelah mengikatnya sesuai batasan potongan rambut yang kamu inginkan, Kamu bisa memulai dengan memotongnya secara perlahan. Fungsi ikat rambut warna warni agar memudahkan untuk memotong rambutmu.

Gunakan Gunting Khusus Rambut yang Tajam

tips anti gagal potong rambut di rumah dengan gunting khusus yang tajam/freepik.com
gunakan gunting khusus yang tajam/freepik.com

Setelah menata rambutmu dengan baik, mulailah memotong rambutmu perlahan gunakan gunting khusus rambut yang tajam. Pastikan posisi gunting simetris agar hasil guntingan lebih rapi. Hindari untuk menggunakan gunting yang tidak tajam atau gunting kertas agar tidak menghasilkan guntingan yang tidak rata.

Rapikan Rambut dari Belakang ke Depan

tips anti gagal potong rambut di rumah rapikan rambut dari depan ke belakang/freepik.com
rapikan rambut dari depan ke belakang/freepik.com

Agar memastikan potonganmu lebih rapi, kamu bisa memastikannya dengan merapikan rambutmu dari belakang ke arah depan. Jika dirasa terdapat beberapa potongan yang kurang rapi, kamu bisa rapikan dan memotong kembali potongan rambut tersebut.

Itulah beberapa tips memotong rambut di rumah sendiri. Agar lebih aman, kamu juga bisa melihat berbagai tutorial memotong rambut sendiri di berbagai channel kecantikan di youtube.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id