sign up SIGN UP

Gelang Marie Antoinette Terjual Rp 114 Miliar, Ini Fakta dan Sejarah di Baliknya

Dimitrie Hardjo | Minggu, 14 Nov 2021 12:00 WIB
Gelang Marie Antoinette Terjual Rp 114 Miliar, Ini Fakta dan Sejarah di Baliknya
caption

Sepasang gelang berlian milik ratu Prancis terakhir, Marie Antoinette, laku lebih dari 8 juta dollar atau sekitar Rp 114 Miliar pada pelelangan di Swiss pada Selasa (9/11) lalu. Gelang 3 layer yang terdiri dari 112 berlian tersebut menyita perhatian para kolektor hingga mereka rela membanderol dengan harga selangit. Seorang penelepon secara anonim berhasil memenangkan lelang gelang mewah bekas Marie Antoinette tersebut. Namun, apa sebenarnya yang membuat gelang ini spesial? Simak faktanya berikut ini.

Gelang Marie Antoinette/
Gelang Marie Antoinette/ Foto: cnbcindonesia.com/REUTERS/DENIS BALIBOUSE

Fakta Gelang Berlian Marie Antoinette

1. Dibeli dengan Menjual Perhiasan Lain dan Meminjam Uang Suami

Lukisan Marie Antoinette yang mengenakan sepasang gelang berlian/
Lukisan Marie Antoinette yang mengenakan sepasang gelang berlian/ Foto: pinterest.com/Christie's

Daya tarik sepasang gelang berlian nan mewah ini bukan semata menarik kolektor, tapi sang ratu Prancis itu sendiri. Menurut spesialis perhiasan Vincent Meylan seperti yang dikutip dari Christie's, Marie Antoinette membelinya dari Boehmer seharga 250.000 livre––mata uang Prancis saat itu––atau sekitar Rp 65 miliar saat ini. Untuk membelinya, Marie Antoinette menjual beberapa perhiasan miliknya dan meminjam 29.000 livre dari suaminya, Raja Louis XVI, seperti yang tercatat dalam buku akuntansi raja tahun 1777.

 

2. Diselundupkan ke Austria Secara Diam-Diam

Gelang berlian 3 layer milik Marie Antoinette/
Gelang Marie Antoinette yang diselundupkan sebelum kematiannya/ Foto: cnbcindonesia.com/REUTERS/DENIS BALIBOUSE

Sudah tidak asing dalam sejarah Prancis bahwa Marie Antoinette dikenal sebagai ratu yang boros dan hidup dalam kemewahan. Ia dibawa ke pengadilan dan dipenjara di Tuileries Palace, Perancis, tahun 1791 atas berbagai tuduhan. Dari penjara itu pula perempuan yang lahir di Austria tersebut membungkus perhiasan terbaiknya dengan kain dan memasukkannya dalam peti kayu secara diam-diam. Ia menitipkannya pada seorang kerabat di Austria, Mercy-Argenteau. Pria yang menjabat sebagai diplomat Austria itu tidak pernah membukanya dengan harapan ia dapat mengembalikan perhiasan tersebut pada pemiliknya. Namun, Marie Antoinette dijatuhi hukuman mati dan meninggal pada tahun 1793.

 

3. Diterima oleh Marie Thérèse, Putri Sulung Marie Antoinette

Marie Therese tampak mengenakan gelang berlian peninggalan ibunya/
Marie Thérèse tampak mengenakan gelang berlian peninggalan ibunya/ Foto: pinterest.com/en.wikipedia.org

Empat bulan setelah kematian Marie Antoinette, peti kayu tersebut dibuka dan didokumentasikan berbagai isinya oleh Arsip Nasional Austria, termasuk sepasang gelang berlian. Properti itu pun disimpan untuk diberikan pada anak sulung Marie Antoinette dan Raja Louis XVI, Marie Thérèse, Madame Royale. Ia menerima segala barang berharga milik ibunya itu pada tahun 1796. Ratusan tahun setelahnya, tepat pada tanggal 9 November 2021, sepasang gelang berlian ini pun dilelang.

4. Berlian dengan Cutting Antik

Gelang berlian Marie Antoinette/
Gelang berlian Marie Antoinette/ Foto: cnbcindonesia.com/REUTERS/DENIS BALIBOUSE

Walaupun telah berusia ratusan tahun, gelang ini masih bagus dan lengkap. Sepasang gelang berlian yang dinilai 140 hingga 150 karat tersebut relatif ringan dan mengalir layaknya kain ketika dikenakan. Desain elegan dan simetris menjadi ciri khas Charles Auguste Boehmer yang saat itu merupakan personal jeweller Marie Antoinette. Bukan cuma dari segi desain, potongan berlian tersebut juga dinilai tidak sempurna, tapi antik, berbeda dengan cutting era modern seperti sekarang ini.

Itulah fakta dari gelang berlian milik Marie Antoinette seperti yang dilansir dari rumah lelang Christie’s. Bagaimana menurutmu, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id